Skip to Content

Menulis Ala Rosebrand

Foto annisa rizka roselina

Panggil saja namaku Rosebrand tapi bukan tepung beras rosebrand (yaelah malah promosi haha). Kali ini saya akan memberikan trik menulis tangan ajaib. Saya tidak punya tongkat Harry Poter tetapi saya punya hati dan pikiran untuk menulis semua tulisan. Banyak yang bilang kok kamu nggak bosen sih setiap hari menulis? ya karena saya suka menulis. Menurutku menulis adalah ketika semua orang membenciku maka disitulah ide tulisan tercipta, ketika ada orang yang mematahkan hatiku maka ku buatkan kau puisi untuk cinta yang hilang.  

Berikut ini ada beberapa trik menulis dariku untuk kalian :

Trik 1. kita harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh. 

Niat itu sangatlah penting untuk seorang penulis. Dan menulislah dari diri sendiri. Niatkan " Bismillahirahmanirahim".

" saya niat menulis karena Allah.

"Saya niat nulis bukan karena  populer tetapi agar bermanfaat untuk oranglain"

"Saya niat menulis bukan karena saya ingin kaya dan bangga ketika nanti sukses, tetapi saya menghargai sebuah proses"

Intinya niatkan dalam hati dan pikiran. Jangan pernah sekali-kali plagiat karya oranglain. Jadilah diri sendiri agar karyamu diminati oranglain.

Trik  2 . Menulislah dengan cara yang berbeda

Pejamkan matamu sejenak dan tarik napas lalu keluarkan pelan-pelan.  rasakan sekitarmu, raba lah sekitarmu pasti kau akan menemukan sisi yang lain. Jika idemu mulai buntu atau tulisanmu monoton coba deh pakai jurus yang aku kasih tadi. atau dengan cara mendengarkan lagu. akan saya beri contoh satu lagu buntuk kalian 

" Tak sengaja lewat depan rumahmu, tak sengaja lihat tenda biru dihiasi indahnya janur kuning hati bertanya pernikahan siapa.. dst"

ini contoh tulisan dari saya :

" ketika aku pergi lewat depan rumah ku melihat ada  tenda biru menghiasi depan rumahmu. hati ini bertanya pernikahan siapa itu? Padahal kemarin baru saja kau bertemu denganku tetapi mengapa kau sakiti aku?". Nanti akan ku balas dengan membawa plastik Kresek yang besar lalu aku ambil semua hidanganmu di prasmanan. dan aku akan menyumbangkan khusus lagu kandas di depanmu dan di depan istrimu. hahaha ( pengalaman kali yee haha). Menulisnya nggak ada sampai 5 menit kan? cobalah mungkin bisa digunakan .

Trik 3. Menulislah dari hatimu bukan dari pikiranmu

Menulis itu harus menggunakan pikiran bohong jika hanya menggunakan perasaan. Hmm menurutku itu kesalahan besar jika harus menggunakan pemikiran, kalau buntu mbundet mau gimana coba pasti akan sia-sia kan? Nah cara yang simple adalah posisikan perasaan hati dan pikiranmu saat ini misalnya kamu lagi jatuh cinta nah kamu harus menempatkan hatimu. 

misalnya :

Bunga ku bermekaran di kala mentari memanjaku dengan senyumanmu. 

kala mata terbuka lihatlah kau seorang pangeran dihadapanku dengan penuh senyuman.

bagian hati mana yang akan kau singgahi?

hatiku kini telah terisi penuh oleh cintamu.

( ini contoh puisi jatuh cinta)

saya beri contoh cerita tentang kesedihanku

Mataku merah menanar kala ku melihat ibu menangis dalam kamar, lalu aku bertanya pada ibu " Bu mengapa ibu menangis?" lalu ibu menjawab " Nak tadi malam ibu melihat ayahmu banting tulang untuk membiyayai sekolahmu, ibu sangat  sedih karena ayah tak pernah mengeluh sedikitpun dengan beban yang ia derita. semoga besok kau menjadi anak lelaki yang tidak melupakan jasa ibu dan bapakmu ini ya nak "

Disini kita bermain dalam perasaan. presentase dalam trik ini menggunakan 80% perasaan 20% pikiran. 

Trik 4. Melatih diri menggunakan kata atau benda di sekitar kita

Nah benda disekitar kita bisa jadi objek tulisan kita loh. dan banyak-banyak lah menggunakan berlatih atau membaca referensi buku. 

Misalnya 

Sedih :  Hatiku kini menanggung pilu ketika kau berjalan dengan dirinya.

Bunga :  Mekarlah setiap hari. harum kan dirimu agar kau mampu mewang seperti bunga mawar

Merpati : aku ingin sepeperti burung merpati, terbang tanpa henti, kian kesana kemari.

Kayu : ku lihat kau seperti kayu yang dibakar oleh api, Teringat tubuhmu menjadi abu dan tak pernah terhenti oleh deru nya angin yang kian menyapamu. 

Masih banyak lagi kata-kata yang ada di sekitar kita. Nah menulis itu mudah kan? Asalkan niat dari hati yang sungguh-sungguh, insya'allah semuanya akan di mudahkan jalanya. Terkadang kita membutuhkan ide gila untuk menjadikan sebuah tulisan yang benar-benar berbeda dari orang lain. Begitu juga dengan manusia yang dicitakan dengan sebuah kekurangan dan kelebihan. Semoga apa yang ku tuliskan kali ini bermanfaat ya. 

"Menulislah dengan liar, maka imajinasi, perasaan dan pikiran akan menjadi satu dalam gerakan tanganmu, dan jangan lupa  setiap pena yang kau lukiskan merupakan gambaran dirimu terhadap tulisanmu. "


-Annisa Rizka Roselina-


catatan ke 30 dari menulis 30 hari 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler