Skip to Content

Puisi, Pengarang, dan Imajinasi

Foto Yan Firmansyah

            Puisi merupakan salah satu karya yang tidak lepas dari sejarah pengarang dan kehidupan pengarangnya karena puisi tercipta dari idealis pengarang dengan imajinasi pengarang yang mewarnai larik demi larik dan bait demi bait. Sebagai manusia biasa, penyair mempunyai keinginan , pesan, hasrat, gagasan atau saran –saran untuk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat dan bangsanya. Dalam interaksi dengan berbagai lingkungan masyarakat luas, penyair banyak menangkap momentum peristiwa dalam pengembaraannya. Untuk mengutarakan semua itu alat yang di andalkan penyair hanyalah bahasa atau kata-kata ( puisi).

            Dengan bahasa ia bisa menangkap maksud dan perasaan orang lain tapi juga dengan bahasa ia dapat mengutarakan pendapatnya. Kata-kata merupakan alat yang paling komunikatif bagi penyair untuk mencatatkan getaran pikiran dan gejolak perasaannya. Karena itu bagaimanapun seorang penyair harus menguasai bahasa secara baik karena dengan menguasai bahasa secara baik, maka dengan mudah ia akan menyairkan kehidupan, baik kehidupan lahir maupun kehidupan batin lewat persentuhannya yang luluh dengan dunia luarnya.

          Dengan kenyataan di atas , dapatlah kita memperoleh gambaran tentang pentingnya bahasa bagi seorang penyair, karena bahasa ialah alat ekspresi bagi penyair. Bahasa, merupakan kekuatan magis bagi penyair untuk sampai kepada realita estetis. Seni(puisi) adalah bahasa perasaannya, bahasa cinta bencinya,birahinya,jiwanya,pikirannya,renungan estetisnya, pengalamannya dan penghayatan intensitas kemanusiaannya.Bahasa adalah dirinya yang menyeluruh yang di lahirkan lewat kata-kata.

 

Bandung, 2013

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler