Skip to Content

DIRI DAN KEAJAIBAN BILANGAN (10)

Foto Hakimi Sarlan Rasyid

 

 

 

 

DIRI DAN KEAJAIBAN BILANGAN (10)

 

AlFatihah (Pembuka/Kunci) menjadi surat pertama. Jika ada kunci tentu harus ada pintu. Pintu yang harus dibuka. Mana pintunya? Apa pintunya? Mari kita lihat surat terakhir.

 

Surat terakhir dalam kita suci AlQuran adalah AnNas (Manusia). AnNas bernomor 114. Saya melihat ini sebagai simbol 1 kepala 1 badan 4 anggota. Jadi pintunya adalah Manusia.

 

Saya pernah mendengar kalimat “barangsiapa yang mengenal dirinya maka sungguh mengenal Rabbnya”. Dengan lambang bilangan akan ditulis  43 membuka 34.

 

Bagaimana bisa 34? Bukankah AnNas itu 114?

 

Untuk bisa memahami bagaimana 114 menjadi 34 silakan ulangi membaca serial sebelumnya. Sepintas sudah dibahas tentang basis bilangan. Nah, 114 angka terbesarnya adalah 4. Dengan demikian basis terdekatnya adalah 5. Notasinya 114_5 (satu satu empat basis lima).

 

Dengan proses (1 x 5^2) + (1 x 5^1) + (4 x 5^0) = 25 + 5 + 4 = 34. Nah, tuntas sudah, 114_5 nilai desimalnya adalah 34.

 

43 membuka 34. Kunci membuka Manusia. Konon manusia harus mengenal dirinya. Apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, bagaimana?

 

Siapakah AlFatihah?

Apakah AlFatihah?

Siapakah diri?

Apakah diri?

 

202202140908 Kotabaru Karawang

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler