Skip to Content

Ketepatan Suatu Putusan

Foto Muhamad Fatih Rusydi

Itulah alasan kenapa putusan ini yang menjadi pilihanku, karena bagi saya putusan ini memang harus ditempuh guna menyelamatkan kelompok kita dari permainan ini. Dan bagi saya ketika seseorang mendapat beberapa tekanan maka harus benar benar bisa diantisipasi dengan mengambil beberapa keputusan yang tepat.

Begitulah pengertian yang aku berikan kepada beberapa orang kepercayaanku yang aku taruh menjadi pimpinan organisasi di kelurahanku, saya sengaja mengadakan rapat didalam gubuk kecil dekat musholla Al-Amin yang tepat terletak di depan rumah dinasnya Pak Camat Palokha, guna mengamankan kondisi yang benar menegangkan. Dalam perbincangan ini sengaja diadakan secara mendadak karena terdapat Surat Pemberitahuan yang dikirim secara tiba-tiba oleh Pak Palokha yang isinya meminta saya untuk segera mengangkat saudara Bughi Gunarwha menjadi Komandan Pemantau Keamanan Wilayah Kelurahan Ngindhoneshi.

Dalam beberapa pertimbangan kami, sungguh permintaan Bapak Lurah ini sangat tidak masuk akal untuk kami wujudkan. Karena dalam pemantauan tim tranparansi kelurahan kami bahwa Saudara Bughi Gunarwha telah memiliki beberapa pemasukan dana yang tidak layak ketika menjabat sebagai ketua 1 divisi humas Pemantau Keamanan Wilayah Kelurahan Ngindhoneshi. Tim transparansi telah mengaudit beberapa kekayaan Saudara Bughi Gunarwha, ternyata ada beberapa transaksi yang tidak sewajarnya telah dilakukan oleh Saudara Bughi Gunarwa.

Entah alasan apa tiba-tiba surat rekomendasi atas pengangkatan Saudara Bughi Gunarwha dikirimkan kepada kami. Dalam beberapa pemantauan kami Saudara Palokha sepertinya telah melakukan beberapa kebijakan yang bagi kami sungguh tidak masuk akal. Dalam pertimbangan kami dan teman-teman permintaan Bapak Lurah Palokha sungguh mempersulit sepak terjang kami sebagai ketua Karang Taruna Ngindhoneshi. 

Dengan adanya perbincangan secara tiba-tiba di gubuk kecil ini, kami menginginkan adanya pemahaman dan pengertian dari beberapa teman kami di beberapa divisi karang taruna Ngindhoneshi. Penunjukan Saudara Bughi Gunarwha ini bukanlah salah satu pilihan kami, namun pengangkatan Komandan Pemantau Keamanan Wialayah Ngindhoneshi ini berdasar permintaan dan pertimbangan dari Bapak Lurah Palokha. Bagi kami tidak ada pilihan lagi selain mengangkat saudara Bughi Gunarwha menjadi Komandan Pemantau Keamanan Wilayah Ngindhoneshi, karena posisi saya sebagai Ketua Karang Taruna Kelurahan Ngindhoneshi sungguh tidak mudah, karena dengan adanya rekomendasi dari Bapak Lurah Palokha maka secara tidak langsung penunjukkan harus segera saya realisasikan.

Dalam AD/ ART Karang Taruna kami bahwa penunjukkan komandan Pemantau Keamanan Wilayah Ngindhoneshi harus berdasar persetujuan Kepala Kelurahan. Hal inilah yang akhirnya membuat kami tidak bisa menyetujuinya karena terpilihnya Komandan memang sudah harus disetujui oleh Kepala Kelurahan. Dan karena itulah saya sebagai Ketua Karang Taruna Ngindhoneshi tidak bisa berkata apa-apa jika Pak Palokha sebagai Kepala Kelurahan Ngindhoneshi memberikan rekomendasi untuk menunjuk Saudara Bughi Gunarwha sebagai Komandan Baru Badan Keamanan Kelurahan Ngindhoneshi.

Dengan pertemuan kecil ini akhirnya saya mengambil keputusan dari beberapa masukan forum bahwa pelantikan saudara Bughi Gunarwha harus benar-benar bersih tanpa adanya catatan merah dari tim pemantau Kelurahan Ngindhoneshi. Maka dari itu pelantikan saudara Bughi Gunarwha tidak bisa segera saya lakukan sebelum tim pemantau kelurahan Ngindhoneshi benar benar memberikan lampu hijau.

Dan akhirnya keesokan harinya saya melakukan pertemuan dengan Bapak Palokha guna membahas pelantikan kepemimpinan baru saudara Bughi Gunarwha. Dengan raut muka yang dipenuhi kekecewaan maka akhirnya Bapak Palokha menyetujuinya, dan dengan keberanian saya memperlambat pelantikan maka saya sudah bisa melakukan penekanan balik kepada Bapak Palokha selaku Kepala Kelurahan.

Semoga saja pemantauan dari tim pemantau benar benar berjalan dengan baik, karena sangat banyak tekanan dari berbagai pihak diwilayah kelurahan kami.

*Muhamad Fatih Rusydi*

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler