Skip to Content

Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

Foto Aghni Rufaidzah
  1. 1.      Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung

1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

 

  1. Menuliskan isi siaran berita

Pola susun berita terdiri atas tiga bagian, yaitu teras berita, tubuh berita, dan ekor berita. Bentuk atau pola susunan berita adalah piramida terbalik. Perhatikan bagan disamping!

Berdasarkan bagan tersebut, bagian penting berita terletak pada teras berita yang terdiri atas enam unsure berita, yaitu 5W+1H: What (apa), Who (siapa), Why (mengapa), When (kapan), Where (dimana), dan How (bagaimana kronologinya), akronim yang biasa digunakan untuk menyebutkan unsur-unsur berita tersebut adalah asidibimega (apa,siapa,dimana,bilamana(kapan),mengapa, dan bagaimana).

Bahasa berita hendaknya mudah dicerna atau diterima masyarakat pembaca, maksudnya bahwa bahasa tersebut dapat menarik perhatian atau sensasional, hidup, dan segar. Isi berita adalah sebuah fakta, meskipun kadang-kadang disertai opini atau pendapat.

 

 

Uji Kompetensi 1.1

Kerjakan di buku latihan!

Analisislah berita dibawah ini dalam satu paragraf singkat berdasarkan unsur-unsurnya. Adakah unsur yang belum termuat? Dengan menemukan unsur-unsur berita tersebut berarti anda telah menemukan pokok-pokok beritanya.

 

          Pertemuan anggota-anggota mastera (majelis kesusastraan asia tenggara) kembali diadakan. Kali ini dalam rangka memperingati ulang tahun ke 7 berdirinya mastera.pertemuan dilaksanakan dari tanggal 26 sampai dengan 29 oktober 2003 di Jakarta, pertemuan di ikuti oleh perwakilan seluruh Negara-negara anggota.

           Dalam pertemuan tersebut, mastera membahas berbagai evaluasi dan program kedepan. Diantara program yang hendak diprioritaskan adalah memperbanyak usaha penerjemahan karya-karya sastra para penulis asia tenggara. Disamping itu, diprogramkan pula penerbitan karya-karya mereka, baik dalam bentuk cetakan maupun digital.

 

 

  1. 1.      Menuliskan isi siaran radio atau televisi

Berita atau Kabar adalah laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat (actual) yang dipilih oleh redaksi media massa untuk disiarkan kepada pembaca atau pendengar hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memahami dan mendengarkan berita, antara lain,

  1. Pemusatan perhatian (konsentrasi);
  2. Jangan menyelingi dengan pembicara;
  3. Catat hal-hal penting sekiranya perlu, terutama yang menyangkut 5W+1H;
  4. Susunlah atau rangkumlah hal-hal pokok tadi dalam beberapa kalimat yang baik atau efektif.

Rangkuman anda telah siap memberitakan kembali berita yang anda dengar kepada orang lain.

 

Uji kompetisi 3.1

Kerjakan di buku latihan!

  1. Jelaskan pengertian berita!
  2. Unsur-unsur penting apa saja yang harus termuatdalam sebuah berita?
  3. Kepanjangan apakah asidibimega?
  4. Kepanjangan apakah 5W+1H?
  5. Apakah perbedaan 5W+1H dan asidibimega?

 

Tugas 3.1

Kerjakan di buku Latihan!

  1. Kumpulkan 5 buah berita,antara lain dari surat kabar/majalah! (guntinglah).
  2. Analisislah berdasarkan unsur-unsurnya!

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler