Skip to Content

Buku Puisi Tertebal di Indonesia Diluncurkan

Foto Hikmat
files/user/4/rida-k-liamsi.jpg
Rida K Liamsi

Panitia Hari Puisi Indonesia 2016 akan meluncurkan buku puisi tertebal di Indonesia berjudul Matahari Cinta Samudra Kata pada Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 12 Oktober 2016.

Antologi puisi yang disusun penyair Rida K Liamsi itu tebalnya 2016 halaman dan memuat karya dari 216 penyair dari berbagai daerah di Indonesia. “Penyair tertua yang puisinya ikut di antologi ini 80 tahun sementara yang termuda 14 tahun,” kata Rida yang juga insiator sekaligus salah seorang deklarator Hari Puisi Indonesia.

Menurut Rida, tebal buku 2016 halaman itu menandakan HPI tahun 2016. “Itu belum termasuk halaman i,” ujarnya lagi.

Penerbitan buku itu untuk menandakan puncak Hari Puisi Indonesia yang diadakan pada 11-12 Oktober 2016 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Selain buku itu, panitia juga menerbitkan puisi-puisi yang muncul di rubrik puisi Harian Indopos. Seperti diketahui, Indopos adalah sponsor utama kegiatan ini.

Ketua Panitia Asrizal Nur berharap para penyair yang puisinya dimuat bisa hadir di acara HPI. “Bagi penyair yang puisinya dimuat dan datang pada peluncuran akan mendapatkan dua buku,” ujar Asrizal.

Adapun penyair yang tidak hadir akan mendapat satu buku.  Panitia juga mengharapkan para sastrawan, seniman dan peminat sastra turut memeriahkan acara ini. Bagi yang memerlukan undangan, untuk keperluan izin dari kantor, sekolah, dan lainnya bisa menghubungi Asrizal Nur dan Sekretaris Panitia HPI 2016 Mustafa Ismail atau lewat Facebok Hari Puisi 2016.

Sekretaris Panitia HPI Mustafa Ismail menambahkan panitia sedang merampungkan mengirim undangan satu persatu ke para penyair. “Kami memprioritaskan mengirimkan duluan untuk penyair luar Jakarta agar bisa bersiap lebih awal untuk hadir. Penyair Jakarta dan sekitarnya menyusul,” ujar MI, begitu ia disapa.

Selain buku puisi, Puncak HPI 2016 akan ditandai dengan pemberian Anugerah Hari Puisi Indonesia 2016 kepada satu penyair pemilik buku kumpulan puisi terbaik dan lima buku puisi pilihan. Total hadiahnya Rp100 juta.

Hingga akhir pekan lalu, sudah ada 123 judul buku puisi yang masuk. “Namun ada beberapa yang tidak cukup syarat, misalnya hanya mengirimkan satu eksemplar buku puisi. Padahal harusnya kan lima. Tapi mereka sudah dikabari agar melengkapi syaratnya,” kata Nel Sukini, Koordinator Sayembara Buku Puisi HPI 2016.

Ketua Yayasan Hari Puisi Maman S Mahayana menambahkan bahwa puncak Hari Puisi Indonesia 2016 ini juga akan diisi dengan panggung apresiasi puisi, dikusi, pidato kebudayaan, pembacaan puisi oleh para pejabat negara, duta besar, dan tokoh masyarakat. “Pak Jusuf Kalla juga dijadwalkan untuk membaca puisi. Kami terus berkomunikasi dengan pihak Sekretariat Wakil Presiden,” ujar Maman.


Sumber: riaupos.co, Selasa, 27 September 2016 09:51 WIB

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler