Skip to Content

Falasido 2012, Bahasakan Imajinasimu

Foto indra
files/user/762/falasido-2012.jpg
Festival Bulan Bahasa Indonesia (Falasido) 2012.

Dalam rangka menutup Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober ini, Ikatan keluarga Sastra Indonesia (IKSI) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menggelar Festival Bulan Bahasa Indonesia (Falasido) 2012. Dari tanggal 29-30 Oktober, Falasido 2012 akan menggelar kegiatan yang bertemakan "Bahasakan Imajinasimu" untuk mengangkat eksistensi dongeng sebagai warisan budaya bangsa dan membudayakan dongeng di tengah kehidupan masyarakat.

Menurut laman resmi Falasido 2012, keberadaan dongeng mulai dilupakan oleh masyarakat. Padahal, dongeng mengandung kearifan lokal bangsa.

Selain itu, dongeng menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan suatu imajinasi atau pesan melalui bahasa. Melalui dongeng, masa kanak-kanak dapat menjadi sarana yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif untuk mendukung tumbuh kembang anak di tengah kebiasaan menonton televisi dan bermain game.

Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan dongeng digelar, seperti lomba mendongeng untuk anak, lomba mendongeng untuk warga negara asing, lomba menulis dongeng, lomba musikalisasi puisi, dan kuis super kata.

Selain itu, Falasido 2012 juga menggelar Seminar Sastra Anak yang menghadirkan pendongeng Heru Prakoso,
Guru Besar Sastra dan pemerhati dunia anak Riris K. Toha-Sarumpaet, serta psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana K. Hadiwidjojo.

Sementara itu, di acara puncak, Falasido 2012 akan mempersembahkan penampilan Teater Pagupon yang akan membawakan drama "Mati Suri di Jakarta" serta penampilan grup musikalisasi puisi Sasina.

Tertarik?

Segera sambangi Kampus FIB UI Depok siang ini dan besok.


edukasi.kompas.com, Senin, 29 Oktober 2012 14:12 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler