Skip to Content

racun dunia

Foto musthohar

RACUN DUNIA

 

Babak 1

(Lagu racun dunia, bercakap-cakap, bercakap-cakap, lagu cari jodoh)

Bokir : Halo….Bossss…

Joko : Si Bossss lagi marah ya…..?

Bos Parman : Berisik….!

Joko : Siapa yang berisik…?

Bokir : Iya siapa yang berisik…!

Joko : Oh….aku tahu Kir..! siapa yang berisik.

Bos Parman : Bisa diam nggak sih?

Joko : (membisik Bokir) yang berisik itu penonton!

Bokir : Hai penonton jangan berisik donk! gak tahu apa Si bos lagi marah.

Bos Parman :Yang berisik itu bukan penonton, tapi kalian berdua, dasar mulut ember, disuruh diam malah lower, mau tak jewer?

Bokir : Wuh…! Si Bos sekarang galak banget.

Joko : Ada apa sih Bos?

Bos Parman : Kalian tahu nggak?

Bokir : Aku tahu…Si bos pasti lagi….!

Joko : Lagi nggak punya uang?

Bos parman : (melempar uang) dasar…!

Bokir : Si bos lagi banyak uang, terus uangnya dilempar-lempar!

Bos Parman : (sambil melempar sandal) Diam…..! Joko…..!

Joko : Ya bos…..

Bos Parman : (Sambil menunjuk bahu) Pijet….! Sini uangnya !

Bokir : Ada apa si Bosss? Kelihatannya kesal banget?

Bos Parman : Aku pingin nikah.

Joko : Apa? Pingin nikah

Joko & Bokir : (tertawa) ha…ha…ha….

Bokir : (lagu Cari jodoh)………………..

Bos Parman : Sekarang kita cari minum dulu ….!

 

Babak 2

( Bokir, Joko, bos Parman keluar. Lastri, Agus masuk)

Agus : Las…las…..Lastri….! tunggu aku donk Las?

Lastri : Ada apa sih Gus ?

Agus : (lagu Ridlo Roma )

Lastri : Maaf ya Gus! Aku harus pulang…! Sekarang sudah sore.

Agus : Aku anter ya ?

Lastri : Apa nggak ngerepotin!

Agus : Nggak.! rumah kita kan satu jalur !

Lastri : Ya sudah kalau gitu.

 

Babak 3

(Lagu…., lastri, Agus keluar. ibu , bapak masuk )

Bapak : (sambil baca Koran) ……………………, Buk…3X Buatkan Bapak kopi….jangan terlalu pahit, dan jangan terlalu banyak gula.

Ibu : Tumben minta dibuatin kopi tidak terlalu pahit dan manis! Kok Bapak sudah tahu kalau kopi dan gulanya sudah habis.

Bapak : Ini kopi apa teh ? kok gak hitam ?

Ibu : Katanya minta yang tidak pahit! Itukan tidak pahit.

Bapak : Ya iya, tapi……

Ibu : Tapi kenapa ? kurang manis ? sudah tahu kopi dan gulanya habis.

Bapak : Kemarinkan sudah bapak kasih uang!

Lastri : ( masuk) assalamu'alaikum……

Ibu & Bapak : (Wa'alaikum salam), itu siapa Las….?

Lastri : Oh……ini Agus.

Bapak : Oalah Agus.

Ibu : Agus !

Bapak : Agus-agus

Agus : Maaf Pak, Bu, kebetulan saya dan lastri satu kelas. Tadi ada les tambahan jadi pulangnya agak sore.

Bapak : Terima kasih ya? Sudah mau ngater Lastri.

Agus : Agus pamit dulu!

Lastri : Terima kasih ya? Gus! Hati-hati dijalan.

Agus : Pulang dulu ya Las…! Assalamu'alikum

Lastri & bapak : Wa'alaikum salam

Ibu : Las…! Agus itu siapa? Anak siapa?

Lastri : Agus dari keluarga baik-baik lho buk! Meskipun dari kelurga yang kurang mampu tapi hatinya baik dan suka menolong.

Ibu : Las….ibu tidak suka kalu kamu berteman dengan anak orang miskin, ntar kita malah ketularan miskin.

Lastri : Tapi buk!

Ibu : Pokoknya ibu tidak suka kalau kamu berteman dengan anak orang miskin.

Bapak : Gimana Las…sekolahnya.

Lastri : Sebentar lagi lastri mau lulus. Lastri nglanjutin ke peguruan tinggi ya Pak?

Ibu : Apa nglanjutin? nggak ada nglanjutin. Ibu sudah carikan jodoh kamu, jadi kamu nggak usah nglanjutin sekolah lagi.

Bapak : Ibu sudah carikan jodoh buat lastri ?

Ibu : ya pak..! dia anak orang yang paling kaya di desa ini, punya mobil, sawahnya luas, dan ………….

Bapak : Dan……….

Ibu : Dan sapinya juga banyak, jadi kalau kita punya menantu dia, pasti hidup kita dan anak kita juga terjamin. Bapak nggak usah susah-susah kerja. Apalagi dia anak tunggal, kalau bapaknya meninggal pasti dia jadi pewaris tunggal.

Lastri : Tidak……! Lastri tidak mau……!

Ibu tega, menikahkan anak hanya gara-gara hartanya. Itu namanya hubbud dunya.

Ibu : Pokoknya kamu harus nikah dengan Parman anak Blantik sapi itu.

Lastri : Kalau Ibu masih maksa………..(sambil masuk kamar).

Ibu : Pokoknya kamu harus nikah dengan Parman, ibu pingin hidup kamu itu terjamin, tidak susah dan terpandang karena jadi menantu orang kaya.

 

Babak 4

(Bos Parman, Bokir, Joko masuk)

Ibu : Eh……nak Parman! baru aja ibu omongin, eh…sekarang da datang.

Bos Parman : Ah..... ibu bisa aja! (sambil mendorong Bokir) eh….begini bu. Maksud……maksud……..

Bokir : ha….ha..haa…si boss gemetar……

Joko : Bos Parman gak bisa ngomong…….

Bos Parman : Suuuuuut! (sambil menyeret bokir, Joko) Diam……begok!

Maksud saya…..maksud saya………

Ibu : Maksud nak Parman mencari lastri..…ada kok…..dia baru aja pulang.

Las ada tamu…………

Lastri : (menyahut) maaf bu lastri ga' bisa temui…..Lastri capek bu….lastri mau istirahat..

Bos Parman : Eh….maaf bu....mungkin lastri butuh istirahat.

(sambil memberi uang) kalau gitu saya pulang dulu bu!

Ibu : Terima kasih nak Parman, maafkan lastri ya nak Parman?

Bos Parman : Ya gak papa bu…..(Bos Parman, bokir, joko keluar diiringi lagu hancur hatiku).

Ibu : Belum jadi apa-apanya aja sudah dikasih uang banyak. Apalagi jadi mertuanya pasti minta apapun keturutan.

Lastri : Astagfirullah hal 'adlim. Istigfar bu…! Istigfar. Ibu sudah kena racun dunia.

Ibu pikir dengan harta yang melimpah hidup lastri bisa jadi bahagia, tidak bu..! kebahagian bukan berasal dari kekeyaan harta melimpah, tapi kebahagiaan berasala dari ketengan hati dan jiwa bu.

Ibu : Kamu belum ngerti apa-apa Las…………

Pokoknya kamu harus kawin dengan nak Parman anak blantik sapi itu.

Lastri : Kalau ibu tetap memaksa , lebih baik Lastri pergi dari rumah ini.

Bapak : sudah..! sudah…! Las …Kamu masuk kamar sana

Lastri : ya Pak..!

Bapak : Bu ada benarnya juga apa yang dikatakan Lastri, kekayaan itu bukan sumber kebahagiaan. Kalau ibu tidak percaya ibu bisa lihat Pak Sukron tetangga kita. Meski rumahnya mewah, bertingkat. Tapi Pak Sukron tak pernah tidur di rumah, karena harus menunggu semangkanya di sawah.

Ibu : bapak ini gimana sih….! Bukannya membela ibu, malah membela Lastri.

Ibu mau tidur. Bapak tidur di luar .

Bapak : Kok malah marah Sih buk..? bapak bukannya membela Lastri, tapi yang benarkan memang seharusnya begitu. Kekayaan itu bukan sumber kebahagiaan.

Ibu : da tidur di luar sana..! gak usah masuk kamar….!

Bapak : Wah…nasib-nasib (keluar panggung).

 

 

Babak 6

(Bos Parman, Bokir, Joko, masuk sambil bawa minuman)

Bokir : Olah raga dulu yuk Bos…..( Lagu Lupa-lupa)

Joko : Bos..! setelah aku perhatikan ternyata Latri itu mirip MANOHARA….Si bos memang pandai memilih calon istri.

Bokir : Bukan Manohara begok..! tapi Si Lastri itu mirip Saskiya Meka.

Bos Parman, Joko): (Tertawa) ha….ha…ha….

Bokir : Ya bos..! Kalau Manoharakan gak pakai kerudung, sedangkan Sazkiya Meka selalu pakai kerudung, jadi Lastri itu mirip Sazkiya Meka bukan Manohara.

Bos parman : kalian berdua ada-ada aja…..!

Bokir : Bos…..

Bos Parman : apa..? dasar

Joko : Cari minum lagi yuk Bos….

Bos Parman : Ya ….malam ini kita pesta sampai pagi ha…ha…..(keluar panggung)

 

Babak 7

( Lastri masuk, sambil telpon secara sembunyi-sembunyi)

Lastri : halo….assalamu'alaikum Gus..!

Agus : Wa'alaikum salam Las..! da apa Las malam-malam telpon ? tumben! Ada hal yang penting ya ?

Lastri : gawat…Gus..! gawat

Agus : Gawat…gawat gimana? Memangnya ada pa Las …?

Lastri : Pokoknya gawat…! Ibuku mau menjodohkanku

Agus : Apa..? menjodohkanmu..?

Lastri : Ya…gus ..! Ibu mau menjodohkanku dengan Bos Parman anak blantik sapi yang ada didesa kita itu.

Agus : Bos Parman….? Anak belantik sapi? Yang suka judi dan mabuk-mabukan itu …? Wah bener-bener gawat Las..! Kok bisa sih Las…?

Lastri : da ya Gus..! da malam, aku takut ibuku terbangun besok aku lanjutin lagi ceritanya, aku nggak bisa cerita sekarang.

Agus : ya Las….!

Lastri : da..ya Gus..! assalamu'alaikum

Agus : Wa'alaikum salam. Met bobok ya Las…!

 

Babak 8

Musik ……………

( Siswa masuk)

Siswa 1, 2, 3, 4 : Hum pimpa alaihum gambreng…gambreng…..gambreng.

Siswa 5 : Teman-teman tunggu aku donk….! Sepatuku lepas nih…!

Siswa 1 : Uh….dasar gendut…! Makanya kalau punya badan itu dijaga biar tidak gendut seperti, tuhkan sepatunya sampai nggak muat. Jadi wanita itu harus pandai merawat diri agar tubuh kita tetap seksi. kayak aku nih….! Ya kan penonton..?

Siswa 5 : Tapi biar gendut-gendut begini ..! banyak yang naksir lho…!

Siswa 1,2,3,4 : Hu…hu… dasar gendut.

Siswa 3 : Da...kita lanjutin lagi yuk…!

Siswa 4 : Kamu jadi ikut nggak ? ntar yang kalah harus cerita tentang cowok idamannya ..!

Siswa 2 : Gimana…. berani nggak?

Siswa 5 : OK…siapa takut!

(Bersama-sama) hum pimpa alaihum gambreng…gambreng….wak kaji gawe klambi doreng…..

Siswa 2 : Ha…ha….gendut dulan..!

Siswa 5 : Wah…kalian curang..!

Siswa 3 : Siapa yang curang !

Siswa 4 : Gitu aja..! malu-malu.

Siswa 5 : Ya dech cerita…. Tapi jangan ditertawain ya….?

Siswa 2 : Nggak..nggak!

Siswa 5 : Laki-laki idamanku itu….laki-laki yang kuat serperti gatot koco, yang tampannya kayak arjuno, dan hatinya lembut kayak Anjas Moro.

Siswa 1 : Hu…….hu…………

 

Babak 9

(2 Pengamen masuk)

Pengamen 1 : Permisi mbak…! ( nyanyi lagu anak jalanan)

Siswa 2 : Dik…! Adik kok tidak sekolah malah ngamen?

Siswa 3 : Ya dik…! Padahal seusia adik kan seharusnya masih sekolah?

Siswa 4 : Maaf dik..! apa adik tidak dimarahin sama orang tua adik?

Pengamen 1 : Dari kecil kami tidak tau siapa orang tua kami.

Siswa 4 : terus adik tinggal sama siapa ?

Pengamen 1 : Kami cuma berdua saja, tinggal di bawah jembatan.

Siswa 1 : Jadi kalian berdua ini anak yang terlantar ? maaf ya dik..?

Siswa 2 : Dik kami cuma bisa kasih ini, maaf ya dik…?

Pengamen 1 : Maksih mbak…..! permisi…!

Siswa 5 : Wah….kasihan ya…? Hidup sebatang kara tinggal di bawah kolong jembatan ?

Siswa 2 : Aneh…! Padahal Negara kita sudah merdeka lebih dari 50 tahun tapi tetep aja masih ada anak yang terlantar.

Siswa 4 : Ya…aneh banget padahal dalam undang-undang dasar 45 pasal 34 juga disebutkan bahwa " fakir miskin dan anak yatim yang terlantar dirawat dan dipelihara oleh pemerintah".

Siswa 5 : Makanya kalau milih wakil rakyat jangan hanya karena ada uangnya saja! Pilih wakil rakyat yang memiliki jiwa kerakyatan, mau mendengarkan suara rakyatnya. Jangan cuma ikut-ikutan, begini ni jadinya. Kalau wakil rakyat dipilih karena uangnya. Kalau sudah jadi pemimpin tidak lagi memikirkan nasib rakyatnya.

 

Babak 10

( agus masuk )

Agus : Pagi teman-teman ! lihat Lastri nggak?

Siswa 5 : Kenapa cuma mencari Lastri ? sudah lupa ya sama Rindu ?

Siswa 1, 2, 3 : Hu…hu… dasar gendut !

Siswa 2 : Emang ada ada apa dengan Lastri ?

Agus : Tadi aku kerumahnya, kata orang tuanya dari pagi dia sudah gak ada di rumah. Jangan-jangan dia kabur dari rumah.

Siswa 1, 2, 3 : Kabur dari rumah…?

Siswa 3 : Memang ada masalah apa sampai Lastri nekat kabur dari rumah ?

Agus : Kalau gak salah…! Tadi malam Lastri bilang kalau dia mau dijodohkan dengan Bos Parman anak belantik sapai !

Mungkin itu masalahnya, sehingga lastri nekat kabur dari rumahnya.

Ya…. Sudah aku cari dulu barangkali dia masih belum jauh.

Siswa 5 : Ya…Gus…hati-hati di jalan. Kita-kita juga ikut bantu kamu mencari Lastri. Teman-teman kita berpencer. Kamu kea rah sana dan kamu ke arah sana.

Las….Lastri…Las….Lastri……..(suara berlalu, semua keluar)

 

 

Babak 11

(Lastri masuk, menyanyi lagu suara ( Luna Maya) )

Lastri : Pak…Bu…maafkan lastri ya…? Bukan maksud Lastri untuk membuat ibu menderita. Sekarang bapak dan ibu pasti sedeng bingung mencari Lastri. Lastri baik-baik aja kok bu…! Seandainya ibu tidak memaksa Lastri untuk kawin dengan Parman, lastri juga gak bakalan kabur dari rumah.

Tapi kenapa perasaanku tiba-tiba gak enak ya? Jangan-jangan terjadi apa-apa dengan ibu dan bapak di rumah. Kalau gitu…..

Lastri : Assalamu'alaikum gus…! Lastri

Agus : Lastri….? Wa'alaikum salam las..! gimana keadaanmu sekarang..? baik-baik aja kan?

Lastri : Alhamdulillah..! sehat-sehat aja gus..! kamu gak usah kwatir.

Agus : Da satu bulan lebih aku cari-vcari kamu kemana-mana tapi gak ketemu-ketemu. Kemana aja Las…? Aku mencemaskanmu…!

Lastri : Aku numpang di rumah temanku di Lamongan.

Oh ya…Gus..! gimana kabar ibu dan bapakku? Baik-baik aja kan? Aku kwatir banget sama mereka, aku sering mimpi yang nggak2, aku takut terjadi apa-apa di rumah.

Agus : Kamu aharus segera pulang Las…! Lima hari setelah kamu kabur dari rumah ibumu jatuh sakit, sampai sekarang juga belum sembu-sembuh. Aku juga sering ke rumahmu kok! Insya'allah ibumu sudah mulai sadar. Jadi kamu harus segera pulang..!

Lastri : Ya sudah kalau ibu sudah sadar, insya'allah besok aku akan pulang, tolong jemput aku di terminal ya Gus..?

Agus : Ya ….las…..

Lastri : Da dulu aku mau kemasi barang-barangku dulu sekarang da malem. Assalamu'alaikum…

Agus : Wa'alaikum salam warohmatullahi Wr. Wb.

 

Babak 12

(bapak, ibu masuk)

Ibu : Pak maafkan ibu ya…? Ibu telah berbuat salah besar, ibu menganggap bahwa harta adalah segala-galanya, sekarang ibu baru sadar ternyata harta bukanlah sumber kebahagiaan. Ibu jadi sedih….ibu kangen sama Lastri. Sudah hamper 2 bulan lastri tidak pulang-pulang, ini semua gara-gara ibu. Pak ibu takut terjadi apa-apa sama Lastri ( menangis…)

Bapak : Sudahla bu…! Yang lalu biarlah berlalu, sekarang ibu jangan bersedih terus, sebaiknya ibu berdo'a, semoga tidak terjadi apa-apa sama Lastri, kita memohon semogo Lastri segera pulang!

Ibu : Tapi Pak…!

(Lastri , Agus masuk)

Lastri : Assalamu'alaikum

Bapak, ibu : Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Bapak : Bu…doa kita terkabulkan.

Ibu : Alhamdulillah ya Allah, kamu da pulang nak…! Maafkan ibu ya nak ?

Lastri : Maafkan Lastri juga bu…Lastri sudah membuat bapak dan ibu menjadi cemas, Lastri tidak akan mengulangi lagi, lastri tidak akan kabur dari rumah lagi, Lastri janji.

Ibu : Maafkan ibu Las…! Ibu sudah berbuat salah, sekarang ibu sudah sadar harta bukanlah segala-galanya.

Lastri : Sudahlah…bu….! Ibu cepat sembuh ya…?

Ibu : Maafkan ibu ya Las….? Ibu telah melarang kamu berteman pada Agus. Sekarang ibu sudah sadar, ibu juga yakin pilihanmu itu tidak salah. Las…..ternyata Agus itu anak yang baik hati, semenjak ibu jatuh sakit, Agus telah banyak membantu keluarga kita. Mengantar ibu ke rumah sakit, beli obat kesana-kemari. Ibu berhutang budi banyak padanya. Terima kasih ya Gus..!

Agus : Bu…Ibu gak usah ngomong gitu! Sudah sepatutnya saya menolong ibu, sebagai sesama muslim kita kan harus saling tolong- menolong. Ibu tidak usah berterima kasih begitu.

Ibu : Terimakasih ya Gus…! Kamu benar-benar anak yang patut dibanggakan. Sudah tampan baik hati lagi.

Agus : Ibu jangan berlebihan, agus jadi malu.

Lastri : Terima kasih banyak ya…. Gus..!

Agus : Ya…Las..sama-sama.

Ibu : Gus…seumpama ibu minta tolong lagi sama agus, kira-kira agus keberatan nggak?

Agus : Selama Agus mampu, Agus pasti tolong dan bantu ibu. Ibu nggak usah sungkan-sungkan.

Ibu : Ibu minta….nak Agus nikah sama Lastri, itupun kalau nak agus tidak keberatan! Ibu pingin sekali nak Agus jadi menantu Ibu.

Lastri : Bu…..

Agus : Maaf bu…bukannya Agus menolak permintaan ibu, tapi…………

Ibu : Tapi apa Gus…?

Agus : Agus kan anak orang tidak mampu, Agus merasa tidak pantas menjadi menantu ibu. Lagian Lastri kan juga sudah punya pilihan sendiri.

Ibu : Gus…sekarang ibu sudah sadar, harta bukanlah ukuran, harta bukanlah sumber kebahagian. Ibu tidak mempermasalahkan masalah harta, kamu sendiri gimana Las..? Maukan menikah sama Agus?

Lastri : Kalau Lastri sih tidak keberatan…... Asalkan ibu merestui, Lastri mau..mau aja!

Ibu : Gimana Gus..?

Agus : Kalau memang Ibu dan Lastri sudah sepakat, Agus juga tidak menolak.

Ibu : Alhamdulillah………..ibu senang mendengarnya. Kalau begitu besok kamu dan orang tuamu datang melamar sekaligus pesta perkawinan.

Agus : Kalau begitu Agus pulang dulu, ibuku pasti juga senang mendengar berita ini, Pak,Bu, Las…! Agus pamit. Assalamu’alaikum.

Ibu, Lastri : Wa’alaikum salam Wr. Wb.

Ibu : Las….sekarang kamu juga harus siap-siap untuk menyambut Agus.

Lastri : Ya bu……

 

Musik…….

( Petugas penata kursi nganten, tukang foto masuk)

……………………………………….

( kedua pengantin masuk dari arah yang berlawanan bersama pengiring, diiringi sholawat yaa nabi…..)

 

 

TAMAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler