Skip to Content

HOPLA (Mengenang Chairil Anwar: Meretas jalan kehidupan dengan kata dan perbuatan)

 

SIAP-SEDIA
Kepada angkatanku
Tanganmu nanti tegang kaku,
Jantungmu nanti berdebar berhenti,
Tubuhmu nanti mengeras batu,
Tapi kami sederap mengganti,
Terus memahat ini Tugu,
........

Dasar-dasar Teater (3/6): Dasar Seni Penyutradaraan dalam Teater

Pada mulanya pementasan teater tidak mengenal sutradara. Pementasan teater muncul dari sekumpulan pemain yang memiliki gagasan untuk mementaskan sebuah cerita. Kemudian mereka berlatih dan memainkkannya di hadapan penonton. Sejalan dengan kebutuhan akan pementasan teater yang semakin meningkat, maka para aktor memerlukan peremajaan pemain.

SASTRA INOVASI DAN OTENTISITAS

Masalah-masalah hidup yang ditulis para sastrawan sungguh berbeda dengan para wartawan. Media sastra yang dimiliki sastrawan, mampu mengabadikan kisah-kisah kehiduan, tetap aktual sepanjang zaman. Bila media elektronik dapat menyampaikan berita yang sedang terjadi secara langsung, media cetak hanya akan dapat menyajikan setelah berlangsung atau akan berlangsung.

Teungku FachroeHOPLA (Mengenang ...ombiDASAR-DASAR BERMAIN DRAMA
rahadianDasar-dasar Teater ...ombiSASTRA INOVASI DAN ...

Pokok dan Tokoh

HOPLA (Mengenang Chairil Anwar: Meretas jalan kehidupan dengan kata dan perbuatan)

 

SIAP-SEDIA
Kepada angkatanku
Tanganmu nanti tegang kaku,
Jantungmu nanti berdebar berhenti,
Tubuhmu nanti mengeras batu,
Tapi kami sederap mengganti,
Terus memahat ini Tugu,
........

Mengenal Sosok Hamzah Sutisna

 

Hamzah Sutisna atau biasa di sapa Hamzun atau Atam Aleida, Lahir di Lebak. Seorang Content Writer yang bercita-cita menjadi Penulis dan Pendidik. Lulusan STIT Islamic Village-Tangerang, Aktif di beberapa organisasi seperti BEM Kampus dan organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tangerang.

KEKELIRUAN RUMI?

KESALAHAN RUMI MEMAHAMI KATA ISLAM MENJADIKAN IA MEMBUAT PERNYATAAN BAHWA IA BUKAN ISLAM. ORANG -TERMASUK RUMI- SUDAH KADUNG MEMAKNAI KATA ISLAM SEBAGAI BENTUK SEBUAH AGAMA.

Mulanya Penyair Taufiq Ismail Mencintai Sastra

Penyair Taufiq Ismail menuturkan pengalamannya, awal persentuhan dengan dunia sastra

Usianya tak lagi muda, 83 tahun. Namun, kondisi fisik penyair senior Indonesia ini masih tampak prima. Taufiq Ismail menerima Republika.co.id dengan ramah di kediamannya, Jalan Utan Kayu Raya Nomor 66, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Profil Penyair Muda Dimas Indiana Senja

Dimas Indianto S, S.Pd.I., M.Pd.I. atau yang lebih dikenal dengan nama Dimas Indiana Senja (lahir di Brebes, Jawa Tengah, 20 Desember 1990; umur 27 tahun) adalah sastrawan berkebangsaan Indonesia.

sajak pelopor angkatan 45

Daftar Singkatan: DCD= Deru Campur Debu

KT = Kerikil Tajam dan Yang Terampas dan yang Putus

NA= Naskah Asli

P= Chairil Anwar Pelopor Angkatan 45

TMT = Tiga Menguak Takdir

 

1942

karya sastra tiap angkatan

A.Karya Sastra Angkatan ’20-an atau Angkatan Balai Pustaka             Disebut Angkatan Dua Puluhan karena novel yang pertama kali terbitadalah novel Azab dan Sengsara yang diterbitkan pada tahun 1921 oleh Merari siregar.

sastrawan angkatan 1966

PARA PENGARANG DAN PENYAIR ANGKATAN ’66 :

Mengenang Sitor, Menerjemahkan Sang Penyair

Penulis: Anton Kurnia

 

Banyak sastrawan Indonesia terpaksa mengungsi ke luar negeri karena persoalan politik di masa lalu. Sebagian dari mereka tak kunjung bisa kembali dan terpaksa mati sebagai manusia eksil.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler