Skip to Content

UPS di IDC-Duren Tiga Meledak, Jendela Sastra Terkena Imbas

Foto Hikmat

Sejak Minggu (12/8) malam, sekitar pukul 19:30 WIB berbagai situs di Indonesia tidak bisa diakses. Hal ini terjadi karena adanya ledakan dan kebakaran UPS (Uninterruptible Power Supply) di Indonesia Data Centre (IDC) Duren Tiga Jakarta. IDC Duren Tiga merupakan salah satu datacenter (pusat data) di Indonesia, yang paling besar menampung server milik perusahaan yang memiliki situs web.

Jendelasastra.com, serta berbagai situs besar Indonesia seperti detik.com, republika.co.id, okezone.com, sindonews.com, kapanlagi.com, vemale.com, blogdetik.com, idblognetwork.com, mytrans.com, dan lainnya tidak bisa diakses. Namun demikian, beberapa laman berita tidak terkena imbas kebakaran dan masih bisa diakses antara lain antaranews.com, kompas.com, viva.co.id, dan metrotvnews.com, karena memang tidak memiliki hosting di IDC Duren Tiga.

Hal ini sontak membuat jutaan visitor yang berniat dan biasa berkunjung ke situs favorit yang kebetulan menggunakan server dari datacenter IDC Duren Tiga tidak bisa mengakses dan mendapat berita terkini.

Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi offline dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia. Namun beruntung, kebakaran tidak mencapai lokasi datacenter yang dapat berakibat fatal bagi jaringan internet di Indonesia.

Sejak Senin (13/8) siang, berbagai situs, termasuk jendelasastra.com, berangsur-angsur bisa diakses kembali. Namun sampai berita ini dibuat (14/8), beberapa situs belum bisa diakses karena mengalami kerusakan data akibat catu daya yang tiba-tiba mati. Jendelasastra.com juga sempat mengalami offline kembali pada Senin malam sampai Selasa siang tadi, namun kini sudah kembali online.


(dari berbagai sumber)

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler