Skip to Content

GEMA KAMPUS

Foto syamsulrizal

GEMA CAMPUS

Program

GEMA KAMPUS
( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni )
Oleh : SYAMSUL RIZAL, AmP . SH
Alias
TOK LAUT

Dalam rangka menjabarkan amanat Undang-undang Nomor 17 thn 2009 tentang rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional TAHUN 2005 – 2025, yang mengamanatkan bahwa pembangunan bidang sosial budaya dan keagamaan diarahkan pada pencapaian sarana pokok yaitu.
• Terwujudnya masyarakat indonesia yang berahlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradap ( karakter bangsa yang tangguh, komfetitif, berahlak mulia dan bermoral, toleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis dan berorientasi IPTEK.
• Makin mantapnya budaya bangsa yang tercermin dalam meningkatkan perdaban, harkat dan martabat manusia indonesia dan menguatnya jati diri dan kepribadian bangsa.

Sejalan dengan itu “ GEMA KAMPUS ’’ ( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ) akan maju dan berkembang menjadi gerakan di era global dan menjadi penyeimbang gerakan global dunia internasional. Atas dasar pemikiran bahwa asset budaya merupakan kekayaan asli , tradisi dan jati diri perlu dilestarikan, dipelihara dan diperkenalkan kepada generasi penerus, serta didokumentasikan secara cermat, sehingga asset budaya bangsa Indonesia tidak hilang atau diakui oleh bangsa lain.
Disamping itu, gerakan masyarakat kampung santri seni ( GEMA KAMPUS ) yang menjadikan nilai budaya sebagai bagian upaya pendukung pembangunan kwalitas sumber daya manusia.Guna mendukung upaya dan semangat kebangkitan bangsa indonesia yang di sejak 100 tahun kebangkitan nasional maka Gema Kampus ( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ) menjadi salah satu solusi dan cara yang tepat dalam kerangka mendorong percepatan bangsa indonesia sebagi bangsa yang kuat, mandiri, demokratis, produktif dan berdaya saing di era globalisasi.
Atas dasar pemikiran latar belakang tersebut, maka perlu dideklrasikan Curiculum Gema Kampus dan di masukan dalam APBD/APBD Tk. I/APBN pada pemerintah Kota Tanjung Balai untuk mengindentifikasi dan menginventarisasi segenap potensi yang terkait serta menentukan arah sasaran “ GEMA KAMPUS ” ( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ) dalam sepuluh tahun kedepan.

Penyusunan Ciriculum Gema Kampus.
• Menjelaskan arah dan tujuan pengembangan budaya sesuai amanat UU no 17 thn 2007 tentang pembangunan pengembangan sosial budaya di Indonesia.
• Mengangkat potensi dan mamfaat pengembangan budaya dalam menetapkan sasaran, prioritas dan rekomendasi bagi pengembangan, Gema Kampus di Indonesia

Tujuanya adalah
• Semakin dipahaminya potensi Gerakan Masyarakat
Kampung Santri Seni ( Gema Kampus ).
• Semakin dipahaminya mamfaat Gema Kampus dalam membangun ketahanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tanjung Balai.
• Semakin dipahaminya peran strategi Gerakan Masyarakat KampungSantri Seni ( GEMA KAMPUS ) dalam mendukungpercepatan kebangkitan budaya dan bangsa di
Seluruh Kab/Kota di Tanah Air

Sasaran diselenggarakan Deklarasi Gema Kampus dan penyusunan Curiculum Gema Kampus ini.
• Semakin dipahaminya peran strategi pengembangan budaya dalam Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ( GEMA KAMPUS) dalam mendukung pembangunan masyarakat , Bangsa dan Negara
• Semakin meningkatnya kepedulian dukungan dan partisipasi pemerintah dalam pembangunan / pelestarian akar budaya asli masyarakat indonesia.
• Semakin berkembanganya berbagai jenis dan keragaman budaya di Indonesia, termasuk terdokumentasikan Gema Kampus
( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ) sebagai asset, kekuatan dan jati diri bangsa Indonesia.

Melalui “ Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni ” ( GEMA KAMPUS ) sebagai gaya hidup masyarakat , jati diri dan keunggulan daya saing bangsa, kita dukung percepatan kebangkitan bangsa Indonesia.

SIMULTAN PENYUSUNAN
CURICULUM GEMA KAMPUS

1. Pengembangan dari aspek sosial seni budaya dan pendidikan.
2. Pengembangan dari aspek ekonomi.
3. Pengembangan dari aspek lingkungan.
4. Pengembangan dari aspek generasi muda.

PENYUSUNAN CURICULUM GEMA KAMPUS

• Program Tahunan ( Prota )
• Program Semester ( Promes )
• Program Harian ( Rencana pokok pembelajaran )
• Standart Kompetensi
kompentensi dasar indikator
Tujuan pembelajaran.
Langkah kerja - kegiatan awal
- kegitan inti
- kegiatan akhir
- evaluasi
- penilaian


RENCANA KERJA GEMA KAMPUS
( Gerakan Masyarakat Kampung Santri Seni )

LINGKARAN GEMA KAMPUS

• Seni islami ( marhaban, marzanzi, gosidah, nasiyd, sastra islami, kaligrafi ( arab melayu, seni al-guran).
• Sinandong, gobang dll.
• Aplikasi “ jamu laut ” menjadi muharram ( pengeseran budaya kearah islami ).
• Kabolarasi seni islami dan tradisional mewujudkan seni kontroporer yang moderen yang tetap mengarah ke akar budaya tradisional.
• Tari lukah gila, dan sejenis budaya melayu ( pelestarian ),.
• Permainan tradisional melayu ( pelestarian ).
• Penyusunan dialeg Tanjung Balai.
• Penyusunan adat seni melayu ( penyusunan bunga rampai semacam primbon melayu, kuliner melayu dan penyusunan tata kerja adat melayu dari lahir serta sampai perkawinan serta penyusunan buku legenda tanah rakyat melayu )
• Penginvenstasi alat music tradisional ( bangsi, dll )
• Penginventasi senjata ala melayu.
• Penginventasi peralatan adapt budaya melayu.
• Peng seluruh asset budaya daerah ( pertahanan penguatan jati diri budaya melayu )

Budaya adalah budi dan daya oleh sebab itu saya berkeyakinan pembentukan Carakter, moral , dan jati diri bangsa ini harus dirangkum dalam ( Nilai Keagamaan dan Budaya ).

 

 

 

 

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler