Skip to Content

diskusi sastra

Estetika Sastra Indonesia Sangat Berwarna dan Kental Kearifan Lokal

Siapa bilang estetika sastra Indonesia seragam? Menurut penyair Mustafa Ismail, banyak karya sastra Indonesia yang sangat berwarna.

Mustafa lalu mencontohkan,  karya puisi dan cerpen  23 sastrawan yang masuk nominator Anugerah  Sastra Litera 2017. Mereka adalah yang karyanya pernah dimuat  di portal sastra Litera yang beralamat di litera.co.id.

HISKI Malang Diskusi Transformasi Pemakzulan Sastra

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS-PBSI), Universitas Islam Malang menjadi tuan rumah Diskusi Ilmiah Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Cabang Malang, Rabu (01/03/2017). 

Ingin Jadi Penulis Novel yang Handal? Ini Tips dan Triknya..

Tidak ada jalan pintas untuk menjadi seorang penulis karena kemampuan tersebut hanya bisa didapatkan secara bertahap dari proses kreatif yang terus menerus, ujar penulis Edi AH Iyubenu.

Upaya Melahirkan Penulis

Penetrasi budaya pop Korea di kawasan Asia tidak hanya melalui film, fesyen, dan kulinernya. Namun, belakangan Korea menunjukkan kepiawaiannya dalam bidang kesusastraan. Salah satunya ditunjukkan dengan kemunculan nama sastrawan Korea, Han Kang, dengan novel The Vegetarian, sebagai pemenang penghargaan Man Booker International Prize 2016.

Karya Sastra Lokal Minim di Perpusda

Minimnya karya sastra lokal di Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Sumenep mendapat sorotan dari sejumlah penggiat sastra. Padahal penulis sastra produktif banyak bermunculan di Kota Sumekar.

Sastra Selfie, Apa Itu?

Dunia sastra Indonesia sekarang tengah gagap karena perkembangan teknologi. Bila di media sosial muncul istilah selfie, demikian pula di dunia sastra.

Pertemuan Pengarang Membangun Kekuatan Sastra di Indonesia

Kesusateraan Indonesia belum memiliki kekuatan menghadapi berbagai tekanan sosial di sekitarnya. Sejarah membuktikan kesusasteraan dan para pengarangnya menjadi korban kesewenangan.

Di masa lalu pengarang ditindas oleh penguasa, baik politik maupun militer. Di masa sekarang, kesusasteraan berhadapan dengan kekuatan pasar dan organisasi fundamentalis.

Konsul AS Perkenalkan Indonesia Lewat Diskusi Sastra

Konsul Amerika Serikat (AS) di Medan mencoba memperkenalkan negara Indonesia lewat suatu diskusi sastra. Secara sengaja, Kedubes AS menghadirkan Esmeralda Santiago, seorang sastrawan internasional untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat Indonesia.

Ekranisasi dalam Sejarah Film Indonesia

Ekranisasi, berarti pemindahan dari suatu novel ke dalam medium film. Dalam sejarah perfilman di tanah air, ekranisasi cukup sering terjadi; mulai dari zaman film kuno Usmar Ismail tahun 1962, Anak Perawan di Sarang Penjamun yang mengadaptasi karya pengarang Sutan Takdir Alisjahbana. 

Zawawi Imron: Untuk Terkenal, Sastrawan Daerah tak Perlu ke Jakarta

Para sastrawan daerah, tidak perlu harus ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya, untuk menjadi terkenal dengan karya-karyanya. Hal itu dikemukakan penyair terkemuka asal Madura, D.Zawawi Imron, dalam diskusi bertajuk 'Sastra Daerah dan Sastrawan Daerah' di rumah adat Dulohupa, Kota Gorontalo, Selasa (22/11).

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler