Skip to Content

Novel Ini Dikembalikan ke Perpustakaan setelah 78 Tahun

Foto Hikmat
files/user/1/the-picture-of-dorian-gray-oscar-wilde-first-edition.jpg
Ilustrasi: Cover "The Picture of Dorian Gray" karya Oscar Wilde terbitan Ward, Lock & Co. edisi pertama tahun 1891 (Foto: collectorsweekly.com)

Denda di perpustakaan Chicago sebesar $10 (Rp100 ribu) per buku; tanpa amnesti total denda yang harusnya dia bayarkan adalah sebesar $6,000 (Rp60 juta).

Seorang perempuan di Chicago, Amerika Serikat, ingin mengembalikan sebuah buku, "The Picture of Dorian Gray" ke Perpustakaan Umum Chicago, namun sebelumnya dia ingin yakin terlebih dulu tidak akan masuk penjara.

Karena buku itu, edisi terbatas yang sangat sulit ditemukan dari novel karya Oscar Wilde. Buku itu tercatat dipinjam pada 1934, dilihat dari stempel Perpustakaan Umum Chicago.

Harlean Hoffman Vision menemukannya dalam salah satu peninggalan almarhumah ibunya.

Perpustakaan itu memang sedang mengadakan program amnesti yang jarang selama 3 minggu ini, bahwa keterlambatan pengembalian buku tidak akan didenda.

Dan Vision berpikir ini saat yang tepat untuk memulangkan novel itu. Buku itu dikembalikan Kamis (30/8) lalu.

"Dia terus berkata, 'kamu tidak akan menahan saya kan'? dan kami berkata, 'Tidak. Kami sangat gembira kamu mengembalikannya," kata Ruth Lednicer, direktur marketing perpustakaan itu.

Vision tak tahu denda di perpustakaan Chicago sebesar $10 (Rp100 ribu) per buku; tanpa amnesti total denda yang harusnya dia bayarkan adalah sebesar $6,000 (Rp60 juta).

Program amnesti terakhir kali diadakan 20 tahun yang lalu, dan 77 ribu buku pinjaman akhirnya dikembalikan.


Sumber: beritasatu.com, Senin, 03 September 2012 20:04 WIB

Gambar: collectorsweekly.com & wikipedia.org

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler