Skip to Content

'The Book of Mormon' dan 'War Horse' Raih Tony Award 2011

Foto Hikmat
files/user/4/tony-award-2011.jpg
Trey Parker, Matt Stone, dan Robert Lopez meraih penghargaan musik terbaik dalam 'The Book of Mormon' pada acara penganugerahan Tony Award, Minggu (12/6). Foto: Kevin Kane/TonyAwards.com

Drama musikal satire “The Book of Mormon” dan “War Horse” adalah dua drama peraih penghargaan terbanyak pada malam penganugerahan penghargaan tahunan Tony Awards. Keduanya adalah menyabet penghargaan teater terbaik Amerika.

“The Book of Mormon”, sebuah satire tentang dua misionari muda Mormon yang dikirim ke sebuah desa terpencil di Uganda, meraih sembilan penghargaan dan sudah dinominasikan dalam 14 kategori termasuk dalam bidang musik terbaik, sutradara terbaik yaitu Casey Nicholaw dan Trey Parker, permainan layar terbaik dan musik original terbaik.

Sementara “War Horse” yang didasarkan pada buku anak-anak Michael Morpurgo, meraih lima penghargaan, termasuk pemain terbaik dan sutrada terbaik yang jatuh pada Marianne Elliott dan Tom Morris.

Ditampilkan pertama di Inggris, permainan spetakuler War Horse ini menggunakan boneka kuda hidup untuk menghidupkan cerita tentang seekor kuda yang maju ke barisan terdepan selama Perang Dunia I.

Para pemenang lainnya adalah “The Normal Heart” yang bercerita tentang perjuanngan melawan epidemik AIDS dan meraih tiga penghargaan. Sedangkan “Anything Goes” yang dipentaskan pertama tahun 1934 juga meraih tiga penghargaan. [AFP/A-21]

 

Tony Award

The Antoinette Perry Awards for Excellence in Theatre, atau yang lebih dikenal dengan Tony Award, menghargai keberhasilan dalam panggung teater Amerika Serikat dan diberikan oleh The American Theatre Wing and the League of American Theatres and Producers pada acara penghargaan tahunan di New York. Penghargaan yang diberikan adalah untuk karya-karya produksi dan penampilan Broadway, termasuk juga penghargaan yang diberikan tanpa kompetisi, seperti Special Tony Awards, The Regional Theatre Tony Award, dan The Tony Honors for Excellence in the Theatre.

Melalui penilaian dari sebuah panel yang beranggotakan sekitar 700 penilai yang berasal dari berbagai latar belakang baik dari dunia hiburan maupun dari kaum jurnalis, Tony Award umumnya dianggap sebagai Piala Oscar-nya dunia panggung teater Amerika. Penghargaan ini diciptakan oleh The American Theatre Wing di tahun 1947 atas usulan dari sebuah komite produser teater yang saat itu diketuai oleh Brock Pemberton. Namun baru pada acar penghargaan ketiga di tahun 1949 dimana medali Tony pertama dianugerahkan kepada para pemenang.

Penghargaan Tony Award dinamai berdasarkan nama Antoinette Perry, seorang aktris, sutradara, produser dan pemimpin The American Theatre Wing pada era Perang Dunia II yang saat itu baru saja meninggal dunia. Acara penghargaan Tony Award pertama berlangsung pada tanggal 6 April 1947 di Hotel Waldorf-Astoria di kota New York. (Wikipedia)


Sumber:

  • SuaraPembaruan.com, Senin, 13 Juni 2011 11:26
  • id.wikipedia.org/wiki/Tony_Award
  • Foto: TonyAwards.com

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler