Skip to Content

Mahasiswa Malaysia Pelajari Lontara Makassar

Foto Hikmat

Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kedatangan para tamu intelektual dari Malaysia. Sebanyak 18 mahasiswa dari Akademik Pengkajian Melayu Universiti Malaya (UM) selama 28 hari melaksanakan seminar bersama terkait lawatan ilmiah mereka ke Unhas.

Kedatangan mahasiswa negeri jiran itu diterima resmi Rektor Unhas diwakili Wakil Rektor I Prof. Dr. Dadang Achmad Suriamiharja, M.Eng di Gedung Rektorat Unhas.

Dipimpin langsung Dekan Program Pascasarjana Akademik Pengkajian Melayu Universiti Malaya, Prof. Dr. Muchtar Abu Hasan, para mahasiswa pelawat tersebut sejak 10 Juni hingga 8 Juli 2011 belajar mengenai lontara (aksara khas Bugis) di Fakultas Sastra Unhas.

Mereka juga mengikuti seminar bersama yang dibuka Asisten Direktur I PPs Unhas Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA di Gedung Program PPs Unhas, Kampus Tamalanrea, baru-baru ini.

"Selain belajar lontara, para mahasiswa tersebut juga akan mempelajari seni tari dan musik tradisi Sulawesi Selatan di Pusat Studi Melayu Unhas. Seminar yang mereka ikuti  terkait masalah linguistik, budaya, dan sastra," kata Ketua Program Studi Magister Linguistik  PPs Unhas Dr. Nurhayati Syairuddin, M.Hum, yang juga Ketua Pusat Studi Melayu Unhas.

"Mereka juga akan mengikuti program _homestay_ selama enam hari di Kabupaten Barru dengan kegiatan _ma’bagang_ atau tinggal di bagang bersama nelayan sembari menelusuri jejak Melayu di Desa Pancana Barru," imbuhnya.

Pada 29 Juni-5 Juli para mahasiswa Malaysia tersebut akan berada di Kabupaten Wajo dengan agenda belajar dan melihat pertenunan rakyat, mempelajari langsung penulisan lontara dari penulis aslinya, serta mengunjungi makam leluhur yang juga menjadi Perdana Menteri Malaysia Tun Najib Tun Razak dan makam raja-raja di Wajo. Para mahasiswa ini juga akan  berkunjung ke museum, dan obyek budaya serta sejarah.

Kunjungan muhibah mahasiswa Universiti Malaya tak lain hendak menjalin hubungan persaudaraan secara khusus dengan mahasiswa Program Magister Linguistik Unhas. "Kita pun dapat sharing ilmu pengetahuan bersama. Diharapkan kerja sama ini akan meningkatkan persaudaraan dan pertukaran ilmu antara kedua perguruan tinggi," Nurhayati mengimbuhkan.


Sumber: kampus.okezone.com, Kamis, 23 Juni 2011 14:41 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler