Skip to Content

Dasar-dasar Teater (3/6): Dasar Seni Penyutradaraan dalam Teater

Pada mulanya pementasan teater tidak mengenal sutradara. Pementasan teater muncul dari sekumpulan pemain yang memiliki gagasan untuk mementaskan sebuah cerita. Kemudian mereka berlatih dan memainkkannya di hadapan penonton. Sejalan dengan kebutuhan akan pementasan teater yang semakin meningkat, maka para aktor memerlukan peremajaan pemain.

SASTRA INOVASI DAN OTENTISITAS

Masalah-masalah hidup yang ditulis para sastrawan sungguh berbeda dengan para wartawan. Media sastra yang dimiliki sastrawan, mampu mengabadikan kisah-kisah kehiduan, tetap aktual sepanjang zaman. Bila media elektronik dapat menyampaikan berita yang sedang terjadi secara langsung, media cetak hanya akan dapat menyajikan setelah berlangsung atau akan berlangsung.

HAIKU

Haiku adalah salah satu bentuk puisi tradsional Jepang yang paling penting. Ia merupakan sajak terikat yang memiliki 17 sukukata terbagi dalam tiga baris dengan tiap baris terdiri dari 5, 7, dan 5 sukukata. Sejak awalnya, sering muncul kebingungan antara istilah Haiku, Hokku dan Haikai (Haikai no Renga).

ombiDASAR-DASAR BERMAIN DRAMArahadianDasar-dasar Teater ...
ombiSASTRA INOVASI DAN ...ombiHAIKU

Artikel

Menuju Sastra Transendental

 

Pengantar

 

HAIKU

Haiku adalah salah satu bentuk puisi tradsional Jepang yang paling penting. Ia merupakan sajak terikat yang memiliki 17 sukukata terbagi dalam tiga baris dengan tiap baris terdiri dari 5, 7, dan 5 sukukata. Sejak awalnya, sering muncul kebingungan antara istilah Haiku, Hokku dan Haikai (Haikai no Renga).

SASTRA INOVASI DAN OTENTISITAS

Masalah-masalah hidup yang ditulis para sastrawan sungguh berbeda dengan para wartawan. Media sastra yang dimiliki sastrawan, mampu mengabadikan kisah-kisah kehiduan, tetap aktual sepanjang zaman. Bila media elektronik dapat menyampaikan berita yang sedang terjadi secara langsung, media cetak hanya akan dapat menyajikan setelah berlangsung atau akan berlangsung.

Dasar-dasar Teater (3/6): Dasar Seni Penyutradaraan dalam Teater

Pada mulanya pementasan teater tidak mengenal sutradara. Pementasan teater muncul dari sekumpulan pemain yang memiliki gagasan untuk mementaskan sebuah cerita. Kemudian mereka berlatih dan memainkkannya di hadapan penonton. Sejalan dengan kebutuhan akan pementasan teater yang semakin meningkat, maka para aktor memerlukan peremajaan pemain.

Sastra cyber

Sastra cyber merupakan suatu revolusi. Sebagaimana internet menjadi revolusi media kedua setelah penemuan mesin cetak Guttenberg dan ketiga setelah kehadiran televisi. Sebelum munculnya sastra cyber, dunia sastra Indonesia sendiri telah memiliki beberapa kekhasan yang terkait dengan keberadaan teknologi media.

JALAN YANG BENAR

 

Majalah Kandaga #Nov 2017 

oleh Encep Abdullah

 

 

PECAH

 

Pikiran Rakyat, 15 April 2018

 Oleh Encep Abdullah

 

 

sekelumit kecil tentang Rendra

Mengenal teater modern. Saya kira sangat tepat jika WS Rendra dikatakan sebagai pelopor teater modern Indonesia. Sudah barang tentu jika ditanya siapakah WS Rendra itu, maka masyarakat akan menjawab bahwa ia adalah seorang penyair. Selain penyair ia juga adalah seorang seniman teater fenomenal yang selalu membuat kejutan eksperimen - eksperimen teater yang ia buat selama ia hidup. 

KAMAR MANDI

Oleh Encep Abdullah

 

 Dimuat di Pikiran Rakyat, 24 September 2017

 

“Permisi Pak, boleh saya izin ke kamar mandi?” ujar siswa dengan sopan.

“Memang kamu mau mandi, ya?” saya bertanya balik.

“Bapak suka bercanda. Tidak, atuh, Pak. Saya mau buang air kecil.”

“Oh!”

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler