Skip to Content

Pakar Bahasa Indonesia Anton Moeliono Telah Berpulang

Foto Hikmat
files/user/4/anton-moeliono.jpg
Prof Dr Anton Moeliono, mantan Kepala Pusat Bahasa Indonesia, meninggal dunia dalam usia 82 tahun hari Senin (25/7/2011) pukul 23.27 WIB (Foto: Kartono Ryadi/KOMPAS)

Ahli bahasa Indonesia, Prof Dr Anton Moeliono, meninggal dunia Senin (25/7/2011) pukul 23.27 di rumahnya di Jalan Kartanegara No 51, Jakarta, dalam usia 82 tahun.

Anton Moedardo Moeliono lahir di Bandung, Jawa Barat, 21 Februari 1929, adalah ahli bahasa Indonesia dan pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Bahasa tahun 1984-1989. Pada masa kepemimpinannya di Pusat Bahasa-lah, pada tahun 1988 Kamus Besar Bahasa Indonesia pertama kali diterbitkan.Anton Moeliono adalah Guru Besar Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya) Universitas Indonesia dan juga terlibat dalam pendirian Universitas Atma Jaya.

Jenazah Anton Moeliono saat ini disemayamkan di rumah duka di Jalan Kartanegara No 51, Jakarta. Hari Rabu (27/7/2011) besok pukul 10.00 diadakan misa requiem di Gereja Santa Maria Perawan Ratu, Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dan siang harinya dikremasi.

Sebelumnya, Anton Moeliono sempat dirawat di RS Medistra Jakarta karena komplikasi penyakit pada organ-organ tubuh terpenting.

Wajah Anton Moeliono sering muncul dalam acara Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI tahun 1973-1977.

Anton Moeliono merupakah figur penting dan berjasa dalam kelahiran Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) tahun 1972 dan diresmikan Presiden Soeharto pada Peringatan Hari Kemerdekaan RI.

"Saya ingin bangsa Indonesia bangga dengan bahasa nasional," kata Anton Moeliono berulang kali. Selamat jalan, Pak Anton....(IJ/KSP/KOMPAS)


Sumber: KOMPAS.com, Selasa, 26 Juli 2011 07:12 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler