Skip to Content

Sumatera Utara

MENYINGKAP PETA KESUSASTRAAN SUMATERA UTARA

Oleh : SUYADI

 

 

“Pada batasan, Bukit Barisan.

Memandang aku ke bawah memandang;

Tampaklah hutan rimba dan ngarai;

Lagipun sawah, sungai jang permai;

TUAN BAGUNDA RAJA DAN MANUK SI NANGGUR DAWA

     Mite Tuan Raja dan Manuk Si Nanggar Dewa terdapat di Kabupaten Karo. Mite ini menggambarkan pandangan nenek moyang etnik Karo tentang penciptaan bumi, bulan, matahari, dan mata angin beserta manusia dan hantu penghuni bumi. Konon, mite ini dimulai dari dunia atas.

TERJADINYA MADO-MADO

  Mite Terjadinya Mado-Mado berasal dari Pulau Nias, baik kabupaten Nias maupun kabupaten Nias Selatan. Mite ini menceritakan kehidupan para dewa. Di dalam mite ini terdapat kepercayaan etnik Nias yang beranggapan bahwa alam dan seluruh isinya adalah ciptaan Lowalangi.

SI RAJA OMAS

Mite Si Raja Omas berasal dari Kabupaten Simalungun. Konon, pada zaman dahulu kala, ada seorang raja yang mempunyai enam orang istri. Walaupun istrinya sudah enam orang, ia belum juga mempunyai anak. Oleh karena itu, ia mengawini seorang wanita lagi dengan harapan akan mendapatkan keturunan. Pucuk dicinta ulam pun tiba.

PUTRI BURUTI SIRASO

Mite dunia dewata ini dikenal masyarakat Nias, baik yang tinggal di Kabupaten Nias maupun Kabupaten Nias Selatan. Menurut kepercayaan tradisional orang-orang Nias, pada salah satu dari sembilan lapisan langit terdapat Kerajaan Teteholi Ana’a dengan raja keturunan dewa, Bulugu Silaride Ana’a.

DEWI ARENI

Kampung Aren, salah satu desa di Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, adalah desa penghasil gula merah. Berton-ton hasil  bumi berupa gula merah dari desa itu dan desa sekitarnya, dibawa penduduknya untuk dijual ke Pematangsiantar. Sangat banyak pohon aren tumbuh di daerah ini. Kampung ini dinamakan Kampung Aren karena ada sebabnya.

ASAL-USUL ORANG BATAK

Pada mulanya, orang Batak mengenal satu dewa namanya Mulajadi Na Bolon. Mulajadi Na Bolon menciptakan seekor ayam. Ayam ini paruhnya dari besi, tajinya sebesar kepompong dari tembaga. Ayam ini bertelur, telurnya tiga tiga. Telur ayam itu lebih besar dari sang ayam.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler