Skip to Content

Keunikan Pasar Tradisional

Foto Samsudhuha Wildansyah
files/user/4488/pasar-euy1.jpg
pasar-euy1.jpg

Tak  hanya  pasar  modern,  pasar  tradisional  memiliki  banyak  keunikan  mulai  dari  Susana, pedagang  maupun  pembeli  dan  keunikan  lain  yang  tak  ada  di pasar   modern.

 

            Hari  minggu  tepat  pukul  08.00  pagi,  ku  awali  hari  libur  ini  dengan  bersepeda  menuju  pasar  tradisional  yang  berada di  Kota  Bekasi.  Pasar  tradisional  itu  terletak  di  jalan  raya  Seroja  Kelurahan  Harapan  Jaya  Kota  Bekasi.  Perjalanan  dari  rumahku  dengan  menggunakan  sepeda  memakan  waktu  kurang  lebih  5  menit  untuk  sampai  di  pasar.  Saatku  mulai  memasuki  perempatan  pasar  sudah  terlihat  sepanjang  jalan  masuk  menuju  pasar  para  pedagang  kaki  lima yang  sengaja  membuka  lapaknya  di  sepanjang  trotoar  jalan.  Ada  yang  sengaja  membuka  lapaknya  hanya  dengan  beralaskan  tiker  mulai  dari  penjual  dompet,  ikan  hias,  vas  bunga,  mainan anak-anak,  jam  tangan,  aksesoris handphone,  bahkan  sampai  penjual  makanan  dan  minuman  seperti  ketoprak,  nasi  uduk,  aneka  kue,  gorengan,  lontong  sayur,  es  kelapa,  dan  lain-lain.

 

Banyak  pula  kendaraan   pribadi  milik  pengunjung  yang  sengaja  sembarang  parkir  di  bahu  jalan  dan  mengakibatkan  akses  jalan  menuju  pasar  macet.  Terdapat  pula  ruko-ruko  yang  menghiasi  pintu  masuk  pasar.  Terdapat  pula  tempat  parkir  kendaraan  tepat  di  depan  pasar  dengan  tarif  parkir  seharaga  Rp  1000  untuk  sepeda,  Rp  2000  untuk  motor,  dan  ada  pula  parkir  untuk  mobil  yang  bertarif  Rp  5000.  Rata-rata  para  pengunjung  menggunakan  kenndaraan  bermotor.  Setelah  memarkirkan  sepeda  barulah  aku  berjalan  menyusuri  pasar  tradisional  yang  terkenal  di  Kota  Bekasi  ini.  Memasuki  pasar  mulai  terciumlah  bau  amis  menyengat  yang  mungkin  berasal  dari  daging-daging  yang  dijual  para  pedagang  di  pasar  ini.  Udara  yang  juga  sesak  penuh  dengan  pengunjung,  dan  juga  jalanan  yang  tidak  bagus.  Banyak  sampah  di  sepanjang  jalan,  dan  juga  banyaknya  genangan  air.  Tetapi  semua  itu  tidak  menyurutkan  semangat  para  pengunjung  untuk  membeli  apa  saja  yang  mereka cari  di  pasar  ini.

 

Saatku  mulai  berjalan  menyusuri  pasar  tiba-tiba  langkah  kakiku  terhenti  dan  mataku  tertuju  pada  beberapa  anak  kecil  yang  menawarkan  barang  dan  jasanya.  Mulai  dari  salah  satu  anak  kecil  yang  aku  perkirakan  baru  berumur  10  tahun,  Ia  berjualan  tisu,  menawarkan  kepada  semua  pengunjung  kesana  kemari.  Dengan  berpakaian  sederhana  baju  lusuh  dan  celana  pendek  berwarna  merah  dan  memakai  sandal  jepit.  Seharusnya  di  umur  yang  masih  belia  itu  ia  tidak  harus  merasakan  bagaimana  susahnya  mencari  uang  harusnya  ia  hanya  belajar,  sekolah,  dan  bermain  bersama  teman-temannya.  Tidak  bekerja  seperti  ini  dengan  penghasilan  yang  jauh  tidak  sebanding  dengan  usaha  dan  lelahnya.  Tidak  hanya  itu  saja,  banyak  juga  anak  kecil  yang  menawarkan  jasanya  mengangkut  barang  belanjaan  milik  pengunjung  pasar.  Belanjaan  yang  begitu  berat  tidak  sebanding  dengan  tinggi  tubuhnya  demi  mendapatkan  upah  dari  hasil  kerjanya.

 

Semakinku  menyusuri  kedalam  pasar  terlihatlah  nenek-nenek  tua,  renta  yang  duduk  di  sudut  pasar.  Ia  duduk  dan  mengemis  kepada  para  pengunjung  pasar,  meminta  sebagian  kecil  uang  dari  pungunjung  tersebut.  Dengan  muka  yang  memelas,  pucat  pasi ,  keriput  di  seluruh  tubuhnya  meandakan  ia  sudah  tua  dan  lelah,  dan pakaian  yang  sudah  lusuh  tetap  ia  gunakan  membuat  hati  semua  orang  luluh  dan  ingin  memberikan  sebagian  kecil  uangnya  termasuk  aku.  Berbagai  macam  keunikan  mulai  dari  ramainya pengunjung,  anak  kecil  yang  mencari  nafkah,  pengemis  pedagang  tua,  dan  lain-lain  menghiasi  sudut-sudut  pasar  tradisional  ini.  Tetapi  tidak  hanya  itu  saja  adanya  mainan  seperti  kereta-kerataan  didalam  pasar  ini  yang  sangat  membantu  para  orang  tua  yang  membawa  anak  kecil  mereka.  Anak  kecil  yang  suntuk  akan  ramainya  keadaan  pasar  akan  kembali  terhibur  dengan  bermain  kereta-keretaan  ini.

 

Aktivitas  pasar  itu  sendiri  biasanya  dimulai  dari  pukul  12  malam  dengan  berdatanganya  mobil-mobil  box  bahkan  truk-truk  pengangkut  bahan  pangan  yang  akan  dijual  di  pasar  ini  nantiya.  Tawa  menghiasi  pasar  ini,  para  pedagang  tak  segan  untuk  bercanda  dengan  para  pengunjung  sehingga  menghasilkan  tawa  merek,  tidak  seperti  di  pasar  swalayan  yang  terkenal  kaku.  Cara  menawar  barang  dagangannya  bergaya  seperti  seles-seles  di  mall.  Senyum  ramah  juga  sering  dilontarkan  para  pedagang  kepada  calon  pembelinya.  Harga  yang  relatife  lebih  murah  dibanding  di  pasar  swalayan  menjadi  daya  tarik  tersendiri.  Tak  jarang  banyak  pembeli  yang  menawar  harga  begitu murah  kepada  para  pedagang  hal  yang  tidak  ditemukan  di  pasar  modern.

 

Jadi  menurutku  wajar  saja  pasar  tradisional  ini  mampu  bertahan  sampai  sekarang  karna  pengalam  yang  berbeda  saat  berbelanja.  Jika  pengunjung  berbelanja  di  pasar  swalayan  ia  tidak  bisa  melakukan  tawar  menawar  harga  tidak  seperti  di pasar   tradisional.  Inilah  salah  satu  ciri  pasar  tradisional  yang  tak  tergantikan  walaupun  sekarang  sudah  banyak  pasar  modern  atau  pasar  swalayan  lainya.

 

Banyak  keunikan  di  pasar  tradisional  ini.  Membuat  pasar  ini  selalu  ramai  pengu njung  dan  bisa  bersaing  dengan  pasar  modern  lainnya.  Walaupun  banyak  kekurangannya  tetapi  pasar  ini  memiliki  banyak  kelebihannya.

 

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler