Skip to Content

Kajian Puisi

Puisi, Bukan Sekadar Merangkai Kata

Puisi, Bukan Sekadar Merangkai Kata

www.pikiran-rakyat.com - Dalam sebuah kesempatan di Leiden, pada tahun 1999 lalu seusai mengikuti Festival de Winternachten di Den Haag, Belanda, penyair kenamaan asal Belanda, Remco Campert mengatakan, bahwa menulis puisi bukan sekadar merangkai kata. Di dalamnya ada sejumlah pengalaman yang diekspresikan.

Mengenang Wing Kardjo

Mengenang Wing Kardjo

www.pikiran-rakyat.com - Banyak para kritikus sastra menyebutkan bahwa sajak-sajak yang ditulis oleh Wing Kardjo, baik yang terkumpul dalam Selembar Daun (Pustaka Jaya, 1974), Perumahan (Budaya Jaya, 1975), Fragmen Malam (Pustaka Jaya, 1975) maupun dalam Pohon Hayat: Sejemput Haiku (Forum Sastra Bandung, Mei 2002) bernada simbolis.

Apa Pentingnya Gaya Bahasa?

Apa Pentingnya Gaya Bahasa?

www.pikiran-rakyat.com - Mutu sebuah puisi tidak ditentukan oleh panjang dan pendeknya puisi yang ditulis, akan tetapi sangat ditentukan oleh seberapa jauh masing-masing penyair mampu mengolah bahasa, dalam menulis puisinya itu. Dengan itu, tak aneh kalau banyak kalangan yang mengatakan bahwa yang panjang itu belum tentu memuaskan. Tapi yang pendek, bisa mantap, dan segar.

Sekali Lagi, Mengolah Pengalaman

Sekali Lagi, Mengolah Pengalaman

www.pikiran-rakyat.com - Tanpa pengalaman dilanda gairah cinta yang demikian hebat dalam batinnya, penyair Rendra tentunya sangat mustahil bisa menulis sebuah puisi yang indah, yang diungkap dengan rangkaian kata-kata --yang begitu sederhana—namun sarat makna dan rasa.

Menulis Ulang Sebuah Proses Menulis Puisi

Menulis Ulang Sebuah Proses Menulis Puisi

www.pikiran-rakyat.com - Dalam menulis ulang, sang penyair harus mempunyai keberanian dalam dua hal. Pertama mencoret kalimat yang tidak perlu dalam larik-larik puisi yang ditulisnya, kedua menggantinya dengan kalimat yang tepat. Dalam konteks semacam inilah para pakar puisi pengatakan bahwa menulis puisi tidak bisa sekali jadi, selalu ada proses revisi.

Gaya Ungkap Dalam Puisi

Gaya Ungkap Dalam Puisi

www.pikiran-rakyat.com - Penyair Wing Kardjo almarhum pernah mengatakan, bahwa menulis puisi sesungguhnya tidak gampang. Apa sebab? Karena menulis puisi tidak semata-mata berurusan dengan sejumlah pengalaman yang hendak kita ekspresikan di atas kertas dengan media kata-kata, akan tetapi juga berurusan dengan bahasa ungkap.

Membaca Puisi - yang membuat jiwaku menggigil karya Last Coccaine Dark Poetry

oleh Husni Hamisi pada 14 Agustus 2011 jam 23:22

~ GIGIL ~

 

LIDAH PINJAMAN ( mantiq )

janganlah engkau meminjam lidah orang lain

& engkau akui itu lidahmu sendiri

kuasailah hartamu sendiri saja

jangan menguasai harta pinjaman

 

tanamlah pohon kapas dengan tanganmu sendiri

siramlah dengan tanganmu sendiri pula

rawatlah dengan sungguh-sungguh

lalu, tenunlah, jahitlah, & pakailah ataupun dijual

Menulislah dengan Profesional

Menulislah dengan Profesional

www.pikiran-rakyat.com - Sekalipun menulis puisi merupakan dunia rekaan, sebagaimana dikatakan Prof. Dr, A. Teeuw pengamat sastra Indonesia asal Belanda, yang banyak jasanya memperkenalkan sastra Indonesia di Belanda sana, pada kenyataannya menulis puisi bukan dimaksudkan untuk sekadar main-main. Menulis puisi, harus ada tujuan.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler