Skip to Content

Asap Berfikir

Foto Steven Sitohang

            Terbakar tanpa berontak dan perlawanan, merintih karena kejamnya api dengan pasrah, menimbulkan asap yang dapat dinikmati dalam silaunya siang dan gelapnya malam. Liur asam dimanjakan, bersama cairan kafein yang nyaman melewati cerobong tenggorokan. Memaksa jantung layaknya drum dengan temponya yang cepat. Pergejolakan pikiran menjadi candu dan rencana dapat menjadi lebih kompleks. Ketenangan dapat melukis fana, melihat dan menggapai apa yang sederhana.

            Terbungkus rapih, dalamnya campuran tembakau berbaris dengan elegan, bersahabat dekat dengan cengkeh yang membuat aroma menjadi lebih wangi. 1,8MG nikotin menjadi kawan sejati dengan 32MG tar, membaur jadi satu dalam kertas kulitnya. Lahir dan tumbuh di daerah pegunungan udara yang bersih dan segar pula.

            Berfikir bebas dan segar jua bersama mereka, tentang hari ini, kemarin dan esok. Sendiri dan mengurung diri, dalam ruangan penuh dengan kebulan asap mereka, yang terbang melayang-layang lambat dalam pancaran lilin, terus keluar melalui jendela untuk hilang diterpa angin.

            Kebingungan janganlah menjadi buntu di tengah jalan panjang pikiran, waktu akan mengempit jika kita tersesat, bebaskanlah suara hati yang akan mati dikebiri. Carilah jalan lain menuju ke sana, tidak ada jalan salah ‘tuk mementas, karena hidup ini adalah pembelajaran tanpa ruang dan batas.

            “Asap Berfikir” teman ini ku namai, lebih dikenal oleh orang banyak dengan sebutan polusi udara. Baik untuk ku’ dan sangat menggangu untuk mereka.

            Ku’ gendong satu lagi dari bungkus mereka ke jemari, di antara telunjuk dan jari tengah untuk ku’ bakar kembali, aku butuh asap berfikir ini agar mendapat jalan keluar yang baik untuk ku’ dan tidak merugikan orang lain, semoga tiap pergolakan berfikir dibantu oleh kerendahan hati bukan kesombongan diri yang akan merusak rencana kompleks tadi.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler