Skip to Content

Swedia

Novelis Prancis Patrick Modiano Raih Nobel Sastra 2014

Novelis Prancis, Patrick Modiano, meraih Hadiah Nobel Sastra dan disebut sebagai "Marcel Proust masa ini" oleh The Swedish Academy.

Alice Munro menangkan Nobel Sastra 2013

Cerpen-cerpen pemenang Nobel Sastra 2013, Alice Munro bercerita tentang kelemahan manusia.

Seperti biasa, Akademi Swedia yang menetapkan pemenang hadiah Nobel Sastra bersikap penuh rahasia. Hingga keluar kata-kata “Kami telah Menetapkan”, tim juri hampir tidak berkomentar, menambah rasa penasaran.

 

Pertama kali cerpen

Kemiskinan Bantu Mo Yan Raih Nobel Sastra 2012

Teka-teki siapa peraih Nobel Sastra 2012 terjawab sudah dan pemenangnya adalah penulis China MoYan.

Penyair Swedia, Transtroemer, Raih Nobel Sastra 2011

Penyair Swedia Tomas Transtroemer (80) yang kerap menyuguhkan karya yang sederhana tapi berbau mistik tentang alam, sejarah dan kematian, meraih Hadiah Nobel Sastra 2011 pada Kamis (6/10/2011). Transtroemer dianugerahi hadiah bergengsi itu karena mampu menghadirkan gambaran realitas yang "tembus cahaya", ringkas dan padat.

Mungkinkah Peraih Nobel Sastra dari Indonesia?

Mungkinkah akan ada peraih Nobel di bidang sastra yang berasal dari Indonesia dalam waktu dekat ini? Mungkin saja. Peluang itu semakin besar setelah panitia Nobel di Swedia merekrut lebih banyak ahli untuk memantau karya para penulis yang menulis dalam bahasa bukan Eropa.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler