Skip to Content

HOPLA (Mengenang Chairil Anwar: Meretas jalan kehidupan dengan kata dan perbuatan)

 

SIAP-SEDIA
Kepada angkatanku
Tanganmu nanti tegang kaku,
Jantungmu nanti berdebar berhenti,
Tubuhmu nanti mengeras batu,
Tapi kami sederap mengganti,
Terus memahat ini Tugu,
........

Dasar-dasar Teater (3/6): Dasar Seni Penyutradaraan dalam Teater

Pada mulanya pementasan teater tidak mengenal sutradara. Pementasan teater muncul dari sekumpulan pemain yang memiliki gagasan untuk mementaskan sebuah cerita. Kemudian mereka berlatih dan memainkkannya di hadapan penonton. Sejalan dengan kebutuhan akan pementasan teater yang semakin meningkat, maka para aktor memerlukan peremajaan pemain.

SASTRA INOVASI DAN OTENTISITAS

Masalah-masalah hidup yang ditulis para sastrawan sungguh berbeda dengan para wartawan. Media sastra yang dimiliki sastrawan, mampu mengabadikan kisah-kisah kehiduan, tetap aktual sepanjang zaman. Bila media elektronik dapat menyampaikan berita yang sedang terjadi secara langsung, media cetak hanya akan dapat menyajikan setelah berlangsung atau akan berlangsung.

Teungku FachroeHOPLA (Mengenang ...ombiDASAR-DASAR BERMAIN DRAMA
rahadianDasar-dasar Teater ...ombiSASTRA INOVASI DAN ...

Kritik

Puisi semakin Asing

 

    Seiring berkembangnya jaman, Beberapa karya sastra semakin lama semakin hanyut ditenggelamkan. Contoh nya Puisi yang mengandung makna-makna yang mendalam, sekaligus menjadikan pecintanya pemikir untuk memahami setiap narasi dan diksi di dalamnya.

 

KETAJAMAN INTUISI HUDAN HIDAYAT

KETAJAMAN INTUISI HUDAN HIDAYAT Hudan Hidayat

(sebuah catatan kecil atas Kata Pengantar

 

 

AWAL

 

Dua Kisah Laut

 

MEMETIK CAHAYA PUISI-PUISI HAFNEY MAULANA

Oleh Narudin

“Merahasiakan diri memang salah satu cara bagi puisi mengungkapkan diri.”
—Hartojo Andangdjaja, 1982

Dimensi Negara yang Hilang

Ditengah kecenderungan fragmentasi pengetahuan dan spesialisasi ilmu, sintesis  semacam ini memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi setelah runtuhnya komunisme dalam kronologi sejarah dunia ketika maraknya liberalisme orang terus bergerak untuk kembali melihat sejarah sebagai  sebuah proses perubahan besar yang menyeret nasib manusia.

MAHASISWA IDEAL (IS) ME

 

Pemuda adalah harapan bangsa, pemuda punya peranan untuk menentukan arah sebuah bangsa dan negara. Maju atau mundurnya suatu negara adalah karena peran pemudanya. Karena pemudalah jiwa-jiwa lantang penyuara kebenaran dan kesejahteraan tanpa adanya pretense berebut kekuasaan.

Gejolak Batin dalam Puisi

Gejolak Batin dalam Puisi

Oleh: Dwi Agung Prakoso

 

 

 

 

Kritik Sastra cerpen Rumah yang Terbakar karya Kunto Wijoyo

Laila Lova

 

Menulis kritik sastra

 

 

CERPEN RUMAH YANG TERBAKAR

Oleh Kuntowijoyo

 “Hati yang Buta”

Puisi yang Njlimet

Puisi adalah hasil kebudayaan yang dianggap sebagai fakta sejarah akan kemanusiaan. "Literature is an expression of sicoety". Caute mengungkapkan bahwa realitas yang digambarkan dalam karya sastra (termasuk puisi) ditentukan oleh pikiran penulisnya. Realitas yang digambarkan bukanlah apa adanya, tetapi realitas yang diidealkan oleh pengarang.

WANITA DALAM PERSEPSI LINUS SURYADI AG

WANITA DALAM PERSEPSI LINUS SURYADI AG Oleh: Sri Wintala Achmad

 

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler