Skip to Content

Aceh

Temu Penyair Nusantara, Buku "Pasie Karam" dan 17 Buku Lainnya Diluncurkan

Temu Penyair Nusantara yang dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Barat pada hari ini, Minggu, 28 Agustus 2016, ditandai dengan peluncuran  buku Pasie Karam yang berisi karya dari 163 Penyair dari Nusantara, Malaysia, Singapura dan Rusia.

Penghuni Panti Asuhan Dilatih Menulis Sastra

Forum Aktif Menulis (FAM) yang merupakan rumah berkreasi dan belajar menulis, kini melatih para penghuni Panti Asuhan Taman Harapan Kota Langsa dalam hal menulis sastra.

SENIMAN ACEH GAGAS TUGU HAMZAH FANSURI

Musyawarah kedua untuk membicarakan rencana pembangunan Monumen atau Tugu Hamzah Fansuri dilanjutkan pada Selasa 5 Nopember 2013 di Aceh Community Center (ACC) Sultan II Selim Banda Aceh. Acara tersebut dilaksanakan oleh Forum Khasanah Raja-raja Aceh bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT).

SASTRAWAN ACEH DEKLARASIKAN HARI SASTRA

Sastrawan Aceh akan mendeklarasikan hari sastra Aceh di Auditorium Ali Hasymi, Banda Aceh, pada 11 Mei 2013. Pendeklarasian Hari Sastra Aceh dilakukan untuk melengkapi sejarah sastra Asia Tenggara yang telah dimulai oleh Hamzah Fansuri. Pada saat bersamaan akan didiskusikan pula novel Teuntra Atom karya Thayeb Loh Angen.

Raja-raja Aceh Dorong Pembangunan Tugu Sastra Asia Tenggara Hamzah Fansuri

Forum khasanah raja-raja Aceh akan mendorong Pemerintah Aceh menjadikan daerah ini sebagai negeri yang memiliki peradaban sastra kuat dan simbol ilmu pengetahuan. Raja-raja Aceh tersebut mendorong pemerintah membangun Monumen atau Tugu Sastra Asia Tenggara Hamzah Fansuri.

Hamzah Fansuri: Sufi-Penyair dari Aceh pada Abad 17

 

Hamzah Fansuri: Sufi-Penyair dari Aceh pada Abad 17
Oleh: Ahmad Yulden Erwin

Institut Sastra Hamzah Fansuri Hadir Februari 2013

Institut Sastra Hamzah Fansuri akan diluncurkan Februari 2013 di Banda Aceh. Sekolah ini  membuka empat kelas yaitu sastra, jurnalistik, photography dan public speaking.

Arisan Teater, Upaya Hidupkan Seni Peran di Aceh

Prihatin dengan makin meredupnya seni peran, Seuramoe Teater Aceh (STA) menggelar Arisan Teater Aceh dengan melibatkan sejumlah komunitas teater di provinsi itu.

Selamatkan Secarik Kebesaran Aceh

Abad ke-17 hingga ke-19 adalah masa kegemilangan tradisi literasi di Aceh. Puluhan ribu manuskrip berupa mushaf kitab suci, tasawuf, tauhid, fikih, astronomi, sejarah, seni, sastra, hingga ilmu pengobatan ditulis oleh intelektual dan ulama besar masa itu. Sayangnya, keberadaan warisan luhur masa lalu itu kini terancam punah.

Ziarah Lumpur

Oleh: Akmal M. Roem

Selamat datang, tuan-tuan dan nyonya-nyonya!
Selamat datang di kampung kami yang mulia ini
Lihatlah sekelilingmu, gedung yang indah dan megah ini

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler