Skip to Content

Hari Puisi Indonesia

Hari Puisi di Indonesia Ada Dua (28 April dan 26 Juli)

Setiap tahun kita di Indonesia memperingati dua Hari Puisi, yaitu Hari Puisi Nasional dan Hari Puisi Indonesia. Jika ditambah Hari Puisi Dunia maka ada tiga perayaan.

Puncak Perayaan HPI 2018: Puisi sebagai Renjana dan Sikap Budaya

Yayasan Hari Puisi (YHP) setiap tahun menggelar puncak perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Tahun 2018 ini, puncak perayaan HPI memasuki tahun keenam dengan tema “Puisi sebagai Renjana dan Sikap Budaya”.

Ratusan Penyair Indonesia dan Asean Hadiri Perayaan Hari Puisi di Riau

Tahun ini, perayaan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Riau kembali dirayakan dan ditukangi oleh Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS) yang dinakhodai penyair perempuan Riau, Kunni Masrohanti, 3-5 Agustus. Kali ini difokuskan di Pekanbaru dan Kampar Kiri, setelah tahun lalu difokuskan di Pekanbaru dan Siak.

Hari Puisi Indonesia Harapkan Dukungan Pemerintah

Hari Puisi Indonesia (HPI) kembali digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, sejak 1 - 4 Oktober 2017. Perayaan ini, diyakini menjadi kesempatan untuk mempererat semangat nasionalisme bangsa.

Buku Puisi Tertebal di Indonesia Diluncurkan

Panitia Hari Puisi Indonesia 2016 akan meluncurkan buku puisi tertebal di Indonesia berjudul Matahari Cinta Samudra Kata pada Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 12 Oktober 2016.

Berhimpun Menjaga Spirit Puisi

Tanggal 26 Juli 2012 telah ditetapkan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Bumi Lancang Kuning.

Pendeklarasian dibacakan langsung Presiden Penyair Indonesia, Soetardji Calzoum Bachri yang didampingi 40 penyair Indonesia dari berbagai provinsi. Sejak itu pulalah di berbagai provinsi merayakan HPI, termasuk Riau.

Puisi Masuk Sekolah di Pekanbaru Dimulai Hari Ini

Rangkaian  kegiatan Hari Puisi Indonesia (HPI) ke-4 tahun ini dimulai. Hari ini, Komunitas Seni Rumah Sunting (KSRS) bergabung dengan beberapa komunitas bakal hadir dibeberapa sekolah. Antara lain, SMA Negeri 9 Pekanbaru, SMK Labor Pekanbaru, SMA Negeri 5 Pekanbaru, SMA Negeri I Kampar Kiri Hilir, SMA Bernas Pelalawan, SMA Islamic Centre Siak dan beberapa lainnya.

Perayaan Hari Puisi Indonesia 2015 dan Spirit Kebangsaan

Semangat merayakan Hari Puisi Indonesia (HPI) di Riau oleh sejumlah komunitas seni terlihat dari serangkaian acara yang digelar. Mulai dari Salam Puisi, Sekolah Puisi, Bincang Puisi, Jagat Puisi hingga sampailah ke malam Puncak Perayaan HPI, Jumat (31/7) malam.

Antologi Puisi Terbaik , Hari Puisi Indonesia 2013

Perhelatan Pekan Hari Puisi Indonesia resmi berakhir di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Selasa (30/7/2013). Acara ini digelar sempena Hari Puisi Indonesia yang disepakati jatuh setiap 26 Juli dan dideklarasikan di Pekanbaru pada 2012 lalu.

Membangkitkan Kembali Kecintaan pada Puisi

negara di dunia ini telah memiliki hari puisi sebagai spirit kebangsaan, seperti Amerika, China,hingga Vietnam bahkan negara tetangga kita Malaysia.  Perserikatan Bangsa-Bangsa melalui UNESCO juga sudah mencanangkan, tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Puisi Dunia untuk memuliakan puisi sebagai akar budaya peradaban.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler