Skip to Content

Festival Drama Tingkat SLTA Deli Serdang

Foto Hikmat
files/user/4/festival-drama-sla-deli-serdang.jpg
Festival drama yang diikuti siswa SLTA se-Kabupaten Deli Serdang. (Foto: Tribun Medan/Irfan Azmi Silalahi)

Seni Drama Sebagai Sebagai Penyampai Pesan

Festival drama bertema wawasan kebangkasaan tingkat SLTA se-Kabupaten Deli Serdang yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa (BKB) Deli Serdang  yang berlangsung di aula Akper Medistra,Sabtu (2/7) lalu cukup menarik antusias para tamu udangan.

Festival drama mementaskan naskah drama berjudul Rampak dan Rinten yang ditulis bersama oleh Idris Siregar, M Raudah Jambak dan M Yunus Rangkuti.

Kepala BKB Deli Serdang Drs H Eddy Azwar menyatakan, bahwa salah satu tugas pokok dan fungsi BKB adalah membantu kepala daerah dalam memberikan pembinaan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Sementara Ketua Panitian Pelaksanaan Festival Drama Heady Habeahan kepada tribun-medan.com, Senin (4/7/2011) mengemukakan, kemejemukan agama, suku, bahasa seharusnya nilai-nilai wawasan kebangsaan harus terus menerus ditumbuhkembangkan kesemua elemen masyarakat termasuk pada pelajar.

"Hal ini dapat dilakukan melalui seni budaya khususnya seni drama, sebagai seni kolektif yang memiliki satu tujuan bagaimana pertunjukkan dapat berjalan dengan lancar dan pesan yang akan disampaikan kepada penonton sampai secara maksimal," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa festival yang digelar tersebut diselenggarakan juga bertepatan dengan suasana HUT ke-65 Kabupaten Deli Serdang yang jatuh pada 1 Juli 2011. Untuk diketahui, festival serupa juga digelar menyemarakkan hari jadi Kota Medan.

 

Belum Maksimal

Juri festival drama bertema wawasan kebangsaan tingkat SLTA se-Kabupaten Deli Serdang Idris Siregar mengemukakan penampilan perserta yang mengikuti festival kurang maksimal. Menurutnya, perserta harus diasah terus untuk mengembangkan potensi mereka dibidang teater.

"Tapi meski masih ada kekurangan dalam bidang lakon dan karakter pementasan, saya dan beberapa tim juri cukup antusias bahwa teaterikan sudah mulai berkembang di daerah sana. Mudah-mudahan kedepan kita bisa buat event serupa dengan skup yang lebih besar," ujarnya kepada tribun-medan.com di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU),Senin (4/7/2011).

Festival yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa (BKB) Kabupaten Deli Serdang berhasil dimenangkan beberapa sekolah diantaranya juara pertama disabet oleh SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, pemenang kedua SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, pemenang ketiga SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, pemenang harapan 1 SMA Harapan Bangsa Tanjung Morawa dan pemenang harapan ke dua SMA Negeri 1 Galang. (TRIBUN NEWS)


Sumber: TribunNews.com, Senin, 4 Juli 2011

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler