Skip to Content

Kemdiknas Kampanyekan Cinta Sastra Lewat Film

Foto Hikmat

Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan film tentang kecintaan anak-anak Indonesia terhadap bahasa Indonesia. Film yang dibintangi oleh Chika Jessica dan Eko DJ tersebut berjudul "Bulan, Bintang dan Mentari".

Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Badan Bahasa Kemdikbud, Yeyen Maryani, mengatakan, film yang disutradarai oleh Anto Lupus itu merupakan film yang mengajak masyarakat agar mencintai bahasa dan budaya Indonesia. “Film ini tentang bahasa dan sastsa, yang  berusaha  mengajak orang cinta terhadap Bahasa Indonesia,” ungkap Yeyen di dalam konferensi pers peluncuran film Bulan, Bintang dan Mentari di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (27/10).

Menurutnya, film yang telah disaksikan oleh banyak pihak termasuk beberapa anggota Komisi X DPR RI terseut merupakan film perdana yang dirilis Kemdikbud. “Film ini merupakan film perdana Badan bahasa, di mana awalnya kami memiliki ide untuk membuat suatu film dan dituangkan dalam skenario yang lengkap serat mampu meningkatkan kecintaan masyarakat atas Bahasa Indonesia. Media film seperti ini merupakan cara yang efektif dan lebih mudah untuk mengajak anak muda mencintai Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Yeyen menambahkan, untuk pembuatan film berdurasi 60 menit itu pemerintah harus merogoh anggaran hingga Rp 700 juta. Namun Yeyen mengatakan, angka tersebut masih kecil untuk sebuah produksi film. Terlebih lagi, film itu diharapkan bermanfaat untuk memacu anak-anak muda Indonesia mulai mencintai bangsanya sendiri.

“Karena saat ini kecintaan anak muda terhadap negara Indonesia sudah menurun, maka seiring peringatan hari Sumpah Pemuda besok, kami berharap yang telah menyaksikan film ini bisa mendapatkan hal-hal yang baik dan positif,” jelasnya. (cha/jpnn)


Sumber: jpnn.com, Kamis, 27 Oktober 2011 22:00 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler