Skip to Content

Penulis Mozambik Menangkan Hadiah Sastra AS

Foto Hikmat
files/user/4/mia-couto.jpg
Penulis asal Mozambik Mia Couto memberikan sambutan seusai menerima penghargaan Camoes di Istana Nasional Queluz, dekat Lisbon, 10 Juni 2013 (Foto: dok).

António Emílio Leite (Mia) Couto, penulis asal Mozambik memenangkan Hadiah Internasional Neustadt 2013.

Penulis asal Mozambik António Emílio Leite (Mia) Couto dianugerahi hadiah atas prestasi seumur hidup (lifetime achievement award) sebesar 50,000 dolar. Penulis fiksi dan penyair berusia 58 tahun itu memenangkan Hadiah Internasional Neustadt tahun 2013. Penghargaan bagi karya sastra tersebut diumumkan hari Jumat (1/11) oleh Universitas Oklahoma dan World Literature Today, majalah kampus itu.

Couto adalah penulis Mozambik pertama yang memenangkan Hadiah Neustadt. Dia dianggap sebagai salah seorang penulis paling penting di Mozambik, dan karya-karyanya telah dipublikasikan dalam lebih dari 20 bahasa.

Buku-buku Cuoto termasuk novel Sleepwalking Land dan The Last Flight of the Flamingo dan kumpulan cerita pendek, Voices Made Night.

Hadiah Neustadt, yang dimulai pada tahun 1969, dianugerahkan setiap dua tahun. Para pemenang sebelumnya termasuk Gabriel Garcia Marquez, Octavio Paz dan Elizabeth Bishop.


Sumber: voaindonesia.com, Sabtu, 02 Nopember 2013 Waktu Washington, DC: 11:31

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler