Skip to Content

AKU MENULIS

Foto Hakimi Sarlan Rasyid

(1)

Seorang teman untuk ke sekian kalinya meminta agar aku menulis tentang diriku dan tulisan-tulisanku. Aku mengecilkan arti sarannya karena tidak tahu apakah jika sudah jadi ada manfaatnya atau tidak. Kali ini anjurannya aku pandang dengan kedua belah mata, aku terima dengan pikiran dan perasaan. dan aku putuskan untuk memulai menulis meski aku tidak tahu harus dari mana memulainya.


 2

Ketika aku masih kecil -mungkin usiaku baru berumur sekitar 6 tahun- aku ingat, sangat ingat, adik misan ibuku yang bernama Bi Engkar Kartini. memberi pujian atas dua kalimat pendek yang aku ucapkan. Aku masih ingat kalimat itu. "ulah sok ngala teki bisi pamali ka ki". Kalimat pujian itu masih terngiang-ngiang di telingaku meski sudah lewat puluhan tahun.

Aku ingat, ketika itu aku dan sahabat kecilku yang bernama Muhidin - putra Bapak Usman (Mang Umang) - sedang main tanah membuat mobil-mobilan. Kalimat pendek itu meluncur begitu saja dari mulutku tanpa aku tahu apa artinya.

Sekarang, kalau aku susun seperti ini :

ulah sok ngala teki
bisi pamali ka aki

maka -tanpa kusadari- aku telah membuat sajak (persamaan bunyi) "i". Kalau, ya, hanya kalau. 2 baris pendek itu bisa dianggap sebagai puisi maka itulah puisiku yang pertama. Puisi tidak sengaja.


 3

Bi Engkar menyebut aku pintar. Dan pintarku itu karena aku anak Mang Mandor Sarlan, Pujian itu sangat berbekas dalam diriku. Sampai hari ini.

Aku harus cerita yang lain dulu. Bapakku bernama Sarlan Rasyid. Beliau adalah mandor jalan. Yang aku tahu -ketika sudah di Bangka- pekerjaannya adalah memeriksa keadaan jalan. Beliau bersepeda menempuh jarak jauh untuk memeriksa. Setelah dilaporkan kepada atasannya maka beliau bersama para kuli harian bersama-sama naik truk berisi muatan pasir batu ke lokasi jalan yang rusak dan memperbaikinya. Lubang-lubang ditimbun pasir batu, selokan dibersihkan dari rumput-rumput.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler