Skip to Content

Keadilan Gender Terhadap Perempuan

Foto Salma Mukadar Sastra
files/user/8859/IMG_20200505_145507.jpg
IMG_20200505_145507.jpg

Keadilan gender sebagai isu riil dimasyarakat tidak bisa di tolak.

___

     Berbicara mengenai gender, kita harus tau bahwa gender adalah serangkaian perilaku, peran antara laki-laki dan perempuan yang harus di kontruksikan dalam sosial kemasyarakatan. 

 

Kita kaji dalam peran perempuan untuk bagaimana memperjuangkan hak-haknya;

  1. Banyak pemikiran yang berfikir bahwa perempuan hanya dapat mengatasi atau mengurus urusan domestic saja. Bahkan sampai  pada meremehkan atau menjatuhkan peran perempuan dalam dunia berpolitik.

 

Kaum perempuan harus adanya emansipasi guna untuk menuntut hak atas laki-laki yang di mana perempuan tidak hanya mengurus urusan domestik, tetapi juga bisa mengurus urusan politik. Hal ini telah kita lihat bahwa sudah ada banyaknya perempuan yang mampu bersaing dengan kecerdasan yang dia miliki.

 

 

  1. Kasus kekerasan selalu saja identik dengan perempuan, bahkan setiap tahun kasus kekerasan terhadap perempuan mengalami peningkatan. Yakni kekerasan dalam keluarga, kekerasan

terhadap pacar, pemerkosaan serta pelecehan seksual.

 

Untuk mengurangi atau menghapus diskriminasi perempuan tersebut, perlu adanya kesetaraan gender agar menjamin keadilan yang setara serta adanya hak perlindungan terhadap perempuan.

 

“ Ketidaksetaraan gender dapat memicu banyak hal yang akan terjadi di dalam lingkungan kita sendiri, baik dalam persaingan pendidikan hingga pada tingkat kekerasan.

Agar tidak adanya pemikiran bahwa kesetaraan gender melenceng pada kesalahan-kesalahan fatal atau ketidakhormatan perempuan  pada laki-laki, maka harus adanya perubahan pola pikir untuk mengkaji gender itu sendiri”.


[Salma Mukadar]

Sekertaris Kopri Cabang Maluku Tengah

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler