Skip to Content

TERSANJUNG

Foto Dame Tobing

******** T E R  S A N J U N G ********
Baliho dan spanduk serta gambar gambar calon anggota legislatif bertabur sepanjang jalan protokol sampai jalan jalan ke kota kecamatan ibarat jamur dimusim hujan.Memang begitulah suasana dalam rangka pemilihan anggota yang akan duduk di kursi parlemen.Sudah tentu berbagai cara dan sikap yang dilakukan oleh mereka untuk merebut hati rakyat maupun menarik simpati,dari omongan dan raut wajah yang semula beringas.Kini turun dari mobil mewah nya  tiba tiba jadi lembut dan mengumbar senyum sampai mau merogoh kocek membayar minuman segelintir rakyat yang menggaungkan politik partai di kedai kopi yang mana sebagian mengerti tujuan dan maksud.Sebagian hanya mengharap duit yang sudah menjadi rahasia umum untuk dibagi-bagi.
                                                                                      Yah bagi rakyat sebagai masyarakat bawah dan golongan ekonomi lemah dan mereka penghuni gubuk reot tak faham yang digaungkan caleg. Yang utama duit untuk beli beras besok, dan para artis yang lenggang lenggok irama dangdut jadi hiburan gratis sejenak lupakan asap dapur yang radarada lenyap.Si caleg senyum sana senyum sini kadang mengangguk seakan beri hormat ke pa Madi yang pegang stikker dan bendera partai si caleg seraya mengacungkan tangan kelangit diiringi sorak ramai "HIIIDUUUPPPP.."katanya
                                                                                                                                 Demikian semangatnya Pa Madi,ludah dan keringat yang keluar menyatu disiang terik itu.seakan tak peduli lagi
sebab duit yang mengalir kekocek untuk menarik simpatisan si caleg sudah 50% di dia".Tanggung jawab,lho pa".., kata bu Madi saat mereka di pembaringan tua seraya menatap langit-langit kamar yang memancarkan sinar bulan dari celah atap yang bocor,dan keadaan inilah jadi motivasi Pa Madi jadi TS si caleg.
              Hari demi hari berlalu Pa Madi sibuk terus,kadang lupa makan,lupa mandi HP hampir tiap jam nempel ditelinga tak siang tak malam nyahut dan perintah jalan terus.
 Lalu si caleg hampir sama dengan Pa Madi,bedanya sicaleg naik avanza disertai rekan sebagai mitra dalam partai.Di rumahnya yang mewah, angan dan hati nya jauh melayang menggantung harapan sesuai dengan duit yang sudah bertabur sedemikian rupa.Yakin dan pasti banyak dukungan dari kecamatan A s/d kecamatan R,  desa tertinggal sudah dia singgahi.dan optimis.Disertai orasi orasi menawan dan menarik bagi telinga warga desa yang mangutmangut sambil bisikbisik tetangga"kami tak bodoh,duit nya lah... " lain sicaleg yang tak ngerti akan senyum dan sikap sirakyat masa "KINI"
dia hanya mendambakan.Kursi empuk .jabatan, fasalitas dll.terbayang dibenaknya,seperti yang sering dilihatnya di TV.
                         Hari demi hari pun berlalu. Seperti biasa dia duduk merenung seraya nonton TV sehabis nyoblos.menanti sambil dak dikduk menanti Quick Count.sebentar matanya melirik ke jam ,sebentar raih HP.sampai sore menjelang malam.suara yang terpantau dari wilayah pemilihan masih semu......dari tiap saksi  masih
belum OK.namun dia yakin pasti menang .Keraguan dan kekalahan jauh dibuang dari benaknya.Para TS kerja keras transport beres tak terkendala.apalagi pemberiannya lebih meyakinkan dari caleg lain.Sehinggga penampilannya tetap prima dan meyakinkan......
                                                                                                      Dua minggu kemudian si caleg  tak kelihatan dipermukaan ,anganya hancur harapan sirna berantakan sisa uang tinggal  separempat kwintal.Kapan ......baliknya uang gua.......ini terus yang menggema dibenaknya......tergambar satu demi satu wajah si TS Tak terkecuali.Pa Madi yang muncul tibatiba  dihadapannya,lalu dia besorak kuat."  mana kerjamu MONYONGGGG....."senyum Pa Madi mengambang dengan kumis tipis menambah ketampanan meskipun usia setengah abad......"kau bilang ratusan bisa kau jamin milih aku....."Gimana mau dibuat lagi Komandan..suasana alam yang bicara."....,Yaaa,....duit segitu banyaknya kau bawa bahkan untuk ribuan pendukung bisa,......"Apa boleh buat lagi Komandan ........situ yang miskin akulah yang kaya......kaannn."......kata Pa Madi dengan senyum gantengnya seraya melenggok ke pintu dan mengangguk beri hormat seraya menutup pintu sicaleg.....yang diam mematung..............

oleh:dame tobing.5 mei 2014.

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler