Skip to Content

Sejumlah Sastrawan Siap Hadir di TSI 4 Ternate

Foto Herdoni Syafriansyah

TSI 4 Ternate:

Sejumlah budayawan dan sastrawan terkemuka dipastikan menghadiri Temu Sastrawan Indonesia (TSI-4) di Ternate, 25-29 Oktober mendatang. 

 

Ketua Pelaksana TSI-4 Sofyan Daud mengatakan itu, usai rapat koordinasi dengan pimpinan SKPD terkait di Kota Ternate. Rapat tersbeut guna memantapkan perhelatan sastra terbesar Indonesia itu, dimana tahun 2011 ini, Ternate dipercaya sebagai tuan rumah.

 

Usai pertemuan di kantor walikota, Senin (7/8), juga dihadiri Ketua Umum TSI-4 Ir. Arifin Djafar, Sofyan Daud menjelaksan, sampai hari ini menurut laporan dari Dewan Kurator, sejumlah nama dipastikan menghadiri TSI-4.

 

Adapun budayawan dan sastrawan yang akan hadir itu, seperti Nirwan Dewanto dan Prof. Melani Budianta. Keduanya akan menjadi pembicara dengan topik Estetika Sastra Indonesia Abad ke-21. Lalu Nirwan Ahmad Arsuka dan Bramantyo menyampaikan makalah Telaah Karya Sastra Dekade Terakhir.

 

Selanjutnya Eka Kurniawan dan Hilmar Farid akan berbicara seputar Komitmen Sosial dalam Sastra Indonesia. Sedangkan Azhari dari Komunitas Tikar Pandan (Banda Aceh) dan Gola Gong dari Komunitas Rumah Dunia (Banten) akan membagi pengalamannya tentang Pengembangan Komunitas Sastra.

 

Nama -nama terkenal lain, yaitu Agus R. Sarjono, Acep Zamzam Noor, Joni Ariadinata, dan Suminto A. Sayuti akan menjadi fasilitator sekaligus narasumber dan mentor dalam kegiatan Bengkel Sastra: Puisi, Cerpen, dan Esai/Kritik Sastra. Kegiatan ini akan diikuti para siswa SMU, Mahasiswa, dan para guru sastra dan bahasa indonesia se Kota Ternate.

 

"Sesuai laporan dari Dewan Kurator TSI-4, para budayawan dan sastrawan yang kami sebutkan itu, telah menyatakan kesediaan untuk hadir di Ternate," ungkap Sofyan.

 

Sementara itu, Sekretaris TSI-4 Dino Umahuk menambahkan, pada bulan Agustus ini Dewan Kurator akan mengadakan sidang kedua di Jakarta. Sidang ini akan membahas tahapan finalisasi kegiatan, termasuk membahas kesiapan panitia lokal dan pemerintah daerah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan TSI, serta menetapkan nama-nama sastrawan yang akan diundang menjadi peserta.

 

"Agustus sidang kedua Dewan Kurator untuk membicarakan berbagai hal menyangkut kesiapan panitia dan pemerintah Kota Ternate. Di samping agenda lain, seperti pengumuman nama-nama peserta yang lolos seleksi," ujar Dino. 

 

Ketua Umum TSI-4 yang juga Wakil Walikota Ternate, Ir. Arifin Jafar mengatakan, Pemerintah Kota Ternate telah menyiapkan dukungan sepenuhnya agar kegiatan yang menghadirkan ratusan sastrawan dari seluruh Indonesia ini bisa berjalan lancar dan sukses.

 

Ditanya soal pembiayaan, Arifin mengakatan, pemerintah kota telah memasukkan anggaran pelaksanaan TSI-4 pada APBDP 2011, juga menyiapkan sejumlah skema pembiayaan, termasuk melibatkan pihak swasta dan masyarakat.

 

"Dalam rangka pencanangan Tahun Kebangkitan Budaya dan Pariwisata, Pemerintah Kota Ternate berkomitmen mensukseskan agenda TSI-4. Kegiatan ini juga sebagai bukti komitmen pemerintahan BURAJA dalam membangun kebudayaan, sekaligus membangun citra kota Ternate sebagai kota budaya," papar Arifin. 

 

Wakil Walikota juga menghimbau kepada pihak swasta dan masyarakat untuk berpastisipasi mensukseskan TSI-4. "Karena ini menyangkut nama baik kita semua, jadi kami minta dukungan masyarakat, termasuk pihak swasta," ujarnya. (*)

 


Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler