Skip to Content

Philip Roth Menangi Man Booker Prize

Foto Hikmat

Novelis Amerika Serikat, Philip Roth, dinyatakan sebagai pemenang Man Booker International Prize pada Rabu, 18 Mei 2011. Dia berhasil mengalahkan 12 calon pemenang lain untuk penghargaan sastra bergengsi dunia yang diberikan dua tahun sekali itu.

"Selama lebih dari 50 tahun buku-buku Philip Roth telah merangsang, memprovokasi, dan menghibur orang banyak," kata ketua dewan juri Rick Gekoski saat mengumumkannya di Sydney, Australia.

"Imajinasinya tidak hanya menyusun kembali gagasan kita tentang identitas Yahudi, ia juga menghidupkan fiksi, dan bukan hanya fiksi Amerika, tapi fiksi secara umum."

Roth adalah raksasa sastra dan salah satu pengarang internasional yang paling produktif dan dirayakan. Dia terkenal lewat novel "Portnoy's Complaint" (1969), dan triloginya di era 1990-an yang terdiri dari "Pastoral" (1997), pemenang hadiah Pulitzer, "I Married a Communist" (1998), dan "The Human Stain" (2000).

Roth adalah penulis Amerika yang masih hidup yang paling banyak mendapat anugerah, dengan memenangi National Book Award pada usia 26 tahun untuk buku pertamanya, "Goodbye, Columbus" pada 1960 dan pada 1995 untuk "Sabbath's Theater".

Dia memenangkan dua penghargaan National Book Critics Circle dan tiga penghargaan PEN/Faulkner. Pada tahun 2001 ia dianugerahi medali emas untuk fiksi oleh The American Academy of Arts and Letters.

Buku terbarunya, "Nemesis", diterbitkan pada 2010.

(Iwank | AFP/TEMPO Interaktif)


Sumber: TEMPOinteraktif.com, Rabu, 18 Mei 2011 17:25 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler