Skip to Content

Dan Jawabannya

Foto Jian Naji

Dan Jawabannya...

Sejuk sekali desiran angin pesisir laut selatan yang menyisir untaian rambut lurusku. Indah sekali alam indonesiaku ini. Ombak berjalan tanpa kaki, terus melaju tanpa roda, partikel airnya mengangkasa, tanpa sayap, anginnya bertiup tak ada yang meniup. Aku tersenyum lega karena aku masih diberi kesempatan untuk menikmati keindahan ini. “Apakah ini semua keajaiban, mahakarya atau suatu kebetulan?“ batinku membingungkan walau kekagumanku masih terlukis jelas dalam hatiku. 

***

3 bulan kemudian

“Ma bolehkah Yelena bertanya?“, “Boleh, mau bertanya apa sayang?“ ucap mama tersenyum sambil membelai rambutku yang tengah tiduran dipangkuannya. “Indonesia itu berjuluk Zamrut Khatulistiwa karena letaknya yang strategis & keindahannya, aku benar–benar kagum , tapi apakah itu semua ada dengan sendirinya?“, “Itu semua sudah ada sejak dulu“, “Sejak dulu? berarti ada dengan sendirinya?“, “Yups, benar sekali“, “Kalau begitu aku akan berterima kasih pada tanah pertiwi ini, tapi siapa yang meletakan Indonesia ditempat ini & siapa pula yang menyiapkan bentangan tanah ini?“, Mama terdiam cukup lama & sepertinya mama tengah menyelami pertanyaanku. “tidurlah! Udah malam.“ ucap mama lalu berlalu meninggalkanku.

Kulangkahkan kakiku dengan malas, otakku tak henti berfikir, siapa pencipta jagat raya ini? banyak teori alam yang kuhafal seperti teori hukum newton I dan II, teori Nebula dll.

Tapi aku tak tau dari mana semuanya berasal. Apakah ini yang dinamakan ciptaan Tuhan seperti kata kebanyakan orang, tapi Tuhan itu siapa? dimana aku dapat menemuinya? sejak kecil aku lahir sebagai orang Atheisme, awalnya aku tak ambil pusing dengan semua label ketuhanan, tapi kini aku pun merasa harus mencari tuhan.

Kunyalakan laptopku & mulai browsing di internet tentang berbagai situs keagamaan yang berhubungan dengan ketuhanan, siapa tuhan , seperti apa dia & dia dinegara mana berasal?

Waktu semalam penuh kuhabiskan dengan membaca berbagai artikel & hasilnya cukup membuatku semakin kalang kabut mencari Tuhan yang hakiki, karena Tuhan itu berbeda menurut pandangan beberapa agama “Ah mungkin ada baiknya kalau aku pake situs chatting bebas MiRC.“ batinku.

Ternyata dugaan ku tak meleset, dengan user id “Yelena mencari Tuhan“ aku bertemu dengan 3 Kristiani. Dari mereka aku tahu sedikit tentang Tuhan, bahwa Tuhan itu 3 keratuan yakni tuhan bapa, putra & roh kudus. Aku juga tahu bahwa tuhan itu punya anak laki – laki yang bernama Yesus. Mereka juga menunjukan aku tentang berbagai situs yang menerangkan tentang kekeliuran kaum muslimin yang mereka anggap sesat. Walau sehari aku bertukar pikiran dengan mereka, tapi hatikiu masih bingung & merasa belum dapat membenarkan ucapan mereka “Tuhan merekakah yang aku pilih? Apakah ada Tuhan yang lebih hebat dari Tuhan mereka?

Inilah hari terakhir surfing didunia maya menggunakan situs MiRC. Keputusanku sudah bulat, jika sampai hari ini tak juga ku temukan agama yang lebih baik dari agama kaum kristiani, maka aku akan masuk kristen. Hampir saja ku tutup chat ku ketika tiba – tiba seseorang masuk dalam obrolanku dengan user id “ sholeh “

<sholeh >        : “Semoga kau temukan tuhan yang hakiki”

<Yelena>        : “Apa agamamu & siapa tuhanmu?

<sholeh>         : “Islam agamaku & Allah yang esa tuhanku

< Yelena >      : “Tuhan itu ada 3 kata kristiani, benarkah itu?

<sholeh>         : “Salah!! Tuhan itu Cuma satu & dia tidak memilih sekutu, tidak bergantung pada apapun , tidak beranak & juga tidak diperanakkan.

< Yelena >      : “tapi kata mereka, ke-3 nya itu seperti uap,air & es yang mana partikel penyusunnya adalah H2O.

<sholeh>         : “ya jelas tidak sama, Allah tidak butuh makan, minum dll, sedang Isa A.S itu adalah manusia biasa yang membutuhkan makan, minum, dll

< Yelena >      : “kenapa Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab yang sulit dipahami kenapa tidak menggunakan bahasa yang lain yang lebih mudah dipahami seperti : bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional.

<sholeh>         : “itu karena Al-Qur’an  diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana beliau adalah orang arab, dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa Al-Qur’an diturunkan menurut bahasa nabinya supaya nabi Muhammad SAW bisa menyampaikan maksud yang disampaikan Allah SWT dalam kitabnya dan dalam Hadist yang disinggungkan tentang bahasa ahli surga yang menggunakan bahasa Arab

< Yelena >      :”owh... terus bagaiman dengan Allah, apakah Allah itu benar – benar ada ? kalau memang ada kenapa sampai saat ini Allah tak bisa dilihat ?

<sholeh>         : “Ibaratnya Allah itu seperti lampu yang ada didalam tabung kaca. Lampu tetap mampu menyinari walau bentuk aslinya tertutup tabung kaca & cahaya nya  menyinari setiap bidang yang dikenainya. Begitu juga Allah dia tidak bisa dilihat didunia. Tapi kelak ketika Allah membuka hijab antara manusia & Allah , maka Allah akan bisa dilihat , adanya mahluk jagat raya ini menunjukan adanya Dzat yang menciptakan sedang Dzat yang maha menciptakan ini adalah Allah

< Yelena >      : “Siapa Muhammad? apakah dia seseorang yang memiliki nafsu birahi yang tinggi sampai-sampai dia menikahi banyak wanita?

<sholeh>         : “ Muhammad adalah utusan Allah yang membawa agama Islam dengan pegangan Al-Qur’an. Tujuan beliau menikah berkali kali karena beliau memiliki nafsu semata tapi tujuan beliau adalah untuk menyebarkan agama Islam. Buktinya istri – istri beliau semuanya janda, kecuali Aisyah binti Abi Bakar As-Shidiq. Secara nalar manusia, orang lebih memilih perawan daripada janda. Bukankah begitu Yelena?”

< Yelena >      : “Hu’um. Dalam sebuah blok Muhammad memiliki banyak mukjizat, tapi menurut agama lain itu hanyalah kebetulan semata . mana yang benar ?

<sholeh>         : “ itu semua bukan suatu kebetulan. Karena kalau semua itu merupakan kebetulan pasti akan terulang lagi pada orang lain yang kebetulan mendapat kelebihan yang seperti itu. Tujuan Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad adalah untuk menunjukan kebesaran Allah & untuk melemahkan orang –orang yang tidak mau menerima kenabian Nabi Muhammad , oke maria aku kira cukup sampai disini dulu aku harus sholat ashar berjama’ah dulu. Kalau kamu masih penasaran tentang Islam tanyalah ke ulama yang ada disekitarmu.

Percakapan yang singkat tapi membuatku membenarkan semua ucapannya, tak ada sesuatu pun yang mengganjal dalam benakku. Dari perjalanku selama beberapa hari ini bisaku simpulkan bahwa Islam adalah agama yang rasio.

“Yelena” Mama menepuh pundakku & mengagetkan aku. “ mama kok gak ketok pintu dulu ? “, ”iya tadi, tapi kamu malah ngelamun , gimana udah ketemu Tuhan ?,

“ehm… entahlah Ma, kalo aku sich untuk saat ini lebih condong ketuhannya sholeh. Kalo menurut mama gimana?“,

“ehmm.. ya mama gak ngertilah sayang, la wong yang cari tuhan itu kamu bukan mama”,

“mama gak pengen cari tuhan?“. tanyaku hati – hati.

“mama udah tua sayang bagi mama yang penting kamu bahagia“

“terus mama menafikkan 2 tempat setelah kematian yang diyakini keberadaannya oleh semua agama yakni surga & neraka“, mama terdiam , hatiku terasa perih melihat mama yang tetap kukuh dengan pendiriannya .

“Ma.. Yelena pengen bersama mama selalu, dimanapun itu. Yelena gak pengen sendirian ma, kalo Yelena punya Tuhan, sedangkan mama tidak , apakah kita bisa bersama kelak ma?“, mama semakin bungkam. Lama kutunggu reaksi mama, tapi mama tidak menjawab. Beliau hanya tersenyum & menarik laptop yang ada dipangkuanku “kau benar Yelena, mama harus mencari Tuhan supaya kita bisa bersama untuk selamanya.”

Mama selalu memperhatikan rentetan chatting bebasku. “Mama menjadi bingung mana yang paling benar diantara 2 keyakinan ini, keduanya punya argumen yang sama- sama kuat“,

“kalau Yelena lebih condong ke islam, opasalnya , menurut Yelena Islam lebih rasional“,

“kau benar, tapi setelah kita punya tuhan , apa yang kita harus lakukan “ , “ entahlahh .. “

<sholeh>         : “ masih online Yelena?

< Yelena >      : “ ea, aku masih ragu dengan pilihanku

<sholeh>         : “ kenapa

<michael>       : “atas nama Bapa , putra & roh kudus

< Yelena >      : “ kristiani ?

<michael>       : “ ya, ada yang bisaku bantu

< Yelena >      : “ setelah aku punya tuhan, aku harus apa?

<sholeh>         :”menyembahnya dan tidak menyekutukannya.

<Michael>       :”mengikuti jalannya seperti kambing yang digiring para pengembala.

< Yelena >      :”apa yang bisa menuntunku?

<sholeh>         :”al-qur’an”

<Michael>       :”injil”

<sholeh>         :”dalam injil ada banyak kejanggalan, karena injil yang asli sudah diangkat oleh     

Allah. Sedangkan injil yang beredar saat ini adala h injil palsu yang mana isinya telah dirubah berkali-kali oleh umat kristiani. Contoh kecilnya ada dua ayat surat yang berbeda menyebutkan bahwa tahun kelahiran raja… ehm maaf Yelena aku lupa namanya, itu pada tahun sekian, sedang ayat yang lain menyebutkan tahun kelahiran sang raja tahun sekian. Ketika dipadukan akan tamak kejanggalan, tahun kelahiran sang anak lebih tua daripada tahun kelahiran sang raja yang tak lain adalah ayahnya. Sesama nalar, mungkinkan usia anak lebih tua dari bapaknya.

<Michael>       :”dalam qur’an ada dua puluh satu kalimat yang tidak sesuai dengan kaedah An-Nahwiyah yang mana kaedah tersebut mengatur pertata bahasa arab. Bagaimana mungkin, qur’an yang katanya sastranya paling tinggi bisa tidak sesuai dengan An-nahwiyah?

<sholeh>         : ”anda membacanya dalam buku karya Abu Yusuf?

<Michael>       : “benar”

<sholeh>         : “nahwu itu lahir untuk mengetahui maksud al-qur’an, bukan al-qur’an yang lahir sebagai contoh nahwu. Jadi sah sah saja jika dalam al-qur’an terdapat hal yang berbeda dari kaedah bahasa arab. Ini menunjukkan bahwa al-qur’an bukan karangan manusia, jadi hal ini Alhamdulillah al-qur’an bebas dari cacat.

“Yelena, sepertinya mama sudah temukan jawabannya, bagaimana denganmu?” aku hanya tersenyum dan mengangguk.

            Sore yang damai, kubulatkan tekatku bersama mama untuk memeluk agama islam. Kami datangi masjid an-nur untuk menyampaikan hajat. Didepan jama’ah dengan bimbingan oleh KH.Muhsin Sholeh kuikrarkan keislamanku dalam dua syahadat. Derai tangis harupun tak terbendung. “Yelena” panggil sang kyai. “ada apa kyai” “siapa nama teman chattmu yang kamu ceritakan tadi?” “entahlah… aku tak sempat bertanya dia hanya memakai user id sholeh” “sholeh? Kapan kau chatt dengannya?”

            “tadi siang, memangnya ada apa kyai?”

            “apa nama user id mu itu Yelena mencari tuhan?”

            “benar kyai”

            “Masyaallah, dia anakku, irfan sholeh, tadi siang dia mencertakan padaku, bahkan selepas jama’ah dzuhur tadi dia mendo’akanmu dan keluargamu”

            “sekarang dimana dia?”

            “sekarang dia sudah kembali kepesantren karena lamarannya ditolak oleh gadis pinangannya. Yelena, sudahkan kau menikah?”

            “belum kyai”

            “ehm..maukah kau kunikahkan dengan anakku, irfan sholeh, sekalian kau bisa menyelami islam bersamanya?”

            Aku tertegun sejenak, mana mungkin seorang yang alim seperti sholeh mau menikah dengan orang yang baru masuk islam seperti aku ini. “ma, bagaimana ini ma?” mama tak mampu menjawab, “terserah kamu saja Yelena, mama yakin kamu sudah dewasa dan menentukan pilihanmu sendiri”. “apakah mama setuju?” dia hanya menangis sesenggukan sambil memelukku.

            “menikahlah karena allah”. Bisikannya nyaris tak terdengar. “bagaimana Yelena?”. “tapi pantaskah saya?”. “irfan itu anak yang sholeh, dia pasti bangga punya istri yang berjuang mengenal tuhan lewat hidupnya, apalagi kalau dia tahu kalau do’anya terkabul.” “terkabul? Maksud kyai?”. “dia berdo’a agar kamu menjadi muslimah”

“ehm… Dan jawabannya… dengan bismillah, saya terima pinangan kyai karena Allah.”


Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler