Skip to Content

Gadis Bula

Foto Jufran Helmi

Dengan tertatih, Lastri menapaki anak tangga rumahnya yang terbuat dari kayu yang sudah agak reot itu.  Tangga yang terpasang hampir curam membuat kaki Lastri agak bergetar melangkah naik.

 Bukan hanya karena kayu anak tangga itu sudah terjemur lama oleh matahari, tapi lantai rumah yang  sebagiannya sudah lapuk itu harus membuat Lastri melangkah hati-hati. Kalau tidak, janin yang membuncitkan perutnya sebesar bola volley itu mungkin akan menderita di dalam.

 Kadang-kadang, setelah ia turun mengantarkan secangkir kopi untuk ayahnya seperti hari ini, Lastri duduk dulu agak sejenak di pintu yang dibiarkan terbuka, menjuntaikan kakinya yang dipenuhi   farises, atau meletakan tapak kaki di salah satu anak tangga. Dari situlah, dia akan menikmati pemandangan betapa masih terampilnya  ayah yang sudah renta itu menyerut kayu, memaku, dan merakit kusen pintu. Dia tentu menikmati juga saat sang ayah meneguk kopi hangat yang baru saja ia seduh.

 Lelaki yang dulu perkasa, penoreh getah, atau perawat pohon sawit itu kini telah agak bungkuk. Tubuhnya yang dulu kekar terbakar matahari, kini kurus berbungkus kulit tipis yang keriput.  Namun semangatnya tak pernah pudar. Kalau ia masih kuat menyerut kayu-kayu merbau di halaman rumahnya walau dengan tangan bergetar, ia masih akan menerima upah untuk ia dan anak perempuannya makan.

 Sore itu, Lastri tidak duduk-duduk  di pintu seperti biasa. Setelah mengantar kopi itu, ia langsung  menuju jendela. Sambil duduk di kursi kayu, ia akan melemparkan pandangannya jauh ke luar.

 Ada satu tempat di ujung sana.  Di seberang tangki-tangki kecil pengumpul minyak yang tak jauh dari halaman rumahnya,  ada tanjung-tanjung buatan yang menjorok ke laut seperti sepuluh jari manusia terbakar air panas. Tanjung-tanjung itu dibuat selebar truk untuk menghubungkan sumur-sumur minyak yang ada di laut dengan pantai.  Di seberang tanjung itu ada sebuah  jetty.

 Ketika saat lifting tiba, biasanya tiga bulan sekali, sebuah kapal tangker raksasa akan merapat di Jetty yang dibangun di ujung sebuah daratan yang menjorok ke laut sejauh 600m. Sejumlah orang akan hilir mudik berbagi tugas di sana. Mereka bekerja memastikan minyak mengalir ke kapal dari sebuah tangki yang terletak 1.5 km melalui sebuah pipa sebesar dua kali batang kelapa.

 Sore itu sedang lifting. Bagaikan seekor elang yang sedang mengintip mangsanya dari kejauhan, Lastri mengawasi gerak gerik setiap orang yang bekerja di dermaga itu melalui jendela rumahnya.  Dia berharap kalau retina matanya menangkap sosok Niko.

 "Kalau ada Niko di Bula, pasti ia ada di jetty itu," bisiknya.

 Telah lima tahun Niko bekerja di Bula, di industri minyak tua yang sudah berumur lebih dari 127 tahun itu. Niko, sebagai seorang mandor, bertanggung jawab untuk memastikan pengiriman minyak berlangsung secara aman dan lancar. Untuk itulah dia ada di Jetty setiap kali lifting.

 Biasanya, dengan sebuah radio HT di tangan, lelaki yang usianya setengah abad dengan perut agak buncit itu mengarahkan anak buahnya untuk berbagai tugas.

 Dengan setelan baju coverall biru laut bermerek Nomex III-A Dupont yang tertempel di bawah saku kanan, dengan sepasang safety shoes coklat yang menutup separuh betis, dengan helmet putih di kepala, dan tak lupa dengan sebuah kaca mata hitam yang terpasang di matanya,  Niko yang bertubuh sedang itu akan nampak seperti Robert De Niro dalam pandangan  Lastri.

 Lebih-lebih di tengah kesibukan itu, Niko menyempatkan diri melambaikan tangan ke arah Lastri. Dan perempuan yang juga tidak muda itu pun akan membalas dengan sebuah lambaian pula.

 Di setiap usai proses lifting yang menyibukkan itu, setelah kapal tangker menggulung jangkar bergerak perlahan ke laut lepas ke utara, dermaga khusus untuk kapal tangker itu akan segera sepi.

 Seperti sudah di dalam insting Lastri, tak lama setelah itu pasti lekaki pujaanya itu akan muncul di depan pintunya dengan senyum sumringah.

 "Ada kopi, Las? Aku haus," begitulah kalimat itu diulang-ulang setiap Lastri membukakan pintu rumahnya untuk sang Pangeran.

 Lelaki tua yang mengetam kayu saban hari hanya senyam-senyum bila Niko datang. Ia tahu secangkir kopi pun akan segera tersedia untuknya. Anak yang baik itu akan menyeduh dua cangkir. Satu untuk Niko dan satu untuk ayahnya.

 ***

Sore itu sudah hampir gelap, kapal tangker pun telah menjauh, bergerak  ke utara, ke laut lepas  meninggalkan Bula. Di Jetty sudah tidak ada seorangpun yang tersisa. Seluruh peralatan yang dipakai liftingtelah tersusun rapi.  Tidak sekejap pun Niko muncul.

 Di pintu rumah Lastri, tak seorang juga yang muncul mengetuk.

 "Belum juga ia datang," air mata Lastri pun mengalir. Suara hatinya gemuruh, lebih gemuruh dari gemuruhnya sungai Bula Air ketika musim pasang.

 Sudah tiga kali lifting, Lastri tidak melihat Niko di Jetty itu. Itu berarti sudah enam bulan Niko menghilang dari Bula. Di mess, di kantor, di café, bahkan di masjid tidak ditemukannya Niko. Niko seperti menguap  ke angkasa atau tenggelam ke dasar bumi tanpa kabar berita.

 Sepanjang malam ditunggunya ketukan pintu. Deru mesin yang memutar pompa pengisap minyak dari sumur-sumur minyak yang memenuhi pantai Bula hampir tak mampu menenggelamkan gemuruh hati Lastri. Padahal setiap mesin itu memutar satu putaran, akan mengalir minyak dengan gemuruh dari dalam sumur ke pipa-pipa yang akan mengantarkannya ke tangki yang tak jauh dari rumahnya.

 Dari tangki pengumpul itu, setiap tengah malam akan ada hiruk pikuk orang memompakan minyak ke tangki penyimpan  yang lebih besar yang tempatnya di atas bukit di sebelah mess tempat biasanya tinggal Niko.

 “Seluruh operasi produksi minyak itu di bawah pengawasan Niko, ” kata Lastri suatu ketika meyakinkan ayahnya tentang siapa Niko.

 "Empat minggu, ia bekerja di sini terus menerus. Tapi, dua minggu ia libur terus menerus. Liburnya mungkin di Jakarta.  Mungkin juga ia ke Palembang atau ke Medan," jelas Lastri kepada ayahnya tentang sistem kerja Niko.

 Komentar orang pun bermacam-macam tentang kepergian Niko.

 "Niko sekarang ditugasi di Jakarta, di kantor pusat, sehingga akan jarang ke Bula" kata Gempur, anak buah Niko yang dikenal Lastri cukup dekat dengan Niko.

 "Ah, tidak," jawab Evi ketika Lastri mencoba mengklarifikasinya ke bagian administrasi perusahaan.

 "Setahu aku, dia pulang ke Palembang, bekerja di perusahaan pengeboran di sana, " ujar Faisal yang dulu pernah dalam satu tim dengan Niko.

 Mungkin, penjelasan Pak Mijan, pegawai admisnistrasi perusahaan tempat Niko bekerja, satu-satunya yang memuaskan Lastri sehingga sejak itu ia hanya menunggu kedatangan Niko tanpa bertanya-tanya lagi.

 "Dia sudah berhenti, mengundurkan diri. Tidak tahu apa alasannya,” kata Pak Mijan yang sudah hampir pensiun itu.

 “Mungkin dia menemukan perusahaan lain yang lebih baik, tapi entah perusahaan apa dan dimana," sambung Pak Mijan.

 Walaupun sudah banyak yang curiga, kepada siapapun Lastri tidak mau menceritakan apa hubungannya dengan Niko. Hubungan ini adalah hubungan rahasia. Itu perjanjiannya dengan Niko yang tak boleh ia langgar. Hanya ayahnya saja yang tahu.

 "Kami sudah menikah, Ayah," kata Lastri kepada ayahnya. Itu diceritakan Lastri kepada ayahnya agar Niko tak dilarang bertandang ke rumah, walau malam sekalipun.

 "Demi karir Niko, ayah tak boleh menceritakan hal ini kepada siapapun, " bujuk  Lastri mayakinkan.

 Sebagai ayah yang sudah tua dan uzur, ayah Lastri menyerahkan semua keputusan itu kepada anak perempuannya yang lahir 40 tahun yang lalu itu. Ia tak ingin melihat anaknya menggadis sampai ia tutup usia. Kedatangan Niko disambutnya dengan penuh harapan.

 Apa hendak dikata oleh Lastri dan ayahnya, sepandai-pandainya ia membungkus durian, baunya akan tercium orang juga. Menghilangnya Niko telah menjadi tanda tanya besar di Bula. Kehamilan Lastri yang menunggu hari telah menjadi buah bibir di setiap warung. Keingintahuan Lastri tentang Niko telah dipahami semua orang.

 Kalaulah Ustaz Asghar tidak segera mengaku bahwa dialah yang menikahkan Niko dengan Lastri di hadapan dua orang saksi, pastilah Lastri ataupun ayahnya akan diusir dari Bula.

 "Dasar orang tak tahu malu," kata seorang ibu yang kenal baik dengan almarhumah ibu Lastri.

 "Kalau kau orang asli Bula, sudah kami tenggelamkan ke laut, " bentak seorang  kakek yang sebaya dengan ayah Lastri.

 Lastri tahu kalau dia bukan orang asli Bula. Ia hanyalah anak dari seorang transmigran yang gagal berkebun di desa transmigrasi yang berjarak 200 km ke arah barat Bula.  Setelah ibunya wafat akibat suatu penyakit aneh, ayah Lastri memboyong anak gadis satu-satunya itu pindah ke Bula. Ayah yang sudah menua  itu mengambil pekerjaan dari seorang toke Cina membuat kusen pintu.

 Rumah kayu yang ditempati perempuan yang kini hamil tua dan ayahnya itu sebetulnya rumah milik si toke. Upah ayah Lastri akan dipotong sebesar harga sewa. Sisanya itulah yang diserahkan untuk mereka hidup sekeluarga.

 Lastri membantu ekonomi ayahnya dengan membabu.  Perusahaan jasa catering yang mendapatkan kontrak di perusahaan minyak tempat Niko bekerja merekrutnya untuk menjadi tukang cuci piring di mess.   Itulah yang mempertemukan ia dengan Niko dan menjalin asmara.

 ***

Sore itu, suasana di Bula sudah semakian gelap. Matahari sudah hampir menukik ke barat. Hati Lastri gundah. Tak habis pikir, mengapa setelah alat test kehamilan itu memastikan dia mengandung, justru Niko pergi meninggalkannya.

 "Tak percayakah Niko kalau yang dikandung ini anaknya?  bisik Lastri sambil membiarkan airmatanya mengalir sampai di pipi.

 "Takutkah ia kalau istrinya tahu kalau di Bula dia beristri lagi?” sambung Lastri.

 Di saat-saat gundah sepereti ini, hanya ayahnya yang bias diajak bicara.

 "Apakah Niko dipecat karena korupsi, Yah?" tanya Lastri.

 Ayahnya menggeleng, entah ingin mengatakan "tidak" atau ingin mengatakan "tidak tahu."

 "Si Mahmud bilang kalau istrinya mengamuk setelah tahu Niko pacaran dengan gadis Bula," kata Lastri.

 Sore itu adalah sore yang yang mendekati gelap. Di mess beberapa ekor babi bercengkerama seperti tak sabar menunggu datangnya malam.

 Seperti seekor anak rusa yang dikejar babi hutan bertaring panjang, seorang tetangga Lastri,  namanya Surti, berlari dengan kencang. Gadis remaja itu melesat meninggalkan rumahnya menyelinap di antara tumpukan kusen ayah Lastri yang belum selesai. Dia melesat manaiki anak tangga rumah Lastri dan dan menggedor pintu. Karena Lastri tidak semerta-merta langsung membuka pintu, Surti berteriak sambil mengguncang-guncang pintu yang terkunci dari dalam.

 "Mbak Las, Mbak, cepat nyalakan TV. Saluran 7. Cepat, cepat." Surti berteriak keras sambil terus menampar-nampar daun pintu.

 "Ada apa?" suara Lastri menyambut dari dalam.

Pintu yang tadinya terkunci dibukanya dengan cepat. Surti muncul di depan pintu dengan nafas seperti angin puting beliung.

 "Nyalakan TV cepat. Cepat, Mbak" suara Surti keras tapi serak seperti suara mesin yang tidak diisi oli.

 Secepat kilat Lastri menyambar tombol penyalaan TV. Ia tak sempat lagi berpikir mengapa TV harus dinyalakan.   Ia tak sempat bertanya mengapa harus buru-buru.  Nafasnya ikut sesak, turun naik, tak kalah sesak seperti sesaknya nafas Surti.

 Untunglah kemarin Lastri mematikan TV di saluran 7, sehingga sekarang tiba-tiba saja TV tabung 14" yang dibawa ayahnya dari kampung transmigrasi dulu menyala tepat di saluran 7.

 Ada seorang polisi di sana yang sedang diwawancara. Lastri dan Surti terpana.

 "Seorang lelaki, berkulit sawo gelap, berumur sekitar 50 tahun ditemukan digilas oleh kereta api, tidak jauh dari persimpangan jalan, dekat Pasar Minggu, " kata polisi itu dengan artikulasi yang sempurna.

 Mulut Lastri dan Surti serentak menganga. Kalau ada bola kasti pasti bisa masuk ke mulut-mulut itu.  Bola mata mereka hampir saja meloncat keluar. Ayah Lastri pun sudah ada di belakang mereka membelakkan mata yang penuh katarak ke arah TV.

 "Saksi mata mengatakan bahwa lelaki itu melemparkan dirinya ke atas rel tepat menjelang kereta api listrik dari arah Bogor mendekat tempat itu, " sambung polisi itu.

 Ayah Lastri tetap berdiri dan diam seribu bahasa di belakang kedua perempuan yang sudah membeku seperti batu.  Lastri mencoba membungkukkan sedikit badannya yang buncit sambil menopangkan tangan ke kedua lututnya.

 Polisi berambut jarang itu melanjutkan perkataannya kepada wartawati yang sedang memegang mikropon di depan mulutnya.

 "Tubuh korban terpotong dua tepat di pinggang .  Kepalanya remuk.  Tidak ditemukan kartu identitas apapun kecuali sebuah kertas terlipat di saku celananya  yang mengatakan kalau dia bekerja di sebuah perusahaan minyak di Bula."

 "Niii…….koooooo….., " Lastripun jatuh pingsan.

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler