Skip to Content

Mendikbud Beri Penghargaan kepada 13 Pegiat Bahasa Indonesia

Foto Hikmat

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan penghargaan kepada 13 orang pegiat Bahasa Indonesia saat Kongres Bahasa Indonesia (KBI) ke-XI. Penghargaan yang diberikan terdiri dari tiga kategori yakni Sastra, Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan, serta Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018.

Untuk kategori Sastra diberikan kepada Rida K Liamsi (kumpulan puisi); Eka Kurniawan (kumpulan cerpen); Martin Suryajaya (novel); Ziggy Zezsyazeoviennazabriezkie (novel), Akhudiat (naskah drama), dan Hasan Aspahani (esai sastra).

Selanjutnya penerima penghargaan pada kategori Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan diberikan kepada Arif Sulistiono (tokoh kepemudaan); I Komang Warsa (tokoh pendidik/tenaga kependidikan); Nursida Syam (pegiat literasi), dan; Felicia N Utorodewo (pegiat diplomasi kebahasaan di kawasan ASEAN).

Sementara untuk kategori Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018 diberikan kepada Agatha Lydia Natania dan Nursidik (Terbaik I); Hilma Ramadina dan Faisal Meinaldy (Terbaik II), serta Ainna Khairunnisa dan Almuarrif (Terbaik III).

Selain penghargaan kepada pegiat bahasa, pihaknya juga memberi penghargaan kepada tiga provinsi penerima penghargaan Adibahasa. Ketiganya yakni Provinsi Jawa Tengah sebagai penerima penghargaan kategori provinsi besar; Provinsi Jambi menerima penghargaan pada kategori provinsi sedang; dan Provinsi Sulawesi Barat penerima penghargaan pada kategori provinsi kecil.

“Saya mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan. Semoga dapat memberikan motivasi lebih dalam mendukung penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya di ruang publik,” tutur Mendikbud di Hotel Sahid, Jakarta, pada Minggu (28/10/2018).

KBI XI mengusung tema “Menjayakan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Mendikbud mengimbau kepada semua pemangku kepentingan agar ruang publik di Indonesia tertib dalam penggunaan bahasa Indonesia.


Sumber: solotrust.com, Selasa, 30 Oktober 2018 09:06 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler