Skip to Content

Antologi Puisi Terbaik , Hari Puisi Indonesia 2013

Foto Berita Sastra Nusantara

Perhelatan Pekan Hari Puisi Indonesia resmi berakhir di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Selasa (30/7/2013). Acara ini digelar sempena Hari Puisi Indonesia yang disepakati jatuh setiap 26 Juli dan dideklarasikan di Pekanbaru pada 2012 lalu.

Nama-nama pememang lomba dan sayembara pun diumumkan. Pemenang buku kumpulan puisi terbaik diraih Acep Zamzam Noor dengan judul Bagian dari Kegembiraan. Penyair kelahiran Tasikmalaya 28 Februari 1960 itu menyingkirkan 129 peserta yang ikut berpartisipasi sayembara buku kumpulan puisi. Ia berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp50 juta dari Indopos (JPNN).

Meski ada beberapa pertanyaan yang tidak terjawab dari kemenangan Acep tersebut. Selain waktu penilaian yang dinilai oleh banyak pihak sangat singkat, juga banyaknya karya yang masuk tidak memungkinkan dewan juri membaca dengan tartil dan benar.

Mulai perlombaan sayembara buku kumpulan puisi, kritik buku sastra, lomba baca puisi se-Indonesia, renungan dan doa Milad Hari Puisi I. Kemudian seminar hingga tadarus puisi. Puncaknya malam anugerah Hari Puisi Indonesia di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, malam tadi.

Turut hadir, di antaranya Bupati Siak Syamsuar, Chairman Riau Pos Group yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Sagang Rida K Liamsi, Ketua Dewan Kesenian Riau (DKR) Kazzaini Ks, Group Head Editor Riau Pos Raja Isyam Azwar, Pemimpin Redaksi Indopos Don Kardono dan Ketua DPRD Balikpapan, HA Burhanuddin Solong.

Pada malam anugerah yang berlangsung meriah tersebut menampilkan tontonan yang menarik untuk disimak. Seperti, pemutaran film sejarah Hari Puisi Indonesia, pidato kebudayaan oleh Sutardji Calzoum Bachri, musikalisasi puisi dari Sanggar Mathari, Sanggar    Semenanjung, launching halaman hari puisi Indopos dan website Hari Puisi Indonesia, prosesi anugerah Hari Puisi Indonesia oleh Sanggar Ayodya Palah serta hibah 1.000 buku sastra.

Juga tak ketinggalan para pejabat dari Provinsi Riau dan daerah lainnya ikut tampil membacakan puisi yakni Bupati Siak Drs H Syamsuar, Ketua DPRD Balikpapan HA Burhanuddin Solong.

Kemudiaan dari penyair Indonesia yaitu Rida K Liamsi, Sutardji Calzoum Bachri, Leon Agusta, Abdul Hadi WM, KH Zawawi Imron, Agus R Sarjono, Asrizal Nur, Jamal D Rachman, Fatin Hamama, dan Admadun Y Harfanda.

Untuk diketahui, perayaaan Hari Puisi Indonesia tidak hanya dirayakan di Jakarta, namun juga di 10 kota lainnya, seperti Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Banten, Jawa Barat, Jogjakarta dan Bali.

Selain pemenang buku kumpulan puisi terbaik yang diraih Acep Zamzam Noor, juga diumumkan 4 pemenang untuk buku kumpulan puisi pilihan, yaitu Hanna Fransiska dengan judul Benih Kayu Dewa Dapur, Marhalim Zaini dengan judul buku Jangan Kutuk Aku Jadi Melayu, Ulfatin CH dengan judul Kata Hujan dan Iverdixon Tinungki dengan judul Klikitong. Mereka masing-masing berhak hadiah sebesar Rp10 juta dari Indopos.


Sumber: Wikipedia, atjehtoday.com, tamanismailmarzuki.co.id

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler