Skip to Content

Jadwal Lengkap Makassar International Writer Festival (MIWF) 2011

Foto Hikmat

Sekelompok seniman muda dan belia Makassar,  sejak enam bulan lalu menggagas event sastra kualifikasi dunia. Mereka yang bernaung di bawa bendera RumaTa' Art Space ini menggelar event keduanya tahun 2011 ini, Makassar International Writer Festival (MIWF) 2011.

Venue acara ini lebih banyak di Makassar, meski dalam brosurnya mereka menulis Makassar-Galesong-Barrang Lompo. Acara pun lebih banyak digelar di Museum Kota Makassar, Jl Balaikota, Makassar, Sulsel.

Memilih tema, Celebrating The World of The Words With The Locals, para sastrawan dan seniman muda ini coba "mengolah karya-karya sastra yang berkelas dunia, dengan tetap mengusung sentimen budaya dan nilai lokal.

Berikut ini jadwal lengkap event tersebut.

 

13 Juni 2011
09.00 - 12.00  Sastra di Udara - kerjasama dengan stasiun radio lokal untuk mengadakan pembacaan karya sastra secara live, menandai dibukanya Makassar International Writers Festival (Radio Suara Celebes, Radio Prambors, Radio Madama, Radio Mercurius).
Menghadirkan: Shinta Febriany, Hamran Sunu, Hendra GST, Erni Aladjai.
* Live on Air

 

14 Juni 2011
08.00 - 14.00  Tur ke Galesong untuk mengadakan pembacaan karya dan diskusi dengan warga bersama Ikatan Sarjana Kelautan ISLA-Unhas.
Menghadirkan seluruh penulis undangan: Shinta Febriany, Hamran Sunu, Hendra GST, Erni Aladjai, Gunduz Vasaaf, Maaza Mengiste, Abeer Soliman, Rodaan Al Galidi.
* Kapasitas tur 25 peserta, tempat terbatas, hubungi: eventrumata@gmail.com

16.00 - 18.00  Kuliah Umum dan Pemutaran Film "The Making of I La Galigo" menghadirkan Ibu Restu I Kusumaningrum (Produser I La Galigo)  bertempat di Museum Kota Makassar.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

19.00 -22.00  Malam Pembukaan dengan pemutaran film pendek Tribute to Muhammad Salim (Penerjemah naskah klasik I La Galigo) yang dipersembahkan oleh Harian Kompas. Menghadirkan penyair Sapardi Djoko Damono dan Penulis Undangan Unlimited Writers, bertempat Restoran Ballairate Hotel Pantai Gapura Makassar.
* Terbatas untuk undangan

 

15 Juni 2011
09.00 - 14.00  Tur Penulis ke Pulau Barranglompo untuk menghadiri "Observasi dan Dialog dengan Warga" dilanjutkan dengan diskusi penulis dengan tema "Mengisahkan Kebenaran: Sebuah Pengalaman Diri"
Menghadirkan seluruh penulis undangan: Shinta Febriany, Hamran Sunu, Hendra GST, Erni Aladjai, Gunduz Vasaaf, Maaza Mengiste, Abeer Soliman, Rodaan Al Galidi.
* Kapasitas tur 25 peserta, tempat terbatas, hubungi: eventrumata@gmail.com

15.00 - 16.00  Workshop terbatas: Adaptasi Karya Sastra ke Sinema bersama Riri Riza, Hotel Santika Makassar.
* Biaya pendaftaran Rp100.000 umum/Rp75.000 mahasiswa

16.00 - 17.00  Program Komunitas: Menulis Membuka Jalan bersama Ryana Mustamin, Khrisna Pabichara, Fauzan Mukrim bertempat di Museum Kota Makassar.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

19.00 - 22.00  Program Komunitas: Pembacaan Karya Penulis Manca Negara dilanjutkan dengan Debat Terbuka "Penyair vs Politisi" bertempat di Museum Kota Makassar.
Menghadirkan seluruh penulis undangan: Shinta Febriany, Hamran Sunu, Hendra GST, Erni Aladjai, Gunduz Vasaaf, Maaza Mengiste, Abeer Soliman, Rodaan Al Galidi.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

 

16 Juni 2011
13.00 - 14.30  Children's Book Corner bersama Forum Lingkar Pena Sulsel dan Wendy Miller - Judith Uyterlinde bertempat di Museum Kota Makassar.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

14.30 - 16.30  Menulis di Era Media Baru, Dari Blogger ke Best Seller bersama Abeer Soliman (Mesir) - Meeza Mangaste (Ethiopia/USA) - Trinity (Indonesia) bertempat di Museum Kota Makassar.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

16.30 - 18.00  Peluncuran Buku "The Naked Traveler #3" bersama Trinity bertempat di Museum Kota Makassar.
* Gratis dan Terbuka untuk umum

19.00 - 21.00  Resto Djuku, Rumata' Artspace and Writers Unlimited present: The United Nations of Fish A Fundraising Dinner featuring Janet deNeefe and Writers Unlimited's Writers.
Penampilan Khusus Aisha, Si Koki Cilik,  Musik  oleh Sese Lawing dan para penulis undangan. (*Harga tiket The United Nations of Fish Rp200.000 dapat dibeli di Djuku atau pesan melalui eventrumata@gmail.com.
** Seluruh keuntungan disalurkan untuk pembangunan Rumata'

 

17 Juni 2011
08.00 - 10.00  Sastra di Udara - kerjasama dengan stasiun radio lokal untuk mengadakan pembacaan karya sastra secara live, untuk menandai berakhirnya Makassar International Writers Festival (Radio Suara Celebes, Radio Prambors, Radio Madama, Radio Mercurius).
Featuring all participating writers: Shinta Febriany, Hamran Sunu, Hendra GST, Erni Aladjai, Gunduz Vasaaf, Maaza Mengiste, Abeer Soliman, Rodaan Al Galidi.

 

Informasi selengkapnya lihat di: www.rumata-artspace.org
Ikuti di Twitter: www.twitter.com/RumataArtspace
Facebook: www.facebook.com/RumataArtspace

* Untuk berpartisipasi hubungi eventrumata@gmail.com atau kontak Ita Ibnu: itaibnu@gmail.com / HP: 0811469466.
* Alamat Museum Kota Makassar: Jl. Balaikota No. 11 A Makassar, Sulawesi Selatan.
** Program dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Sumber: TribunNews.com, Senin, 13 Juni 2011 11:47 WITA

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler