Skip to Content

Budayawan Yogya Luncurkan Sastra Sendaren

Foto indra
files/user/762/sastra-sendaren.jpg
Peluncuran Sastra Sendaren di rumah budaya dan wisata Omah Kecebong, Sendari, Sleman, Yogyakarta pada hari Minggu (27/9/2015)

Sejumlah sastrawan dan para pemerhati budaya Yogyakarta berkumpul di Omah Kecebong,  rumah budaya dan wisata baru di Sendari, Sleman, Yogyakarta pada hari Minggu (27/9/2015) malam dalam acara peluncuran Sastra Sendaren. Kawasan Sendari selama ini dikenal sebagai Desa Wisata Sendari.

Sastra Sendaren merupakan bentuk seni pentas atau pertunjukan yang mengambil kearifan dan pelajaran dari Kiai Sendari, misalnya tutur lewat macapat atau doa mantra dengan geguritan. Pertunjukan yang ada selalu dikolaborasikan dengan unsur modern yang tetap mengutamakan sastra budaya desa dan alam, misalnya dalam sajian musik balada. Acara peluncuran diisi dengan berbagai pertunjukan seni budaya seperti pembacaan puisi mantra, puisi desa, cerpen dan pentas musik balada.

“Omah kecebong selalu terbuka dan mendukung berbagai kegiatan pendidikan, pelestarian seni dan budaya, pariwisata serta penghijauan. Kegiatan peluncuran sastra Sendaren ini salah satu kegiatan yang sangat sesuai dengan tujuan digagasnya tempat ini yaitu menjadi tempat yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan, untuk kegiatan seni dan budaya serta sebagai alternatif tujuan wisata di Yogyakarta,” jelas penggagas Omah Kecebong sekaligus promotor acara, Hasan Setyo Prayogo, Senin (28/9/22015).

Sejumlah sastrawan, budayawan, musisi, pelaku wisata, pengelola desa wisata, dan masyarakat Yogyakarta menghadiri perhelatan istimewa ini. Para seniman sastrawan yang memeriahkan acara peluncuran antara lain R. Bambang Nursinggih (Seniman Geguritan), Eyang Minah (Seniman Macapatan), Pristi Salam (Cerpenis), Retno Darsi Iswandari (Penyair) dan Doni Suwung (Musisi Balada).


krjogja.com, Senin, 28 September 2015 12:35 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler