Skip to Content

Cinta Dan Musik Rock

Foto Samsudhuha Wildansyah
files/user/4488/logo_gnr.jpg
logo_gnr.jpg

Musik  adalah  sebagian  kecil  cara  untuk  menunjukkan  cinta.  Tak  lekang  oleh  waktu  dan  terus  membudaya  dari  waktu  ke  waktu.


Cinta  adalah  salah  satu  unsur  budaya  yang  berkembang  di  dunia.  Dari  zaman  Romawi kuno  hingga  sekarang  cinta  tetap  membudaya  dikalangan  manusia.  Begitu  juga  music  rock  yang  tak  kunjung  hilang  walaupun  zaman  memakannya.

Musik  rock  sendiri  pertama  kali  muncul  di  Amerika  Serikat  sekitar  akhir  tahun  1940-an.  Music  rock  ini  berasal  dari  komposisi  music  blues  dan  music  country  dari  tahun  40  dan  50-an.  Memasuki  tahun  70  musik  rock  berkembang  menjadi  berbagai  subgenre,  seperti:  Glam  rock,  Hard  rock,  Clasic  rock,  Heavy  metal,  dan  Progresive  rock.  Ditahun  80-an  muncullah  music  bergenre  Alternative  rock,  Hard  core  metal.

 

Di  dunia  music  rock  terus  berkembang  bahkan  sudah  membudaya  dari  masa  ke  masa  band  beraliran  rock  tak  kunjung  punah  dari  awal  terbentuknya  genre  music  rock,  seperti  dari  tahun  40-an  ada  salah  satu  band  rock  asal  Indonesia  bernama  The  Tielman  Brothers.

-       Di  tahun  50-an  ada  The  Ventures,  dan  The  Beatlhes.

-       Di  tahun  60-an  ada  Pink  Floyd,  Led  Zepplin,  Rolling  Stones,  Scorpion,  dan  Deep  Purple.

-       Di  tahun  70-an  ada  The  Ramones,  Queen,  dan  Rush.

-       Di  tahun  80-an  ada  Dream  Theater,  Guns  N  Roses,  Aerosmith,  Mr.Big,  dan  Bon  Jovi.

-       Di  tahun  90-an  ada  Avenged  Seven  Fold,  dan  Larenciel.

-       Dan  terakhir  di  tahun  2000-an  ada  Likin  Park,  Muse,  My  Chemical  Romance,  Greenday,  dan  Coldplay.

Indonesia  juga  memiliki  musisi  bergenre  music  rock  pada  tahun  70-an  seperti:  Giant  Step,  God  Bless,  Gang  Pegangsaan,  GYPSY,  dan  The  Rollies.  Ini  membuktikan  bahwa  dari  tahun  ke  tahun  music  bergenre  rock  terus  membudaya  di  dunia.

Musik  rock  sendiri  identik  dengan  irama  yang  keras,  raungan  gitar  elektrik,  bass  yang  menebar  seirama  dengan  gebukan  drum  dan  juga  lengkingan  suara  dari  vokalis  yang  membuat  ciri  khas  music  rock  itu  sendiri.  Lalu  apa  kaitanya  music  rock  dengan  cinta?.

Pada  kenyataannya  banyak  sekali  band  rock  yang  membuat  lagu  dengan  menginspirasikan  cinta  di  setiap  liriknya.  Mulai  dari  band  rock  tahun  50-an  sampai  sekarang.  Itulah  salah  satu  faktor  yang  membuat  music  rock  masih  ada  sampai  saat  ini.  mungkin  menurut  para  personil,  mereka  membuat  lagu  dengan  menginspirasikan  cinta,  di  dasarkan  atas  hati,  kekecewaan,  pengalaman  pribadi,  mewakili  perasaan  orang  lain,  dan  untuk  menunjukan  perasaan  cinta  lewat  lagu  yang  mereka  buat.  Tidak  hanya  dengan  lengkingan  suara  vokalis  dan  raungan  gitar  saja.  Piano,  dan  acoustic  gitar  juga  sering  hadir  didalam  genre  music  rock  tersebut.

 

Seperti  pada  lagu  Bon  Jovi  yang  berjudul  Thank  You  For  Loving  Me.  Lagu  dengan  sentuhan  piano  dan  kelembutan  suara  sang  vokalis  tetap  tak  mengurangi  ciri  khas  music  rock  pada  band  ini.  Lagu  ini  bercerita  tentang  sepasang  kekasih  yang  saling  mencintai  hingga  satu  dari  kekasih  ini  pergi  dan  menghilang.  Lain  lagi  dengan  lagu  dari  Fire House  yang  berjudul  When  I  Look  Into  Your  Eyes.  Lagu  ini  menceritakan  tentang  seseorang  yang  jatuh  cinta  kepada  orang  lain  disaat  ia  melihat  matanya.  Lagu-lagu  rock  ini  tidak  semuanya  membahas  tentang  cinta  kepada  lawan  jenis  saja  tetapi  ada  juga  lagu  yang  menceritakan  tentang  cinta  perdamaian  antara  setiap  manusia.  Seperti  pada  lagu  milik  Jhon  Lennon  yang  berjudul  Imagine  ini  sangat  kental  membahas  tentang  perdamaian  dan  cinta  antar  sesama  manusia.

 

Musik  bergenre  rock  ini  tidak  sepenuhnya  berirama  keras  dan  kasar.  Ada  juga  yang  berirama  lembut  dan  tetap  tidak  menghilangkan  ciri  khas  dari  music  rock  itu  sendiri.  Sama  halnya  seperti  music  bergenre  pop,  jazz,  punk,  Reagge,  dan  lain-lain  yang  banyak  menginspirasikan  tentang  cinta  di  dalam  lagu-lagu  mereka,  music  rockpun  juga  sama  mengispirasikan  tentang  cinta  bahkan  jauh  lebih  dalam  dan  menyentuh,  bisa  dibuktikan  dengan  banyaknya  lagu-lagu  rock  bertemakan  tentang  cinta  dengan  lirik  yang  meluluhkan  hati  para  pendengarnya.  Inilah  keunggulan  music  rock  tentang  cinta  yang  tidak  akan  pernah  hilang  ditelan  zaman.  Jadi  apakah  kalian  masih  ragu  untuk  mendengarkan  music-music  bergenre  rock?.

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler