Skip to Content

Mahir Bermain Gitar

Foto Debbie Andrianti

Mahir Bermain Gitar

Siapa yang tak kenal dengan alat musik gitar ? Alat musik ini tidak mengenal usia, tua dan muda menggemarinya. Banyak yang memakai alat musik gitar ini untuk perkerjaan atau hanya sekedar hobi belaka.

Gitar adalah alat musik yang di petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam atau metal dan memiliki enam tali atau senar untuk di mainkan. Bagian atas dan bawah dari bahan gitar berbentuk angka delapan.

Keenam senar terikat pada pegs atau pada pemutar senar yang di tarik sepanjang badan gitar.  Pegs  atau pemutar senar ini digunakan untuk menyetel ( menyetem) gitar. Tak heran mengapa banyak orang yang memakai gitar ini sebagai salah satu cara untuk merayu.

            Semangat, keinginan, tidak pantang menyerah, gigih, dan konsentrasi yang di perlukan unutk mencapai keberhasilan. Keinginan untuk mahir bermain gitar tidak begitu sulit, hanya saja perlu melalukan beberapa faktor, salah satunya bersabar untuk mendapatkan hasil bermain yang baik dengan waktu yang lama.

            Bagi orang pemula yang hendak belajar gitar hingga mencapai tingkat mahir dalam waktu yang singkat, harus berupaya agar faktor-faktor yang mempercepat keberhasilan belajar tersebut dapat miliki.

Salah satu hal penting untuk mencapai hasil belajar dalam waktu yang singkat adalah instrumen atau sumber belajar. Karena jika ingin belajar gitar, tentu membutuhkan sumber belajar.

 

Proses pembelajaran bermain gitar dimulai dengan cara pertama penggunaan jari yang tepat. Kedua, teknik memegang gitar sebenarnya mudah, bagian body gitar dikempitkan kebagian ketiak bagian kanan lalu tangan kiri memegang bagian leher dan jari sebelah kiri mencoba menekan senar. Ketiga mengenal senar  yaitu dalam gitar standar akan menemukan enam senar gitar. Jika ingin bermain gitar, hendaknya tahu urutan dan nada yang dikeluarkan dari tiap senar. Keempat, cara menyetem gitar ada beberapa cara seperti dengan suara piano, menggunakna garpu tala, mengandalkan  feeling,  dan menggunakan chromatic tuner elektronik.  Dan yang terakhir yaitu cara memetik gitar yaitu dengan beberapa keistimewaan pada umumnya pemain gitar harus dapat menyesuaikan petikanya dengan jenis lagu yang dibawakan dari seorang penyanyi.

Ada beberapa tips untuk dapat mahir bermain gitar yang pertama siapkan perlengkapan yaitu Perlengkapan yang harus miliki adalah gitar dan buku lagu yang berisi kord, lirik, dan ilustrasi. Untuk mendukung proses belajar, sebaiknya juga memahami teknik memilih dan merawat gitar yang baik.

 Kedua, belajar sikap yang benar yaitu mulailah proses belajar dengan berlatih memegang gitar dan posisi duduk serta berdiri yang tepat.

Ketiga ini paling penting yaitu belajar kord dasar, tahap selanjutya adalah belajar kord atau kunci gitar dasar. harus fokus untuk menghafal kord.

Tahap keempat sudah mulai memesuki belajar memainkan lagu, setelah berhasil menghafal kunci-kunci gitar atau kord-kord dasar, dapat mulai memainkan sebuah lagu. Mulailah dari lagu-lagu sederhana yang mudah dimainkan yang menggunakan kunci-kunci dasar.

 

Terakhir yang harus sikap yang harus terus dimiliki oleh seseorang untuk mahir dalam bermain gitar yaitu berlatih secara disiplin dan konsisten. Untuk meraih keberhasilan menjadi mahir bermain gitar dalam waktu yang singkat, harus terus berlatih secara disiplin dan konsisten. Jangan pernah berhenti di tengah jalan atau belajar saat ingat atau mau saja. Ketidakdisiplinan ini akan menjauhkan Anda dari mencapai target terampil bermain gitar dalam waktu yang cepat. 

Sumber :

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler