Skip to Content

tiga rahasia menulis

Foto arif cansaz

Tiga Rahasia Menulis

20 Juli 2011 pukul 11:40https://fbstatic-a.akamaihd.net/rsrc.php/v2/y6/r/2RMTjplPOBv.png); background-size: auto; display: inline-block; height: 12px; width: 12px; background-position: -272px -97px; background-repeat: no-repeat no-repeat;"> 

Setiap penulis yang berhasil selalu memiliki cara untuk menyelesaikan buku mereka. Setelah mencermati apa yang mereka tuturkan dalam tulisan-tulisan mereka, juga dalam biografi atau otobiografi, saya menyimpulkan tiga hal yang bisa dilakukan untuk memodel cara kerja mereka. Tiga rahasia keberhasilan, katakanlah begitu, yang selalu mereka miliki. Maka jika anda ingin meningkatkan kecakapan anda dalam bidang penulisan dan berhasrat meraih keberhasilan tertinggi yang bisa anda upayakan, penting bagi anda mempertimbangkan ketiga rahasia ini.

 

Sebelum ketiga rahasia itu, saya ingin menyampaikan satu hal lain yang tak kalah pentingnya: Jika anda ingin berhasil dalam bidang apa pun, perhatikanlah bagaimana orang-orang sukses melakukannya dan tiru caranya. Nasihat ini berlaku dalam semua hal, tentunya juga dalam penulisan buku.

 

Sekarang, inilah tiga rahasia penulisan....

 

Rahasia pertama, penulis sukses menulis setiap hari. Mereka tidak pernah berhenti menulis, mereka bukan orang-orang yang menulis hanya ketika sempat. Mereka memiliki komitmen kuat untuk menulis setiap hari. Beberapa orang menulis di pagi hari, beberapa di malam hari. Itu masalah pilihan. Kadang-kadang tidak masuk akal kenapa orang yang menulis di pagi hari hanya bisa menulis di pagi hari, dan kenapa orang yang menulis di malam hari hanya bisa menulis di malam hari. Namun, jika itu membuat mereka nyaman, tak ada masalah dengan pagi, siang, atau malam.

 

Beberapa orang juga memerlukan tempat khusus untuk menulis. Mungkin ada yang lebih nyaman di kamar tersendiri, atau di kebun, atau di loteng, atau di dalam gua. Lagi-lagi itu bukan masalah. Waktu dan tempat menulis bukan masalah sama sekali.

 

Urusan lain yang juga bukan masalah adalah anda bisa menulis dengan pena dan kertas, dengan komputer, dengan merekam suara anda, atau dengan mempekerjakan jurutulis untuk mengetik apa yang anda diktekan.

 

Yang penting anda bisa menulis setiap hari. Bikinlah kesepakatan dengan diri sendiri jika perlu. Sebagaimana latihan senam, atau menyopir, atau kegiatan apa pun yang anda lakukan setiap hari, menulis akan menjadi kebiasaan harian jika anda melakukannya setiap hari. Hanya dengan itu anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan.

 

Rahasia kedua, tetapkan berapa panjang tulisan yang anda bikin. Berapa kata anda menulis setiap hari. Dengan kata lain, tetapkan kuota. Para juara menulis beberapa ribu kata setiap hari. Mereka tahu mereka bisa melakukannya, karena mereka sudah melakukannya sepanjang waktu. Hanya dengan disiplin harian seperti inilah menulis akan menjadi semakin mudah dari hari ke hari. Kebanyakan penulis profesional menulis 2.000 kata setiap hari. Bertrand Russel menulis 3.000 kata setiap hari. Ada kalimat yang pantas untuk mereka: “Mereka bisa melakukannya tanpa berkeringat sama sekali.”

 

Jika anda baru mulai, mungkin tidak perlu membidik terlalu tinggi. Mulailah dengan kuota 100 kata setiap hari. Terlalu sedikit? Anda bisa meningkatkannya di hari-hari berikutnya. Pada akhir bulan anda akan tercengang sendiri pada kenyataan betapa anda semakin lancar menulis dan bisa menulis lebih banyak dalam waktu singkat.

 

Tentu saja tidak semua yang meluncur dari jari-jari anda adalah bongkahan emas. Tetapi, sebagaimana saya tuliskan dalam materi saya tentang bagaimana menulis buku, apa-apa yang meluncur cepat dari jari-jari anda selalu tak terduga. Dan anda hanya menuliskan apa yang harus ditulis, bukan memproduksi sampah.

 

Teruslah tingkatkan kuota penulisan anda. Ada hubungan ajaib antara pikiran dan jari-jari anda. Anda menulis makin cepat dan makin banyak karena jari-jari anda sudah semakin akrab dengan pikiran.

 

Saya beruntung memulai lebih awal sehingga sekarang saya bisa menulis setiap hari tanpa menghabiskan banyak waktu dan tetap bisa santai-santai membaca, dan guyon dengan siapa pun. Itu rahasia menulis yang sangat efektif. Anda tidak memerlukan waktu berjam-jam untuk memandangi kertas atau layar komputer yang kosong.

 

Rahasia ketiga, menulislah sampai kuota tulisan anda hari itu terpenuhi.

 

Aturannya begitu. Anda harus menulis sampai menyelesaikan 100 kata, atau 1.000 kata, atau 4.000 kata. Dengan kemahiran yang makin meningkat, untuk menyelesaikan 4.000 kata mungkin anda memerlukan waktu penulisan yang sama dengan ketika anda menulis 100 kata. Catatan tambahan, pertahankan gairah anda sampai anda selesai menulis dan memenuhi kuota penulisan anda. Itu jika anda benar-benar berminat menulis.

 

Ada masanya anda mudah sekali memenuhi kuota tulisan anda. Ada kalanya anda berjalan tersendat-sendat. Tetapi selesaikan kuota penulisan anda. Ingat, ada terus meulis sampai memenuhi kuota dan akan bisa merasa lega setelah menyelesaikannya hari ini, setiap hari.

 

Oke, saya sudah menyampiakan tiga rahasia penulisan. Jadikan itu milik anda. Menulis adalah memasuki petulangan dengan berbagai kemungkinan yang tak terduga ujungnya. Hanya dengan melakukan seperti yang dilakukan orang-orang yang berhasil, maka kecakapan anda untuk menulis buku akan meningkat pesat.

 

As.Laksana

Komentar

Foto matta azka

MENULIS

TEORI ITU SERING SAYA DAPATKAN DAN SELALU SAYA KERJAKAN, TAPI YA TAPI

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler