Skip to Content

KEKELIRUAN RUMI?

Foto Hakimi Sarlan Rasyid

KESALAHAN RUMI MEMAHAMI KATA ISLAM MENJADIKAN IA MEMBUAT PERNYATAAN BAHWA IA BUKAN ISLAM. ORANG -TERMASUK RUMI- SUDAH KADUNG MEMAKNAI KATA ISLAM SEBAGAI BENTUK SEBUAH AGAMA.

ARTI LAIN KATA ISLAM ADALAH "PASRAH" . JIKA KITA MAKNAI KATA ISLAM SEBAGAI PASRAH, APA DI SEMESTA INI YANG TIDAK PASRAH. TIDAK ADA. SEMUA ISLAM, SEMUA PASRAH. SEMUA MAKHLUK, HIDUP ATAU MATI, SEMUA ISLAM, SEMUA PASRAH, DIJADIKAN SEBAGAIMANA ADANYA.

PEMAHAMAN RUMI BERTOLAK BELAKANG DENGAN JUDUL YANG DIKENAKAN ATAS KARYANYA "FI HI MA FI HI/FIHI MA FIHI)

 

fi = di dalam

hi = (kata ganti tunjuk = nya))

ma = segala sesuatu yang ada

fi = di dalam

hi = (kata ganti tunjuk = nya)



Di dalamnya apa yang ada di dalamnya,

atau

di dalamNya, segala sesuatu yang ada, di dalamNya

atau

segala sesuatu yang ada ini ada di dalamnya



(DIA (Huwa) meliputi segala sesuatu. Huwa seperti bunyi ayat "huwa Allahu lladzi la ilaha ila huwa" - Al-Hasyr ayat 23)

Lalu, ketika FI HI MA FI HI diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sebagai "IN IT IS WHAT IN IT" apakah "it" yang kedudukannya sama sebagai kata ganti tunjuk itu sama persis dengan makna "huwa".

Orang Inggris yang menerjemahkan "Fihi Ma Fihi" menjadi In It Is What In It" apakah mampu menyelami dunia spiritualitas Rumi.

Tidak mudah memahami Rumi yang sudah jauh tenggelam ke dalam lautan jika laku untuk memahaminya sekedar berenang di permukaan dalam permainan kata-kata.

Kotabaru Karawang 25 Juli 2019.

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler