Skip to Content

Achdiat K. Mihardja

Foto ombi
files/user/6/Achdiat_K._Mihardja.JPG
Achdiat_K._Mihardja.JPG

Achdiat Kartamihardja (lahir di CibatuGarutJawa Barat6 Maret1911). Berpendidikan AMS-A Solo dan Fakultas Sastra dan Filsafat UI. Ia pernah bekerja sebagai guru Taman Siswa, redaktur Balai Pustaka, Kepala Jawatan Kebudayaan Perwakilan Jakarta Raya, dosen Fakultas Sastra UI (1956-1961), dan sejak 1961 hingga pensiun dosen kesusastraan Indonesia pada Australian National UniversityCanberra,Australia. Achdiat juga pernah menjadi redaktur harian Bintang Timurdan majalah Gelombang Zaman (Garut), SpektraPujangga Baru,Konfrontasi, dan Indonesia. Di samping itu, ia pernah menjadi KetuaPEN Club Indonesia, Wakil Ketua Organisasi Pengarang Indonesia, anggota BMKN, angggota Partai Sosialis Indonesia, dan wakil Indonesia dalam Kongres PEN Club Internasional di LausanneSwiss(1951).

Kumpulan cerpennya, Keretakan dan Ketegangan (1956) mendapat Hadiah Sastra BMKN tahun 1957 dan novelnya, Atheis (1949) memperoleh Hadiah Tahunan Pemerintah RI tahun 1969 (R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972) danSjuman Djaya mengangkatnya pula ke layar perak tahun 1974).

Karyanya yang lain:

  • Polemik Kebudayaan (editor, 1948)
  • Bentrokan dalam Asrama (drama, 1952)
  • Keretakan dan Ketegangan (kumpulan cerpen)
  • Kesan dan Kenangan (1960)
  • Debu Cinta Berterbangan (novel, Singapura, 1973)
  • Belitan Nasib (kumpulan cerpen, 1975)
  • Pembunuhan dan Anjing Hitam (kumpulan cerpen, 1975)
  • Pak Dullah in Extrimis (drama, 1977)
  • Si Kabayan, Manusia Lucu (1997).
  • Manifesto Khalifatullah (novel, 2006).

Studi mengenai karya Achdiat: Boen S. Oemarjati, Roman Atheis: Sebuah Pembicaraan (1962) dan Subagio Sastrowardoyo, "Pendekatan kepada Roman Atheis" dalam Sastra Hindia Belanda dan Kita (1983).

 


Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler