Skip to Content

NOVEL: MAGHDALENA (01/14)

Foto SIHALOHOLISTICK

SATU

 

SMA Pelita Bangsa, di lapangan halaman tengah, lagi ngadain upacara seremonial pembukaan acara MOS dan Pembukaan Tahuan Ajaran Baru. Sekolah itu cukup punya gengsi di mata masyarakat kota Hamburgas sekitarnya. Banyak siswa yang berlomba-lomba buat ngedapatin nilai terbaik agar diterima di sekolah itu. Tahun ini, sepuluh kelas diisi oleh siswa baru setelah melalui serangkaian test. Padahal yang ngedaftar ke sana gak tanggung-tanggung. Orang tua juga memberi motivasi agar anak-anaknya bisa masuk ke sekolah itu.

Cukup berbangga hati, kalau udah di orientasi di sekolah itu, mes-kipun bagi sebagian siswa, saat di orientasi adalah saat yang mende-barkan. Begitu juga yang dirasai Bayu, Lucky, Maghdalena, Aida dan Melani. Hari pertama orientasi mereka lalui dengan hati berdebar. Keli-manya, bersama rekan yang lain di kelas I2, sudah dikerjai habis-habis-an, malah mereka yang ada empat puluh orang udah dibagi menjadi de-lapan kelompok dan kelompok mereka diberi nama Parlement. Mereka diberi tugas mencari arti cinta yang sesungguhnya.

Hari kedua ini, mereka nyoba ngerjain tugas itu meskipun dengan setengah hati. Mereka melangkah ke arah perpus yang berada di sebelah ruangan lab Biologi. Emang saat orientasi itu saat paling nyebelin tapi mengasyikkan juga. Nyebelinnya saat dikerjai habis-habisan. Asyiknya, bisa nyuri-nyuri pandang ama teman-teman baru. Apalagi kalo dia lagi dikerjai ama senior, bisa ambil kesempatan dalam kesempitan.

Yah... jadi pahlawan di siang bolong (kesiangan, kali...!) buat gadis incaran. Kali-kali aja dia nerima cinta pandangan pertama yang bisa ngerobah hidup jadi lebih berarti, kek liriknya Dewa 19 dalam lagunya Kasidah Cinta.

Yang paling enak, sih, para senior. Udah ngerjain orang, eh, sok cari perhatian lagi. Tapi di acara balas dendam, senior yang kek begini bakal jadi sasaran empuk massa orientasi.

Akhirnya mereka sampai di perpus yang lumayan luas. Buku-buku tersusun rapi nurut jenisnya. Di atas pintu masuk ada sebuah spanduk yang bertuliskan  sebuah slogan yang berbunyi: “DENGAN BUKU MARI PERLUAS WAWASAN” di bawahnya tertulis OSIS SMA PELITA BANGSA T.A 1999/2000. Mereka nyimpulin, kalo spanduk itu dibuat pengurus OSIS tahun 1999/2000.

Mereka melangkah ke dalam menuju meja pengunjung. Di situ ada sebuah buku yang harus di isi oleh setiap pengunjung. Selesai di situ, mereka menuju rak-rak buku karya sastra.

“Eh, teman-teman, gue heran ama Kak Prasetyo dan Kak Sheila, kok acara gini kita disuruh nyari arti cinta, padahal acara kek begini kita mestinya beradaptasi dengan sekolah, ini malah dikasih tugas.” kata Bayu sambil memilih-milih buku karya sastra di sebuah rak buku.

“Iya, nih. Lagian cuman kelas kita yang dapat tugas kek ginian, yang lain gak ada. Nyari arti cinta lagi. Gue gak ngerti banget, deh.” balas Maghdalena.

“Ini, sih gara-gara lo, Yu. Sok pejantan tangguh, eh taunya pemurah – pemuja rahasia.” ledek Melani sambil ketawa diiringi yang lain.

“Tapi, lo mesti senang juga, dong. Daripada dikerjai seminggu, ngebetein banget, tau nggak. Bayangin deh, MOS seminggu, padahal sekolah lain belom pada sekolah.” timpal Aida yang udah duduk di kursi sambil megang buku.

“Tul...betul...betul! Tapi jangan salah, orientasi itu banyak juga gunanya. Gue pernah ikut perkaderan, seru banget. Bisa adu argumen, bentak-bentakan. Serunya lagi instruktur vs instruktur brantem, seolah mereka mo lepas tanggung jawab. Penutupan mereka buka kartu, kalo semua itu sandiwara. Jadi kesal, benci, segala macam campur aduk, tapi udah maaf-maafan.” cerita Lucky.

“Kedengarannya asyikan gitu, dari pada gini. Bete banget.” sambung Maghdalena.

“Tapi dari pada kelompok lain, masih enakan kita. Kita cuman balikin ke hati nurani masing-masing, soalnya defenisi cinta itu terlalu individualis. Lagian banyak kok novel dan lagu yang bertajuk cinta, kita bisa ngadaptasi dari situ.” sela Aida.

“Okey, deh. Kalo gitu, berhubung kita punya banyak bahan, sekarang kita ambil bahan sendiri-sendiri, mo pilih apa, terserah. Tapi Melani kita kasih keringanan karena dia tulisannya bagus dan jadi redaksi yang bakal ngerampungin.” putus Bayu sebagai ketua kelompok.

Maghdalena memilih novel Ayat-Ayat Cinta karangan Habiburrahman El Shirazy. Aida memilih buku Ku Gapai Cintamu karya Ashadi Siregar. Bayu ngambil buku Asrul Sani Bawalah Daku Pergi dan Romeo-Juliet-nya William Shakespheare. Lucky dengan Daun-Daun Gugur-nya Maria A. Sardjono. Meskipun demikian Melani tetap mengambil buku Cinta Palsu dan Cinta Sejati-nya Maman Maulana.

“Okey, semua udah punya masing-masing dan kita punya waktu dua hari untuk ngerampunginnya, jadi Kamis semua udah dikasih ke Melani untuk dirampungin.” terang Bayu. “Kelihatannya masih ada waktu untuk baca.”

Tanpa ba-bi-bu lagi mereka segera nenggelamin diri ama buku-buku yang udah mereka pilih. Bayu dan Lucky membeli kartu pelanggan perpustakaan dan segera mengurus semua hingga buku itu bisa di bawa pulang.

Esoknya Bayu, Lucky dan Melani gabung lagi di perpus, mereka diskusi soal tugas mereka, sedangkan Maghdalena ama Melani ke toilet.

“Eh, lo kalo ngomong ati-ati, ya! Gue gak suka lo ngomong gitu, ntar gue tonjok baru tau rasa, lo.” tiba-tiba Lucky emosi dan nunding wajah Bayu.

“Emang napa, ha? Gue cuman bilang, kalo cinta itu perasaan emo-sional yang berawal dari pandangan dan penilaian terhadap lawan jenis dan itu....”

“Diam lo!” bentak Lucky, “Lo pikir gue bodoh apa? Gue tau, lo suka ama Maghdalena. Lo jangan coba-coba deketin dia. Awas, lo!” ancamnya.

“Emang lo siapa? Lo gak punya hak ngelarang gue suka ama siapa pun, termasuk Maghdalena. Lagian lo bukan siapa-siapanya dia.”

“Ah, banyak bacot, lo!” sergah Lucky sambil ngelayangin kepal tinjunya dan mendarat di mulut Bayu.

Bayu yang gak menduga pukulan itu, kaget dan terjungkal, bibirnya berdarah.

“Eh, apa-apan, nih? Kok jadi berantem?” tanya Melani bingung. Dia gak tau apa yang mesti dilakukan.

Bayu berdiri dan segera ngelayangin tinjunya. Lucky yang lagi waspada, segera mengelak dan dorong Bayu. Bayu kembali terjungkal ke belakang.

“Cukup...!” bentak Melani. “Lo bodoh banget, sih. Masak gara-gara cewek aja lo mukul Bayu, padahal urusannya gak jelas gitu. Kalo punya otak di pake, dong, jangan di tarok di pantat.”

“Lo, gak usah ikut campur. Ini urusan gue ama dia. Ini masalah cowok dan gak ada sangkut pautnya ama lo. Okey!” balas Lucky.

“Cowok kata lo? Cowok apaan? Cowok brengsek, ha?”

Lucky kembali nurunin tangannya sebelum sampai ke pipi Melani.

“Kenapa? Gak berani? Ayo tampar! Lo pikir gue takut ama cowok brengsek kek lo.”

Tempat itu jadi rame oleh kerumunan anak-anak yang lain. Mereka pengen liat pertengkaran antara Bayu ama Lucky. Untung saja petugas perpus sedang ke kantor guru.

Údah, Bro, sebelum guru tau mending lo cabut, ntar urusannya jadi blibet.” kata salah seorang siswa yang ikut berkerumun.

Lucky melangkah keluar setelah bubarin kerumunan siswa yang nyaksiin pertengkaran itu. Dia keluar sambil ngumpat gak jelas.

Melani segera bantuin Bayu duduk ke atas kursi. “Udah, Yu, yang kek begitu gak usah diledenin.” kata Melani sambil bersihin darah di bibir Bayu pake sapu tangannya.

“Ei, kelamaan nunggu, ya? Sorry, gue mules, nih.” kata Aida mendekati keduanya, Bayu ama Melani. “Eh, Bayu ngapain, nih, kok bibirnya pecah. Barusan tadi ditinggal masih awet, kok jadi gini?”

“Emang makanan, pake awet-awetan segala?” timpal Melani.

“Brantem ama siapa, sih?” tanya Maghdalena penasaran sambil nyentuh bibir Bayu. Bayu mengerang ketika Maghdalena nyentuh bibirnya.

“Ee...ati-ati, dong. Lo pikir gak sakit apa?” kata Aida ngibasin tangan Maghdalena.

“Sebenarnya semua salah paham, nih.”

“Kok, bisa?”

“Ini..., tadi kita lagi ngomongin arti cinta, gitu. Bayu kasih pendapat, tapi Lucky tiba-tiba emosi trus nunding Bayu punya perasaan ama Maghdalena. Terang aja Bayu ngerasa gak ada masalah, soalnya Lucky gak punya hak ngelarang Bayu suka sama siapa pun. Eh, Lucky malah nonjok Bayu.” terang Melani.

“Lucky mana?”

“Gak tau!”

“Bayu, lo gak usah balas, biar gue yang nyelesaiin.” kata Maghdalena.

“Hebat dia. Hebat!” balas Bayu emosi. “Gue salut ama dia. Udah nonjok gue tanpa alasan, lo malah ngebela dia. Gak bisa! Gue gak terima. Apapun alasannya gue bakal balas. Emang dia siapa?”

“Udah, deh, Yu. Gak usah di balas lagi, mending mikirin tugas, nih. Kalian baru aja kenal udah ribut gini. Cuma gara-gara Maghdalena. Apa, sih istimewanya dia?” kata Aida menggoda Maghdalena.

“Uh, dasar lo sirik. Ya pasti cantiklah, kalo nggak, kejadian ini gak bakal ada.”

“Lo yang dasar, malah. Malah bangga lagi bikin orang susah. Di mana, sih otak lo ditarok.” timpal Melani kesal.

“He...he..., bercanda, kok, lagian gak mungkinlah.” balas Maghdalena cengengesan. “Yu, sorry banget, cuma bercanda, kok.”

“Udah, ah.” balas Bayu senewen. “Gimana tugasnya, Mel, udah clear?”

“Baru 75 % dan kayaknya ada resistor, nih.”

“Apa?”

“Penilaian ‘bos’ belum masuk redaksi, nih.”

“Oh, sorry.” balas Bayu sambil ngeluarin kertas berlipat dari sakunya. “Nih, atur yang baik. Usahain kita jadi The Best. Okey!”

“Boro-boro. Kalau anggotanya aja perang. Ancur, deh Parlement kita. Mungkin selesai tugas ini, bubaran aja.” balas Melani sewot.

Bayu cuek aja ama gerutuan Melani. Matanya asyik merhatiin Maghdalena yang asyik baca buku. Sesaat dialihin ke Aida  dan dipandangnya bergantian. Menurutnya, kedua-duanya sama cantik meskipun beda, namun punya daya tarik tersendiri.

Maghdalena punya wajah yang enak dipandang, matanya indah dan bersahaja. Beda ama Aida, gadis ini punya wajah yang terkesan natural, gadis ini akan lebih cantik jika tanpa pernak-pernik apa-apa dan senyumnya manis banget. Kalo Melani, punya daya tarik, tapi gak tau di mana, cuman setiap dipandang, eneg, gimana gitu.

Bayu terus bermain dengan khayalnya, sementara Lucky gabung ama anak yang suka ngerokok di kantin Mak Salma. Gak terlalu aneh, akhir-akhir ini rokok emang udah jadi menu utama di setiap kantin sekolah. Bukan hanya di SMA bahkan di SMP dan SD sekalipun mulai merambah. Lebih parahnya Narkoba dan VCD-VCD porno ikut-ikutan masuk, merambah usia-usia sekolah yang masih belia.

Handphone yang sebenarnya sebagai alat komunikasi udah di salah gunain untuk hal-hal yang berbau negatif, karena sebagian handphone udah nawarin fitur internet-an yang bisa nge-download video-video bokep.

Hari yang ditentukan Prasetyo dan Sheila untuk mempresentasekan tugas kelompok itu pun tiba. Besok siang diadakan acara seremonial penutupan acara MOS SMA Pelita Bangsa.

Semua anak-anak kelas I2  udah ngumpul bareng kelompok masing-masing. Kelompok Parlement malah masem-masem aja.

Kelompok Deklarasi maju lebih dahulu dengan argumentasi Pengkhianatan Cinta. Kedua giliran kelompok Reformasi dengan argumentasi Cinta dan Kehormatan.

Kelompok Parlement maju pada giliran ketiga. Kelimanya maju. Di tangan Bayu ada dua lembar HVS yang ditulis rapi oleh Melani.

“Rekan-rekan sekalian, saya sebagai ketua kelompok Parlement akan membacakan hasil argumentasi kami mengenai Arti Cinta.

Sebenarnya arti cinta itu terlalu individu bila kita bicarakan secara universal, karena setiap orang bisa saja mendefinisikan cinta itu dengan versi yang berbeda-beda. Oleh karena itu kami mengemukakah pendapat masing-masing menurut sumber yang kami ambil dan pada akhir bagian nanti akan kami simpulkan.

Pendapat pertama dari saudari Maghdalena yang mengadaptasi pada novel Ayat-Ayat Cinta karangan Habiburrahman El Shirazy: Cinta itu adalah hubungan perasaan yang terikat dalam hati, dalam hal ini terikat sendiri. Bukan hanya antara dua hati, tapi tak terlepas dari orang-orang terdekat kita, seperti orang tua, keluarga dan sahabat-sahabat kita. Ada ikatan yang lahir dari rasa senang, kesesuaian bahkan kadang kala perbedaan pun mampu menyatukan perasaan. Ini semua adalah luapan emosional. Dari sini lahir sebuah kenyataan yang mau tak mau kita terima secara sendirinya, yakni : cinta adalah awal benci dan benci adalah awal cinta.”

Mendengar pendapat yang dibacakan Bayu, segera seluruh penghuni kelas  bertepuk tangan memuji penilaian Maghdalena.

“Kemudian...,” lanjut Bayu. “...pendapat yang kedua berasal dari saudari Aida yang mengadaptasi novel Ku Gapai Cintamu karangan Ashadi Siregar. Pandangan ini, mungkin dapat menyegarkan adat percintaan. Betapa beragamnya pandangan terhadap cinta. Cinta itu sebuah impian yang lahir di antara sejuta retakan dada yang mesti di gapai, meskipun cara yang di tempuh punya eksistensi yang berbeda dan penerimaan  itu punya eksistensi yang berbeda-beda pula. Sebuah idiom dikemukakan ‘cinta ibarat kentut, di tahan sakit, di keluarkan malu.”

Tawa dan sorak sorai pun segera pecah membelah keheningan, hingga tawa itu pun mengundang  para senior-senior yang lain berdatangan, hingga pintu kelas pun sesak.

“Pendapat ketiga dari saudari Melani yang mengadaptasi dari buku Cinta Palsu dan Cinta Sejati karangan Maman Maulana. Dalam hal ini, rekan kami ini memberi dua kontroversi yang sejalan baik secara nurani maupun secara akal logika. Kita semua tau semua diciptakan berpasang-pasangan. Andai kesetiaan ada pengkhianatan tak akan pergi jauh. Pengkhianatan selalu mengiringi kesetiaan. Setiap ada celah antara cinta dan kesetiaan maka pengkhianatan langsung menyisip bagai dedemit. Agak aneh kedengarannya, tapi coba dilihat dari segi lain, hal ini bukan terlalu mustahil. Cinta bisa membuat darah mengalir. Intinya, cinta membutuhkan kepribadian sebagai tolak ukur dari kepalsuan dan kesejatian.”

Ruangan kelas tak lagi menegangkan, semua berdecak kagum mendengar pendapat yang dikemukakan Melani.

“Selanjutnya dari saudara Lucky yang memedomani novel Daun-Daun Gugur karya Maria A. Sardjono. Cinta adalah perjuangan. Sebuah asa harus dibangun dengan beribu hasrat. Kenyataan hidup tak mesti jadi penghalang. Semua sama, cinta gak pernah tau pada siapa ia datang. Semua orang tau, di mana letak perjuangan itu yang pastinya bukan perjuangan yang membabi buta. Banyak orang yang bilang mencintai bukan hal yang rumit, tapi dicintai bukan hal gampang pula. Cinta bukan hanya sebatas suka, tapi di situ ada kerelaan.”

Tepuk tangan kembali membahana mengisi ruang kelas itu. Senior-senior yang tadinya hanya berdiri di depan pintu, mulai bermasukan. Mereka gak nyangka kalau rekan mereka bisa membuat acara MOS yang semula menegangkan buat siswa baru, kini jadi acara yang mengasyikkan bagi kedua belah pihak.

Betapa tidak, siswa jadi lebih mudah nyesuain diri ama senior mereka dan senior pun ngerasa konyol dan berkesannya argumen-argumen remaja yang baru ngenal cinta.

“Selanjutnya dari saya sendiri yang memedomani novel Bawalah Daku Pergi karangan Asrul Sani. Cinta itu adalah anugerah Tuhan yang terindah buat makhluknya. Untuk itu jangan biarkan cinta hanya sebatas angan. Cinta itu hanya dimiliki orang yang punya harapan. Maka selama harapan itu ada, jangan biarkan cinta itu hanya mimpi, tapi bawalah ke dalam harapan itu.

Pendapat yang terakhir sekali saya pedomani dari cerita legendaris Romeo dan Juliet karangan Williem Shakespheare. Setelah cinta dapat digapai, maka pertahankan dia. Perselisihan dan kesalahpahaman bukan hal yang perlu diambil pusing. Coz, Romeo dan Juliet emang sekedar rekaan yang imajinatif semata. Tapi anggap itu kisah nyata, hingga dapat diambil kesimpulan, cinta itu lebih berharga dari segala yang berharga. Cinta itu berharga daripada nyawa bagi manusia bijak yang membijaki cinta. Kesimpulannya, cinta itu adalah luapan emosional yang berbaur dengan asa. Seperti sebuah syair milik Khalil Gibran, Tentang Cinta Sejati.

Apabila cinta memanggilmu, ikutlah dengannya, meski jalan yang kalian tempuh terjal dan berliku.

Cinta takkan memberikan apa-apa pada kalian, kecuali keseluruhan darinya. Cinta takkan mengambil apa-apa dari kalian, kecuali dari dirinya sendiri. Cinta takkan dimiliki dan memiliki, karena cinta telah cukup untuk cinta.

Dan janganlah kalian mengira bahwa kalian dapat menentukan arah cinta, karena cinta, apabila telah menjatuhkan pilihan pada kalian, dialah yang akan menentukan perjalanan hidup kalian.

Cinta tak punya hasrat, selain mewujudkan maknanya sendiri.

Namun, jika kalian mencintai dengan berbagai hasrat, maka wujudkanlah dia demikian. Meluluhkan diri, mengalir bagai anak sungai, menyanyikan lagu persembahan malam. Mengenali kepedihan dari kemesraan yang paling dalam, merasakan luka akibat dari pengertiannya sendiri tentang cinta. Dan meneteskan darah dengan suka cita dan kerelaan.”

Bukan hanya tepuk tangan saja, tapi nama Perlement diteriakkan. Bagi Maghdalena, Aida dan Melani menganggapnya sebagai hinaan, sebab di antara mereka terjadi bentrok. Kelimanya akhirnya duduk diiringi tepuk tangan.

Setelah mereka duduk, banyak senior-senior yang terpaksa meninggalkan kelas itu, tapi ada juga yang bertahan pengen dengerin dari kelompok berikutnya.

Secara bergiliran, kelompok Laskar, Dirgahayu, Proklamasi, Perjuangan, dan Pahlawan membacakan argumentasinya masing-masing. Argumentasi kelompok Dirgahayu gak kalah seru dari argumen kelompok Parlement.

Kemenangan argumen Parlement hanya ada pada kepiawaian mereka membuat rumusan dan mengolaborasikannya dengan paradigma kehidupan serta pemunculan anekdot. Sementara argumen Dirgahayu, sedikit penekanan dan terlalu banyak larangan. Mereka gak nyadar, kalo cinta gak punya aturan apa-apa dan cinta itu urusan individu.

Parlement akhirnya memperoleh gelar Best of the Best dan diberi anugerah sebuah agenda dari Prasetyo dan Sheila, secara pribadi.

* * *

MAGHDALENA, Aida dan Melani berjalan di koridor sekolah. Ketiganya pengen ke perpus membaca HORISON edisi terbaru sambil relax. Daripada ke kantin mereka lebih memilih perpus. Emang, sih, di kantin bisa ngejamin buat ngajak perut kompromi, tapi masih jam sepuluh, waktu lima belas menit bisa digunakan buat nikmati puisi-puisi kaki langit.

Hari ini, hari terakhir mereka ngikuti acara MOS dan ntar siang mereka ngadain seremonial penutupan MOS sekaligus pelantikan siswa baru tahun pelajaran baru oleh Ketua Yayasan.

Baru beberapa meter mereka melangkah, tiba-tiba ada seorang siswi berlari-lari ke arah mereka dengan nafas yang tersengal-sengal. Pas di depan mereka, cewek itu berhenti dengan nafas yang gak karuan banget.

Ketiganya hanya melihat dengan perasaan aneh. Mereka menatapi gadis itu dan akhirnya saling pandang.

“Maghda...Aida...Melani...”  katanya tetap dengan nafas yang gak karuan. “...cepetan ke sana...” katanya lagi sambil ngatur nafas sambil nunjuk ke arah belakang. “...Bayu berantem ama Lucky. Ayo cepat ke sana, ntar ketahuan guru lagi, bisa tambah runyam, deh, urusannya.”

“Di belakang mana?”

“Dekat WC Putri. Cepetan, deh. Kalian temannya dia, kan.”

“Okey! Lo di sini aja. Tolong jangan ampe ketahuan  guru.” kata Maghdalena ngajak kedua temannya ke belakang.

Sampai ke te-ka-pe, ketiganya segera menerobos kerumunan  siswa yang bersorak-sorak. Mereka segera misahin Bayu dan Lucky. Maghdalena megang tubuh Bayu dengan seerat-eratnya dan Melani memeluk tubuh Lucky dari belakang sedangkan Aida masuk dari tengah. Segera aksi pukul memukul berhenti.

“Udah, bubar sana!” teriak Aida pada siswa yang tadi bersorak-sorak. “...dasar brengsek semua. Liat orang brantem, bukannya dipisahi, eh, malah disoraki. Di mana, sih otak kalian? Udah bubar sana!”

Kerumunan segera bubar, anak-anak mulai ninggalin tempat itu.

“Ingat! Kalo kalian ngasih tau guru, kalian akan berhadapan ama gue. Gue nunggu kalian di sini. Gak peduli cowok atau cewek, satu orang atau banyak, gue ladeni semua.”

“Bagus...bagus...bagus...! Ini dia petinju kita Chris John versus M.Rahman, tapi bukan di kelas Bulu Versi WBA, Kelas Tengik Versi Pecundang.” kata Melani setelah ngelepasin Lucky. “Kek, gini, nih cowok nyelesain masalah, padahal ujung-ujungnya mereka juga yang rugi. Masalah gak selesai, eh, malah wajah yang penyot. Lo, Yu! Udah kami bilangin gak usah dibalas, lo gak mo dengar kami, emang lo dasar keras kepala.”

“Bodo...! Lagian dia yang duluan. Sebagai cowok gue gak terima, ya gue balas, lah. Emang dia siapa, main tojok aja.”

“Eh, diem, lo. Lo yang mancing emosi gue. Dasar brengsek, lo.” kata Lucky nunding Bayu pake tunjuknya.

“Lo yang brengsek!” balas Bayu sambil berdiri mau ngejar Lucky.

“Udah...udah! Cukup, Yu. Kalian gak malu apa dijadiin tontonan gratis, dijadiin taruhan anak-anak. Apa sebenarnya yang kalian pengen, yang kalian cari? Jawab, Yu! Luck! Kalian laki-laki hebat, jantan, pesaing tapi bukan buat gue dan sayangnya cuma mau ngerebutin gue, mempertaruhkan gue.”

Bayu tak mampu menatap Maghdalena, dia hanya nunduk nyadari kesalahannya. Sementara Lucky hanya cuek, ngelihatin tempat lain.

“Ini dia kelompok Parlement dengan argumen-argumen yang mampu ngangatin sanubari dan hari ini udah ngebuktiin semua yang mereka tulis. Barisan cinta yang bakal nabuh genderang perang, demi cinta.” sambung Melani.

“Gue gak ngerti, kenapa semua ini terjadi ama gue. Seandainya kalian tau siapa sebenarnya gue, gue tau semua orang bakal ngindari gue, bakal ngejauhin gue dan gue nyadar siapa gue. Gue cuman berharap, kalian gak nyesal ngelakuin ini semua. Lo juga Da...Mel..., gue harap kalian gak nyesal ngenal gue.” kata Maghdalena menghapus air matanya.

“Lo kok ngomong gitu. Kita tulus mo sobatan ama lo. Siapapun lo, kami gak peduli, yang kami tau, lo itu gadis yang baik dan tulus.” balas Aida mendekati Maghdalena.

“Kalian udah jadiin aku sebagai taruhan, kan Yu? Luck?” tanya Maghdalena.

Keduanya hanya diam gak ngeluarin satu patah katapun.

“Kenapa diam? Jawab, Yu! Luck!” kata Maghdalena. “Udah gue kira. Kalian berdua udah mempertaruhkan gue, entah demi apa. Ah, udahlah! Mungkin udah nasib gue kali kek begini.” ucap Maghdalena pasrah dan menjauh dari teman-temannya.

“Yu, apa lo udah ngejadiin Maghdalena jadi taruhan?” tanya Aida pada Bayu.

Bayu masih aja diam. Dia masih kesal dan malas ngomong kalo Lucky masih ada.

“Jawab, dong, Yu! Kalo lo diam tandanya benar, kan? Tega lo sama cewek kek Maghdalena. Di mana, sih otak lo. Masak teman digituin juga. Kebangetan kamu!”

Bayu ngangkat kepalanya dan noleh Aida. “Da, gue gak pernah mikir sejauh itu. Gue cuman gak terima aja, kalo ada orang mukul gue tanpa sebab yang jelas gitu.” terang Bayu.

“Syukur, deh, kalo gitu. Tapi gue bisa megang omongan lo, kan?”

Bayu mengangguk pelan ngeyakinin Aida.

“Untung aja guru belum tau...,” sambung Melani. “...coba kalau tau, kalian juga yang malu, kan. Apalagi sampai orang tua kalian dipanggil. Gue gak abis pikir, zaman sekarang masih ada cowok yang berantem cuman gara-gara cewek. Kampungan banget, kan. Padahal cewek itu ada di mana-mana, satu banding tiga, tau nggak. Bodoh banget, kan.”

“Ah..., udah, deh. Gue emang bodoh. Gue akui, gue emang suka ama Maghdalena, tapi gak usah ngina gue kelewatan gini.”

“Marah-marah lagi. Lo pasang otak, dong. Nyintai cewek bukan kek gini....”

“Banyak bacot, lo. Gue sumpahin sial lo, baru tau rasa lo.” kata Lucky sambil pergi dengan kesal ngedengar ucapan Melani.”Eh, Parlement-nya gimana, nih, Luck?”

“Makan, tuh Parlement ama lo.”

“Masih kurang, Luck, tambahin lagi, dong, biar kek pesta gitu, loh.” tambah Melani manas-manasi Lucky. Tapi gak ada balasan lagi.

Bayu bangkit dan ngedekati ketiga teman ceweknya. “Maafin gue Mel, Da, gue emang salah gak ngedengar omongan kalian dan buat kalian pada kesal dan kalian benar, urusannya tambah blibet. Maafin gue!” kata Bayu jabat tangan teman-temannya. Keduanya mengangguk. Ia mendekati Maghdalena. “Maghda, maafin gue. Lo jangan nganggap gue serendah itu, dong. Gue gak pernah nganggap lo taruhan kok, gue cuman ngejaga harga diri gue, biar orang gak seenaknya gitu ama gue.” kata Bayu pelan.

“Udah, deh, lupain aja. Gue ngerti, kok, gue cuman kesal aja. Masalah gak mesti diselesain dengan cara kek gini.” balas Maghdalena sesungukan.

“Tapi gue pengen jujur ama lo, kalo gue emang suka ke lo, lo mau kan jadi pacar gue. Gue serius Maghda.” ungkap Bayu.

Maghdalena menatap Bayu dengan tak berkedip. Disugingkan senyum ke arah Bayu dan dia berbalik membelakangi Bayu.

“Maafin gue, Yu. Gue gak bisa nerima cinta lo. Gue benar-benar gak bisa.”

“Tapi...!”

“Yu, gue ngerti perasaan lo, gue juga tau kalo lo emang jujur. Tapi gue emang gak bisa nerima cinta lo.”

“Kenapa? Lo suka ama Lucky, ya?”

“Gue gak bisa kasih alasan sekarang, tapi bukan karena gue suka ama Lucky. Belum saatnya aja gue mikirin ke situ. Seandainya Lucky yang ngungkapin hal ini, gue bakal jawab hal yang sama.”

“Okey, Maghda. Tapi lo masih mau kan jadi temen gue. Lo jangan benci ama gue, jangan marah, ya!”

“So pastilah, Yu. Gue gak benci ama lo, kok. Nyantai aja lagi.” balas Maghdalena senyum.

“Thank’s banget, ya!”

“Yo ‘i, Man!”

“Soal Parlement, gimana, nih?” tanya Melani.

“Lanjut! Tapi tenang dulu, kita mesti bikin konferensi, nih, biar kita bikin perjanjian dan Perlement punya fondasi yang kokoh.” terang Maghdalena.

“Yu, apapun alasannya lo minta maaf ya ama Lucky. Cukup ampe disini konfrontasinya. Biar dianggap pengecut tapi hatinya tulus. Dia teman lo, kan? Tugas lo nyelamatin dia dari rokok-rokok itu, itu baru perjuangan cinta namanya.” pinta Melani.

“Pasti, Mel. Tapi gak sekarang, dia masih kesal ntar salah paham lagi.”

Keempatnya terus ngobrol di tempat itu sampai bel berbunyi. Saat bel berbunyi, mereka berdiri dan segera menuju lapangan untuk ngikuti upacara acara seremonial penutupan Masa Orientasi Siswa SMA Pelita Bangsa sekaligus pelantikan siswa Angkatan ke-XI dan Pembukaan Tahun Ajaran Baru oleh Ketua Yayasan Pelita Bangsa.

Sebulan berlalu, setelah acara penutupan MOS, kelompok Perlement terjadi perang dingin. Bayu dan Lucky gak ada komunikasi sama sekali meskipun mereka duduk semeja. Sementara konferensi yang direncanakan Maghdalena terus diundur, karena Bayu dan Lucky belum damai.

Maghdalena terus berpikir gimana caranya mendamaikan kedua temannya ini agar konferensi segera diadakan. Namun ia kehabisan akal untuk mendamaikan keduanya, apalagi kelihatannya Lucky benar-benar terlalu cuek dengan semuanya. Bukan cuma  Bayu yang gak ditegor, tapi semuanya mendapat imbasnya.

Bel istirahat akhirnya bunyi, semua siswa bubar setelah engglish teacher get out from classroom. Namun Lucky gak langsung keluar, sebab terjebak oleh tubuh Bayu yang masih asyik beresin bukunya.

Melihat kesempatan itu, Maghdalena, Melani dan Aida segera mendekat dan Bayu segera ngerti apa yang diharapkan ketiga temannya.

“Luck...!” kata Bayu setelah ketiga temannya mendekat.

Lucky hanya cuek dan sedikit pun ia gak ngegubris ucapan Bayu.

“Jangan gitu, dong Luck. Maksud Bayu kan baik, dia pengen minta maaf ke lo. Masak lo nanggapi gitu, sih.” ujar Aida

“Iya, Luck. Gue minta maaf ama lo , gue ngaku salah dan kalo emang lo suka ama Maghda, gue kasih lo kesempatan, soalnya gue ditolak.”

“Udah, deh, Bro. Lupain aja. Gue udah mikirin semuanya dan gue pikir persahabatan di antara kita lebih baik dari perasaan yang bisa bikin kita salah paham mulu.” kata Lucky. “Gue yang seharusnya minta maaf ke lo. Gue yang salah, kok.”

Keduanya berjabat tangan tanda damai.

“Luck, gue juga minta maaf, gue udah kelewatan nuduh lo yang gak-nggak.” kata Maghdalena ngulurin tangannya.

“Gue juga minta maaf.” balas Lucky nyambut tangan Maghdalena. “Gue gak pernah jadiin lo sebagai taruhan, kejadian itu gue pikir wajar.” terang Lucky jujur.

“Wajar, sih wajar. Tapi gue minta banget ama lo berdua, ini yang pertama dan terakhir bahkan satu-satunya kalian adu jotos. Kalian ingat kan ajaran Mahatma Gandhi; ngelawan kejahatan dengan kebaikan.”

“Banget!” belas keduanya sambil senyum.

“Okey! Gue lihat ntar, kalau masih terjadi, gue gak bakal maafin lo berdua.”

“Lucky, gue minta maaf juga, ya!” pinta Melani dan Aida gantian.

“So. Gue dimaafin juga, ya!” balas Lucky nyambut uluran tangan perdamaian dari Melani dan Aida.

“Kalo udah gini, kan enak jadinya!” kata Maghdalena. “Ntar semua gue traktir makan abis sekolah sebagai hari perdamaian kita sambil konferensi trus kebetulan banget hari ini gue ulang tahun.” kata Maghdalena bahagia. Dia merasa bahagia banget udah bisa nyatuin kembali sobat-sobatnya, Bayu ama Lucky.

“Jahat lo, kok baru bilangin sekarang, sih. Kita jadi gak ngasih apa-apa, nih.”

“Rencananya mau bikin surprice buat kalian. gak penting kado-kadoan segala, deh. Nyantai, Bo.”

“Keberapa, nih?”

Sixteen years!”

Langsung aja Maghdalena nerima ucapan Happy Birthday dari sobat-sobatnya sambil cium-ciuman pipi kek di film-film.

“Sekarang kita ke perpus aja. Gak ada kerjaan, nih.” ajak Melani.

Tanpa komando dua kali, mereka beranjak ke perpus barengan sambil bercanda dan ketawa-ketawa. Mereka kelihatan lebih akrab dan kompak. Gak ada lagi konfrontasi-konfrontasian. (Perdamaian.... Perdamaian.... Perdamaian..... Perdamaian....)

“Eh, gue pengen kita lebih serius lagi nih ber-Parlement dan Parlement jadi bagian hidup kita.” usul Aida kita udah nyampe di perpus.

“Maksud, lo?” Lucky tertarik.

“Maksid gue gini, kabarnya sekolah kita punya satu set band. Gimana kalau kita bikin grup band dan namanya..., gimana kalau Parlement Band. Kita minta izin ama Pak Direktur, Wali Kelas, Pembina OSIS dan Ketua OSIS untuk make bandnya.” terang Aida.

“Wah, pinter banget, lo, ide cemerlang, fren. Gue setuju banget. Dengan main band kita jadi sering ngumpul. Jadi, Perlement gak sia-sia dibikin. Masa remaja gini, mesti nyibukin diri ama hal-hal yang positif.” balas Bayu serius.

Yang lain ikut ngedukung usul Aida meskipun mereka gak tau mainin alat musik.

“Gue ngebuk drum!” kata Lucky antusias.

“Gue, bass!” balas Mahgdalena.

“Lo berdua gimana, nih, kok pada bingung. Aida lagi, lo yang ngasih ide, kok lo yang ketinggalan.”

“Gue gak tau milih yang mana.”

“Melody?”

“Ribet banget, Yu.”

“Trus apa, dong?”

“Bisa Bass, Da?” tanya Maghdalena.

“Lo?”

“Gue main gitar aja.”

“Lo, Mel?” tanya Bayu.

“Au, deh!”

“Bisa nyanyi?”

“Tambah ancur. Kalo kasidah atau gambus, lumayan!”

“Kok, kasidah? Emang acara sunatan? Group band, Pop Rock, dong.” balas Lucky ngakak.

“Kok ngledek, Luck, ntar kusinggung lagi, bisa ancur rencana kita.” kata Maghdalena.

“Maghdalena melody aja, ya, biar Melani yang main gitar.” usul Bayu.

“Gak bisa, Yu.”

“Nyanyi?”

“Brabe!”

“Udah gitu aja, ya biar gue yang nyanyi.”

“Tapi, Yu...?”

“Maghda, kita pelajari sama-sama. Gue juga belum bisa, kok. Gue cuma ngargai ke antusiaskan kalian. Gue gak pengen kalian kecewa.” jelas Bayu.

“Woi...!” Sebuah teriakan ngagetin mereka. Obrolan mereka terhenti dan serentak noleh siapa pemilik suara yang ganggu acara mereka. Ternyata  suara petugas perpus.

“Ngapain masih di sini? Gak belajar, ha...? Kalian gak dengar bel udah bunyi dari tadi? Dasar pemalas! Mau jadi apa kalian?” sergahnya keras.

Ngedengar itu, ciut juga nyali mereka. Mereka gemetar karena cemas. Perlahan-lahan Bayu memberanikan diri.

“A...apa, Pak? Udah bel? Udah lama, nggak?” tanya bayu tergagap.

“Dasar bolot! Bel udah bunyi setengah jam yang lalu. Ayo masuk sana! Kalian pikir ini sekolah orang tua kalian, apa?”

“Uh, brabe kita. Baru aja jadi siswa di sini, eh, udah kek gini.” gumam Maghdalena pelan.

Mereka segera berlari keluar perpus, penjaga perpus hanya menggelengkan kepalanya saja.

“Dasar anak-anak pemalas!” makinya.

Sampai di luar, mereka liat anak-anak udah gak ada. Semua udah pada masuk dan belajar. Suasana hening banget. Mereka terus lari melintasi lapangan dan menuju kelas mereka. Bayu ngetuk pintu, tapi gak ada balasan. Diulanginya beberapa kali ngetuk pintu.

“Siapa lagi yang mengganggu?” tanya sebuah suara dari dalam. Suara itu merdu. Suara guru Fisika, yang menurut informasi yang beredar jago nyanyi sambil main alat musik. Guru Fisika ini hanya seorang wanita bertubuh dekil seperti kurang gizi, tapi otaknya jenius banget. Mungkin nomor dua di Indonesia setelah mantan Presiden B.J. Habibie.

Suara pintu terbuka, segera tubuh wanita kurang gizi itu nongol.

“Ada apa?” tanyanya.

“Maaf, Bu!” kata Bayu berusaha tenang. “Kami terlambat dan kalau Ibu mengizinkan kami akan masuk untuk mengikuti pelajaran Fisika.”

“Apa? Mau masuk? Sudah hampir setengah jam terlambat, masih mau masuk? Kenapa terlambat dan dari mana kalian, ha...?”

“Bel tidak terdengar berbunyi dan kami dari perpustakaan, Bu!”

“Perpustakaan, kan dekat kantor guru. Kenapa bel tidak kedengaran?”

“Betul, Bu. Ibu boleh tanya petugas perpustakaan.” kata Aida meyakinkan.

“Kalau salah mesti dihukum!” vonis guru yang memiliki nama Margharet itu dengan tegas.

Mereka hanya diam ngedengar perkataan Bu Margharet itu. Mereka nyadar kalo mereka emang salah.

“Ayo lari keliling lapangan sampai les Fisika habis! Dengar...!”

“Dengar, Bu!” jawab Melani.

“Kalau dengar, kenapa masih di situ? Ayo ke lapangan dan jangan berhenti sebelum pelajaran Fisika selesai!”

“Baik, Bu!” ujar mereka serentak dan segera berlari ke lapangan melaksanakan hukuman yang diberikan Bu Margharet. Pelajaran Fisika selesai dan dilanjutkan dengan pelajaran Biologi. Mereka segera menghentikan hukuman dengan perintah Bu Margharet.

Bel tanda sekolah bubaran akhirnya berbunyi. Guru Sejarah yang masuk pada les terakhir, keluar diikuti oleh seluruh siswa.

Maghdalena dan keempat sobatnya telah berada di jalan menuju pasar. Di pasar, mereka masuk ke sebuah warteg. Bayu mendekati pemilik warteg dan berbisik. Pemilik warteg menunjuk meja nomor lima yang berada di pojok. Di atas meja ada sebuah kotak kecil. Bayu ngajak sobat-sobatnya ke sana.

“Maghda, buka nih!” kata Bayu setelah mereka duduk di kursi masing-masing.

“Apa, nih?”

“Buka aja!”

Dengan penasaran, Maghdalena membuka kotak itu.

Surprice...!” teriak sobat-sobatnya serentak dan sebuah boneka magnet nimpuk jidatnya.

“Aduh, surprice-nya bikin jantung gue rontok, nih!”

“Namanya aja surprice, lo kaget, kan?”

“Banget...banget...banget...!” balas Maghdalena sambil megang dadanya.

“Ya, udah!”

“Kita mo pesan apa, nih? Mumpung lagi gratis, sikat aja! Bandar kita kan anak orang kaya. Anak dr.Alfiansyah Hermanto, dokter terkenal se-kota Hamburgas.” kata Aida.

“Sate, aja! Satenya paling enak, wuih..., lo-lo pada bakal ketagihan, deh. Gue jamin 100% dan 1800.” kata Lucky iklan kek di TV.

“Gue gado-gado aja, alergi makan kacang.” kata Melani.

“Gue pecel aja!” pinta Bayu.

“Yang lain sate?” tanya Maghdalena.

Aida ngangguk.

“Okey. Gue pecel aja.” tambah Maghdalena. “Mang, sate dua porsi, gado-gado satu dan pecel dua. Minumnya manis dingin!” pesan Maghdalena.

“Okey, fren, kita mulai konferensinya. Kita udah sepakat, kalo hari ini kita ngadain konferensi untuk mengambil beberapa keputusan yang akan dijadikan sebagai fondasi berdirinya Parlement dan dilanjutkan dengan pembicaraan mengenai ngeband yang tadi sempat terputus.” kata Bayu. “Konferensi ini kita buka  seraya berdo’a kepada Allah SWT dan secara resmi dibuka pukul 14.30 WIB.” lanjut Bayu ngetok meja tiga kali. “Melani sebagai sekretaris komisi, silakan catat poin-poin yang kita bicarakan.”

“Siap saudara ketua!” balas Melani segera mengeluarkan buku dan balpoint dari tasnya. “Saudara Ketua, gue usul yang pertama.”

“Parlement, gak boleh pacaran kepada siapa pun, baik  orang lain maupun antara sesama selama sekolah di SMA Pelita Bangsa. Singkatnya ngejomblo.”

“Gue setuju. Soalnya kalau udah nyinggung pacaran, waktu ngumpul bakal terabaikan . lama-lama Parlement bisa bubar.” sambut Maghdalena berargumen.

Mendengar argumen Maghdalena, Bayu dan Lucky hanya saling pandang. Mereka gak rela kalau masa remaja gini dijadiin ajang ngejomblo. Gak kreatif. Padahal tampang mereka cute-cute abis, cocoknya jadi playboy.

“Gimana, nih? Kok, cuma pandang-pandangan?” tanya Melani.

“Gini, Mel. Kita cuma gak yakin aja untuk ngejomblo selama tiga tahun. Kisah Kasih di Sekolah jadi suram, deh. Lagian, emang enak ngejomblo?” ungkap Bayu terang-terangan.

“Udah, deh Yu. Kalo emang ini cara satu-satunya untuk nyatuin kita, gue pikir no problem-lah. Tapi cuman selama SMA. Kalo nggak, gue cabut. Bisa-bisa jadi lajang gaek gue.”

No problem! Cuma sampai selesai SMA, tapi gue berharap Parlement gak cuman sampe segitu doang. Okey!” timpal Aida.

“Okey! Kalau udah pada setuju, gue tulis poin pertama.” kata Melani ketika ngelihat anggukan Bayu dan Lucky.

“Gue usul yang kedua, nih, Ketua!” kata Aida.

“Silakan!”

“Gini, mulai hari ini, Parlement dilarang ngonsumsi rokok, narkoba, miras dan seks bebas. Hidup bukan mo dibuat hancur tapi hidup ini indah.” kata Aida.

“Gue rasa, usul Aida gak perlu di komplain lagi dan ini mutlak.” kata Maghdalena tegas.

Melani selanjutnya nulis seperti yang diusuli Aida dan menyertakannya dengan kecaman setelah semuanya setuju.

“Okey, masalah ngeband yang bakal kita bentuk ini, sebenarnya sejauh mana keinginan kita untuk bermain band? Apa hanya sekedar tau...tau...dan tau, doang, tanpa ada yang benar-benar kita kejar?” tanya Bayu mencoba ngeyakininnya teman-temannya.

“Kalau soal itu, gue rasa jangan terlampau maju dulu, ntar aja. Wong, megang alat musik aja belum pernah. Di tahap awal ini, rencananya kan cuman buat ngumpul, biar kita sering bareng. Gue juga berpikir, Parlement juga bahkan buat ngeband semata tapi jadi kelompok belajar.”

“Itu bagus. Cuman soal ngeband, justru di tahap awal inilah kita harus bikin tolak ukur dengan harapan bisa memotivasi keinginan kita untuk lebih cepat bisa main musik. Okey, for example: suatu saat kita nanya ama diri kita sendiri, buat apa main musik, capek, buang-buang waktu, ngabisin duit? Semangat pasti kendor. Tapi kalo dari awal kita bikin tujuan, kita gak bakal kehilangan ferformance, justru tujuan itu yang bakal jadi guru bagi kita, Da.”

“Benar, lo, Yu. Gue setuju banget ama pendapat lo. Lo emang pantas jadi Ketua Parlement, soalnya lo bisa ngasih pencerahan ke kita.” dukung Lucky sambil ngangguk-ngangguk.

“Konferensi break sebentar, pesanan udah tiba. Gue lapar banget.” kata Bayu sambil melihat arlojinya. “Jam tiga. Pantas!” katanya.

Kelimanya segera nyantep makanan masing-masing. Sekali-sekali mereka suap-suapan sambil ketawa.

Banyak pasang mata yang memperhatikan mereka. Orang-orang sekeliling yang juga lagi makan di warteg itu, teringat masa muda lihat aksi anak SMA Pelita Bangsa.

Merasa jadi perhatian bukannya mereka jadi sungkan, malah tambah asyik, sehingga suara riuh pun hadir. Selesai makan mereka nerusin konferensi lagi.

“Kita lanjutin!” kata Bayu memulai. Soal nama band, Parlement Band rasanya kurang sreg di telinga. Gimana kalo The Parlement? T-H-E  P-A-R-L-E-M-E-N-T?”

“Mm..., gue setuju, biar kayak The Rock-nya Ahmad Dhani.” dukung Maghdalena. “Tapi soal impian itu, gue rasa ada benarnya juga. Demi impian banyak hal yang bisa kita perbuat. Misalnya, kita masuk kursus musik dulu di Altar Big Band selama beberapa bulan, setelah itu kita baru minta izin ke pihak sekolah untuk make band.” usul Maghdalena semangat.

“Boleh juga usul lo. Hari Minggu kita bisa ke markasnya Power Woman, milik Mbak gue.” lanjut Lucky.

“Okey, semua usul diterima. Cuma soal dana buat les musik, kita dapat dari mana?” tanya Bayu.

“Nurut gue pribadi, soal dana buat les gak perlulah minta ama orang tua dan rencana ini kita jalani secara diam-diam aja dulu. Uang saku bisa diirit dan bawa bekal ke sekolah.” Maghdalena ngusul lagi.

“Okey kalo gitu gak ada masalah ama dana, kita pakai uang saku tanpa sepengetahuan orang tua dan gue pikir Jum’at kita udah bisa ke Altar Big Band untuk nyari informasi.” kata Bayu bangkit dan mendekati pemilik warteg.

Bayu kembali ke meja dengan sebuah kotak. Di meja ia membuka kotak dan kue Ulang Tahun segera terlihat bersama lilin 16 yang segera dinyalakan oleh Bayu. Mereka nyanyi sama-sama.                                                                       

Happy birthday to you... Happy birthday to you... Happy birthday... Happy birthday...Happy birthday to you... Selamat ulang tahun...Selamat ulang tahun...

Hari ini... hari yang kau tunggu...

Bertambah satu tahun... usiamu....

Bahagialah kamu...

Yang kuberi... bukan jam dan cincin,

Bukan seikat bunga atau puisi juga kalung hati

Ma...af bukannya pelit atau gak mau

Yang modal dikit

Yang ingin aku beri padamu do’a s’tulus hati

Moga Tuhan melindungi kamu

Serta tercapai semua angan dan cita-citamu

Mudah-mudahan diberi umur panjang

Sehat selama-lamanya

Moga Tuhan melindungi kamu

Serta tercapai semua angan dan cita-citamu

Mudah-mudahan diberi umur panjang

Sehat selama-lamanya

Selamat Ulang Tahun

* * *

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler