Skip to Content

Kehadiran Ramadhan

Foto Iyus Yusandi
files/user/8400/Memaafkan_Kesalahan_Orang_Lain_Bikin_Tubuh_Lebih_Sehat.jpg
Saling Memaafkan

Awal Ramadhan 1440 H yang jatuh pada Senin 6 Mei 2019.

Sebelum menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan, umat Muslim biasanya akan bermaaf-maafan dan mensucikan hati menyambut bulan Ramadhan 1440 H.

Ketika Rasullullah sedang berkhutbah pada Shalat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Amin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Amin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Amin. Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata Amin sampai tiga kali. Ketika selesai shalat Jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau menjelaskan: “ketika aku sedang berkhutbah, datanglah Malaikat Jibril dan berbisik, hai Rasullullah Amin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah.

Do’a Malaikat Jibril itu adalah:
“Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);
2) Tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami istri;
3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Meminta maaf itu disyariatkan dalam Islam. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه

Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari dimana tidak ada ada dinar dan dirham. Karena jika orang tersebut memiliki amal shalih, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezhalimannya. Namun jika ia tidak memiliki amal shalih, maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zhalimi” (HR. Bukhari no.2449)

Dari hadits ini jelas bahwa Islam mengajarkan untuk meminta maaf, jika berbuat kesalahan kepada orang lain. Adapun meminta maaf tanpa sebab dan dilakukan kepada semua orang yang ditemui, tidak pernah diajarkan oleh Islam. Jika ada yang berkata: “Manusia khan tempat salah dan dosa, mungkin saja kita berbuat salah kepada semua orang tanpa disadari”. Yang dikatakan itu memang benar, namun apakah serta merta kita meminta maaf kepada semua orang yang kita temui? Mengapa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan para sahabat tidak pernah berbuat demikian? Padahal mereka orang-orang yang paling khawatir akan dosa. Selain itu, kesalahan yang tidak sengaja atau tidak disadari tidak dihitung sebagai dosa di sisi Allah Ta’ala. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam,

إن الله تجاوز لي عن أمتي الخطأ والنسيان وما استكرهوا عليه

Sesungguhnya Allah telah memaafkan ummatku yang berbuat salah karena tidak sengaja, atau karena lupa, atau karena dipaksa” (HR Ibnu Majah, 1675, Al Baihaqi, 7/356, Ibnu Hazm dalam Al Muhalla, 4/4, di shahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah)

Sehingga, perbuatan meminta maaf kepada semua orang tanpa sebab bisa terjerumus pada ghuluw (berlebihan) dalam beragama.

Dan kata اليوم (hari ini) menunjukkan bahwa meminta maaf itu dapat dilakukan kapan saja dan yang paling baik adalah meminta maaf dengan segera, karena kita tidak tahu kapan ajal menjemput. Sehingga mengkhususkan suatu waktu untuk meminta maaf dan dikerjakan secara rutin setiap tahun tidak dibenarkan dalam Islam dan bukan ajaran Islam.

Daftar Ucapan Mohon Maaf Sebelum Bulan Ramadhan, Sambut Bulan Puasa, Silahkan Copy Paste Tulisan IniMinggu, 5 Mei 2019 13:29

Ucapan-ucapan ini cocok dibagikan kepada sanak saudara, teman, dan kerabat, cukup copy paste. 

 

1. Andai jemari tak sempat berjabat.

Jika raga tak bisa bersua.

Bila Ada kata membekas luka.

Semoga pintu maaf masih terbuka.

Selamat Ramadhan 1440 H

 

2. Ada raksasa beli pulsa

Ga kerasa udah mau puasa

Burung kakatua nemplok di jendela

Jangan lupa perbanyak pahala

Ada pepaya dimakan jerapah

Maafin aku ya kalo punya salah

Selamat Ramadhan 1440 H!

 

3. Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan. Selamat datang Ramadan 1440 H, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

 

4. Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadan. Selamat datang Ramadhan 1440 H.

 

5. Fajar Ramadan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H. Semoga amal kita diterima di sisi Alllah SWT. Amiiin…

 

6. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berperasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa

 

7. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan 1440 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

8. Seluruh alam berdzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasaRamadhan 1440 H.

 

9. Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan1440 H.

 

10. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H.

 

11. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan 1440 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

12. Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan 1440 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

13. Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh barokah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadhan 1440 H. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

14. Bulan suci Ramadhan 1440 H sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, “Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.” Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum. 

 

15. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara.

Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan 1440 H kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT

 

16. Sahabatku, dengan datangnya Ramadhan 1440 H ini, marilah kita syukuri dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Semoga kebaikan selalu Allah limpahkan untuk kita semua. Selamat menunaikan ibadah puasaRamadhan 1440 H.

 

17. Semoga puasaku, puasamu, dan semua ibadah serta amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Ta'ala. Semoga semua dosa kita diampuni oleh-Nya.. Aamiin.. Mohon maaf lahir batin, Marhaban Ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H.

 

18. Puasa Ramadhan 1440 H telah tiba, semua umat menyambut gembira. Kita semua berharap mendapatkan pahala dan ampunan-Nya, agar kelak dapat selamat berada disisi-Nya. Mohon maaf lahir dan bathin. Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

19. Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Aamiin yaa rabbal'alamin.. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan, Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H.

 

20. Yaa Allah.. Perkayalah saudariku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketakwaan. Perindahlah fisiknya dengan kesehatan. Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan, karena hanya Engkau zat penguasa seluruh alam. Aamiin tarabbal'alamin. Marhaban Ya Ramadhan.

Mohon maaf lahir dan batin. 

Selamat menunaikan ibadah puasa.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler