Skip to Content

NOVEL: MAGHDALENA (10/14)

Foto SIHALOHOLISTICK

SEPULUH

 

BAYU ngerebahin tubuhnya yang lelah di atas pembaringan. Tubuhnya begitu lelah setelah latihan hari ini, mengawali liburan semester.

Hasil semesteran kemarin udah dibagikan dan ia ngakui otak Maghdalena emang jenius. Meskipun gak mengikuti pelajaran selama tiga bulan. Namun, Maghdalena mampu ngejar semua ketertinggalan di samping kesibukan mengarang.

Udah terbukti pula kemampuan Maghdalena dalam mengarang setelah dua cerpennya meraih tiga besar dalam Lomba Menulis Cerita Pendek (LMCP) yang oleh Majalah Leksikon dan Forum Komunikasi Penyair dan Penulis Pemula. Duka Kebaya Putih meraih juara I dan Potret Dua Cinta meraih juara III. Kedua cerpennya itu, beserta tiga buah cerpen peserta yang lain akan dibukukan dalam Kumpulan Cerpen Terbaik Majalah Leksikon Januari mendatang.

Mata Bayu hampir terpejam, tapi suara nada dering ponselnya membuat matanya melek lagi. Di layar ponselnya nomor tanpa identitas, tapi ia tau itu nomornya Bu May, hingga ponselnya dijadiin walkman. Dia malah ikut nyanyi ama nada deringnya.

Tingkahnya itu membuat kakaknya hanya menggelengkan kepala pelan. Kakaknya lagi asyik ngetik novel terbarunya, dengan nama A.A.Nugroho dan ngasih judul Plis, Gue Cinta Lo. Menurut Bayu, cerita ini lebih enak ketimbang novel yang udah diikuti dalam Sayembara Mengarang Majalah Leksikon Kategori Novel Remaja, yang hanya mampu meraih Juara Harapan I.

Ponsel Bayu terus dapat panggilan dari nomor yang sama, namun dia milih cuek dari pada nerima panggilan itu.

Konsentrasi kakaknya jadi buyar, gara-gara suara ponsel Bayu yang terus bunyi.

“Kok, gak dijawab-jawab, Yu? Kasihan kan udah capek-capek calling lo.”

“Orang usil, Kak. Palingan lagi acak-acak nomor mana yang pake NSP. Nomornya aja gak pake identitas.” jawab Bayu asal.

“Kalo nggak ponselnya dimatiin dulu, berisik tau.”

“Okey, deh.” balas Bayu sambil matiin ponselnya dan diletakkan di atas meja belajarnya.

Bayu kembali nyoba mejamin matanya, namun sekian lama belum juga berhasil, meski udah beberapa kali menguap.

Di saat ia hampir terlelap, tiba-tiba ponsel kakaknya bunyi dan kantuknya segera lenyap. Ia hanya menoleh kakaknya dengan perasaan kesal.

“Halo May! Ada apa?” taya kakaknya sambil terus ngetik.

Bayu menoleh kakaknya  ketika nyebut nama May.

“Ris, Bayu ada?” balas suara May di ponsel kakaknya karena speakear diaktifkan. Bayu mendengar suara itu bergetar, seperti abis nangis.

“Ada. Sibuk bolak-balik gak nentu. Mungkin lagi ngayalin lo, kali.” balas Aris. “Tadi ponselnya terus di calling orang gak tau siapa. Katanya orang usil yang tanpa identitas, cuman pengen dengar-dengar NSP.”

“Berarti nomor aku udah di-delet, ya?”

“Maksud lo?”

“Itu tadi gue yang calling, tapi selalu gak dijawab, meski berkali-kali gue calling.”

“Jadi, lo? Trus kenapa ditolak? Dia kan naksir abis ama lo.”

“Gak tau. Akhir-akhir ini dia selalu nolak panggilan gue.” balas May terisak.

“Ya, pake nangis lagi. Cuma gara-gara dia, lo nangis? Yang benar aja! Ntar dia malah cuek mati ke lo.” kata Aris. “Atau lo malah ingat Mochtar? Udah lupain aja! Masalah cowok nikah ama cewek lain, apapun alasannya, itu udah seabrek-abrek. Bukan problem barulah. Lagian cowok bukan dia doang. Yang penting, lo nyadar, kalo lo itu cantik dan bisa ngedapatin cowok sepuluh kali lebih baik dari Mochtar, apalagi Bayu.”

“Gak gitu, Ris. Gue pikir kehadiran Bayu bisa ngelupain dia. Gue juga ikhlas, kok, dia married ama Nita. Tapi....” suaranya terputus, isak tangisnya makin menjadi.

“May...May.... Bayu itu masih terlalu ingusan buat kamu. Lo masih bisa nyari cowok yang lebih dewasa dari dia.”

“Gue bukan pemburu cinta, Ris. Gue juga gak pengen memburu cinta. Yang gue pengen, siapa pun orangnya, dia gak nilai gue dari kecantikan gue semata. Gue cuman pengen ngejalani apa yang terjadi.”

“Okey, terserah lo, deh. Tapi gue boleh tau nggak, kenapa Bayu nolak panggilan lo? Kalo tanpa alasan, gak mungkin. Pasti ada.”

“Ceritanya gini, Ris, bla...bla...bla....” May nyeritain semua ama Aris. Sementara Bayu hanya mendengar cerita May.

“Ya, udah! Lo tenang aja, meski Bayu rada keras kepala, tapi bakal gue coba mujuk dia nemui lo atau nerima panggilan lo. Uadah, ya!” balas Aris mutusin hubungan.

“Mau bujuk Bayu, ya? Gak usah, deh. Kakak gak bakal berhasil.” kata Bayu berbalik.

“Masih melek, lo? Tega lo sama guru, lo?”

“Ada dua alasan...” kata Bayu duduk. “Pertama, Raja setan gak ngizinin Bayu punya hubungan kek begitu dengan manusia. Soalnya, setan cuman menggoda manusia biar ikut ke neraka. Kedua, gak mau ngianati isi konferensi The Parlement I. Jelas!”

“Ya, lo ngomong kek ama dia.”

“Ngomong apa? Semua udah jelas! Dikatain setan, ya udah. Tapi, gue gak terima dunia akhirat. Nyokap mati-matian nelahirin dan ngebesarin gue, dia enak-enakan ngatain gue setan. Emang dia siapa? Nyokap aja gak pernah ngatain gue setan.”

“Itu hak lo. Tapi, jangan bilangin ama gue, bilangin ama dia. Lagian lo jangan ngasih harapan ke dia, biar dia gak sedih gitu. Dia itu cewek, sama kek nyokap.” kata kakaknya sambil matiin komputer dan berjalan ke tempat tidurnya.

“Emang dia siapanya gue?” tanya Bayu heran.

“Bukan masalah siapa-siapanya lo. Ini masalah cewek dan cewek itu pengen dimengerti.”

“Kalo dia gak mau ngertiin orang, gimana orang mo ngertiin dia? Egois banget kedengarannnya.”

“Ya, lo mulai dari diri lo sendiri. Gampang kan.”

“Gak segampang balikin telapak tangan. Lagian kami lagi sibuk, soalnya ada reshufle. Jadi perlu latihan ekstra untuk tampil di festival nanti.”

“Siapa yang ganti posisi?”

“Melani roker ama Maghdalena. Melani emang keberatan, tapi gue pikir gak salah dicoba. Lagian alasan Maghdalena logis, dia pengen nyandang gitar bokapnya setiap kali latihan atau manggung dengan tujuan, bokapnya akan ngenali dia dengan gitar itu. Soalnya mereka udah pisah sejak Maghdalena belum genap empat tahun.”

“Tapi, nurut gue, gak sempat ngabisin waktu seperempat jam untuk ngejelasin ama dia. Apalagi dia orangnya enak diajak ngobrol.”

Bayu terdiam, dia gak tau mau ngasih alasan apa lagi. Emang benar, sih, gak ngabisin waktu seperempat jam untuk ngomonginnya. Tapi, bukan itu alasannya. Keinginan untuk ngomonginnya, emang gak ada.  Dia ngerasa semua udah jelas tanpa bicara apa-apa. Dikatain setan, baginya cukup dan gak perlu ditawar-tawar lagi. Dia emang ngerasa keterlaluan suka ama gurunya. Dari segi manapun serba gak masuk akal.

“Kok, diam, Yu? Gimana?”

“Ntahlah...!”

“Kok, ntahlah?”

“Ya, gue emang gak tau mau ngomongin apa.”

“Yang penting lo mau ketemu atau nerima panggilan dia. Gimana?” desak Aris.

“Pikir dulu, deh!”

“Mikirin apa lagi?”

“Kakak kok maksa, sih?” tanya Bayu dengan kesal. “Kalau gue gak mau, emang kenapa? Biar mampus dia sekalian! Apa urusannya ama gue? Cempedak masak di batang, siapa hendak dia yang datang.” kata Bayu akhirnya.

“Sejak kapan lo tau ngomong gitu?” tanya Aris sambil natap Bayu tajam. “Jadi ini yang lo dapatin dari band yang lo banggain itu? Kamu udah gak tau bicara sopan.”

“Iya. Emang kenapa?” sambut Bayu, karena The Parlement dijadikan kakaknya sebagai kambing hitam.

“Jadi lo udah berani ngelawan gue?” tanya Aris dengan marah.

“Terserah...! Yang jelas, gue gak mau dipaksa. Jangan mentang anak tertua langsung otoriter. Papa aja gak gue peduliin kalo main paksa. Apalagi lo....!” kata Bayu lantang. Ia gak peduli saat itu udah jam berapa. Ia juga udah gak peduli berhadapan ama siapa.

Aris segera bangkit dari tempat tidurnya. Melihat itu, Bayu ikut bangkit menghadang Aris.

“Mau apa, lo? Mukul gue? Ayo, gue ladeni. Kalo lo anak tertua, lantas gue gak berani ngelawan lo....” tantang Bayu siap ngambil ancang-ancang.

Aksi pukul memukul antara kedua kakak beradik itu pun gak dapat dielakkkan. Bayu segera jadi bulan-bulanan Aris. Namun beberapa pukulan Bayu membuat Aris terdesak dan kewalahan.

Suara gaduh membuat Yudhistira, adik mereka yang sudah tidur, terbangun. Dia segera keluar dan bangunin kedua orang tua mereka.

Mereka segera berhenti, setelah mendengar bentakan papa mereka. Keduanya segera ditanyai di ruang tamu. Bayu yang gak pengen orang tuanya tau halnya dengan Bu May, gak bisa ngelak lagi. Aris udah nyeritain semuanya.

“Jadi, cuman gara-gara itu kalian berantem? Memalukan!” kata Yanti pada kedua saudaranya.

Bayu ngangkat wajahnya dan menatap kedua orang tuanya.

“Kak Aris yang main paksa. Padahal, dia udah jelas-jelas ngatain Bayu setan. Mama aja yang mati-matian ngelahirin Bayu, ngerawat Bayu, ngebesarin Bayu gak pernah ngatain Bayu setan. Emang dia siapa, enak aja ngomong gitu?” kata Bayu.

“Papa terima alasan kamu. Yang papa sesalkan, kenapa mesti terjadi hal yang demikian. Cuman gara-gara dia, kalian kakak adik berantem. Papa gak nyalahin siapa-siapa, asal setelah ini gak ada kejadian seperti ini lagi.” kata papa mereka. “Sekarang kalian maaf-maafan.” perintah papa mereka.

Setelah kejadian itu, meskipun udah maaf-maafan, hubungan keduanya jadi renggang. Aris udah berusaha memperbaiki keadaan dengan sering negor Bayu, tapi Bayu tetap memilih diam. Ia benci banget ama kakaknya yang udah nyeritain halnya dengan Bu May.

Semakin hari, hubungan keduanya semakin jauh, bahkan udah hampir lima bulan keduanya gak saling ngobrol meski tinggal sekamar. Semua akhirnya paham dengan tabiat Bayu. Susah tersinggung, tapi kalo udah tersinggung gak ada kata maaf. Bahkan semua kena imbasnya, dia jadi seakan-akan bisu dalam rumah itu.

Siang itu, Bayu, Lucky, Melani, Aida dan Maghdalena ke SMA Pelita Bangsa untuk ngikuti jadwal latihan.

Melani udah berkali-kali ngeluh ama melody yang baginya cukup ribet di samping ngingat waktu festival yang tinggal dua bulan lagi. Tapi Bayu terus ngasih motivasi ke Melani untuk mantapin niat. Soalnya segala pekerjaan yang dilaksanakan dengan setengah hati bakal sia-sia.

“Yu, kita coba lagu yang lain dulu, deh, bosan banget nyanyiin Emotional Love Song mulu.” kata Maghdalena sambil terus bikin lirik lagu Demokrasi Cinta milik Bayu.

“Sebaiknya nunggu manajer dulu. Tadi udah gue calling dan katanya gak lagi sibuk. Mungkin mereka udah di jalan.”

Maghdalena masih sibuk ama pekerjaannya. Bass dan melody yang ada di kiri dan kanannya berganti-ganti diraih dan memasukkan nada ke syair. Terakhir, dia nyuruh Lucky ngikuti pake drum sambil dia nyanyi.

Gak berapa lama, lirik itu selesai digarapnya yang udah dikerjakan cukup lama. Maghdalena segera ngajak teman-temannya nyanyiin lagu itu sambil nunggu kedua manajer mereka datang.

Di saat lagu hampir selesai, Prasetyo dan Sheila nongol dalam ruangan sambil ngulas senyum. Setelah lagu selesai, Melani dan Aida ngelepasin alat musik dari bahu mereka, Bayu dan Lucky meninggalkan tempat mereka, sedangkan Maghdalena masih duduk di tempatnya.

“Apa judulnya?” tanya Sheila.

Demokrasi Cinta.” balas Maghdalena.

“Udah baca koran hari ini?” tanya Prasetyo.

“Belum. Emang ada berita apa?” tanya Bayu mendekati Prasetyo yang lagi asyik baca koran.

“Festival diundur hingga 3 Juni tahun depan saat perayaan HUT Kota Hamburgas.” balas Prasetyo. “Nih, baca!” kata Prasetyo nyerahin selembar koran yang dipisahin dari eksemplarnya. Yang lain mendekati Bayu.

 

 

........................................................................................................................................

‘CLASS MILD SENSATION THE FESTIVAL’

Diundur Hingga Juni Tahun Depan

Hamburgas (BERITA). Festival Band CLASS MILD SENSATION THE FESTIVAL yang rencananya akan digelar awal tahun mendatang terpaksa diundur oleh pihak panitia dan sponsor hingga Juni tahun depan menjelang HUT Kota Hamburgas pada tanggal 3 Juni mendatang.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Panitia Lokal, Drs.Agoes Moeljadi, BA yang menjabat sebagai Kadisbud Kotamadya Hamburgas.

“Festival ini sengaja kami undur hingga Juni mendatang dengan catatan, selain untuk berkompetisi bagi para band peserta festival,  festival ini juga diharapkan bisa menghibur masyarakat Kota Hamburgas di Hari Ulang Tahun-nya yang ke-5 ini dan perayaan pertama kalinya oleh Pemko.” papar beliau ketika ditemui di ruang kerjanya, Kantor Dinas Kebudayaan Kotamadya Hamburgas

Selanjutnya, beliau juga memaparkan alasan penundaan itu karena pada awal tahun, Walikota akan menggelar Piala Walikota (Walikota Cup) untuk mengobati kekecewaan bola mania yang tertundanya Walikota Cup tahun lalu.

Meskipun Walikota Cup tidak mengganggu jalannya festival, namun hal ini merupakan permintaan Walikota Hamburgas, Ir.Asnawi Mahmudin, SH, MH dalam rangka memeriahkan HUT Kotamadya Hamburgas ke-5, 3 Juni mendatang.

Pihak sponsor pun mengamini permintaan Bapak Walikota dengan senang hati, karena mereka belum seratus persen siap dalam mempersiapkan festival tersebut dan permintaan Bapak Walikota merupakan penyelamat bagi mereka. (AAN).

........................................................................................................................................

 

“Berarti, kita masih punya waktu yang cukup untuk lebih maksimal.” kata Aida.

“Betul. Reshufle gak jadi masalah. Masih ada waktu untuk latihan semaksimal mungkin.” balas Melani tenang.

“Enak juga, nih, nonton bola.” tambah Maghdalena.

“Iya, itu artinya gue gak bisa terus-terusan ngontrol kalian, soalnya gue terpaksa latihan.”

“Emang Kak Prast, ikut?”

“Bukan cuman ikut, malah kapten kesebelasan juara bertahan Palapa FC.”

“Oo..., ya, Kak. Semua lagu pilihan dalam festival nanti bagus-bagus. Permintaan Hati-nya Letto, Sang Penghibur-nya Padi, dan Seberapa Pantas-nya Sheila On 7. Cuman, nurut gue punya kendala tersendiri.”

“Apaan?” tanya Sheila.

“Kalo Sheila On 7, lagunya cepat, tapi musiknya bikin pe-de. Liat aja Mas Duta, enjoy banget. Ini bisa ngejaga ferformance di atas panggung. Kalo Letto, sih okey punya, namun Mas Neo itu kurang ekspresip terhadap isi lagu, sepertinya kurang penjiwaan, bisanya cuman cengengesan. Trus, kalo Padi malah tambah parah, udah lagunya gak gitu-gitu amat Mas Fadly-nya jarang berdiri kalo lagi manggung, jadi kita kurang tau, bagaimana cara ngebawain lagu mereka.” terang Maghdalena.

“Kita coba satu persatu dulu. Mana yang cocok di hati Bayu, mana yang lebih mudah dijiwai oleh Bayu, itu yang kita pilih. Sekarang, gimana kalo kita coba Seberapa Pantas-nya Sheila On 7 dulu. Biar kami ngasih komentar ntar.”

Bayu dan teman-temannya segera bersiap menempati posisi masing-masing. Gak berapa lama, musik khas Sheila On 7 yang diaransemen oleh sang melody, Eros Chandra, segera terdengar.

........................................................................................................................................

Seberapa pantaskah kau untuk kutunggu

Cukup indahkah dirimu untuk selalu ku nantikan

Mampukah kau hadir dalam setiap mimpi burukku

Mampukah kita bertahan di saat kita jauh

 

(*)   Seberapa hebatkah kau untuk kubanggakan

Cukup tangguhkah dirimu untuk selalu kuandalkan

Oo...mampukah kau bertahan dalam hidupku yang malang

Sanggupkah kau meyakinkan di saat aku bimbang

 

(**) Celakanya hanya kaulah yang benar-benar aku tunggu

Hanya kaulah yang benar-benar memahamiku

Mengertilah bilang-bilang padaku kau sungkan

Celakanya hanya kaulah yang pernah sungguh ku banggakan

Hanya kaulah yang sanggup ku andalkan

Di antara perih aku selalu menantimu

 

Back to (*),(**)

Mungkin kini kau t’lah menghilang tanpa jejak

Membungkus semua indah kenangan

Tapi aku selalu menunggumu di sini

Bila saja kau berubah pikiran

Back to (**)

........................................................................................................................................

 

Bayu ninggalin tempatnya ketika instrumen penutup. Ia mendekati botol aqua miliknya.

“Gue gak dapat nada tingginya tadi.”

“Tapi nurut gue bagus, kok. Yang dibilangin Maghdalena tadi benar, musik SO7 emang serius tapi enjoy, bisa buat ngejaga ferformance di atas panggung.” ungkap Sheila.

“Tadi Melani kurang agresif. Tapi gak perlu kecil hati, mungkin lo perlu adaptasi lebih jauh. Melody emang sangat ditonjolin ama SO7 dan ini merupakan ciri khas mereka. Kalau sering dengar lagunya, pasti dapat, tapi sambil megang melody.” papar Prasetyo dengan serius, kek komentator pemilihan bakat di banyak stasiun televisi.

“Apa orang tua lo udah tau kalo lo main band?” tanya Bayu.

“Udah. Emang napa?”

“Lo boyong aja melodynya, biar kaset SO7 gue pinjamin dari album pertama ampe terakhir.” balas Bayu.

“Boleh. Kebetulan koleksi kaset SO7 gue gak ada.”

“Trus, buat Aida, tadi keliatan ragu-ragu, takut keduluan takut ketinggalan. Kalo nurut gue lo harus pe-de. Libas aja! Lama-lama pasti kompak.” kata Prasetyo. “Kalo Lucky dan Maghdalena, udah ada perkembangan, sementara Bayu, masih perlu banyak belajar nada tinggi dan rendah, kayak ngaji aja, biar belajarnya gak susah amat.” kata Prasetyo. “Da, lo bawa juga bassnya. Kalo belajar harus ngeyel, pantang nyerah.”

“Kalian masih belajar di Altar Big Band, kan?” tanya Sheila.

“Masih, kak. Cuman hanya dua kali seminggu.” jawab  Melani.

“Gak apa, asal tetap belajar.” balas Prasetyo.

“Mm.., gimana soal persiapan albumnya?” tanya Sheila lagi.

“Bikin lirik susah banget. Mesti banyak dengar lagu buat ngindari kesan plagiat dan lagunya harus yang original. Apalagi bikin ciri khas kita.” jawab Maghdalena.

“Emang harus gitu. Lo mesti bisa ciptain ciri khas The Parlement. Buktiin, kalo lo emang bisa bawa The Perlement setara ama Dewa 19, Ada Band, Padi dan yang lain.” kata Prasetyo. “Apalagi lo kelihatannya berbakat jadi musisi. Kalo lo milih jadi seniman atau musisi, mungkin karya lo bakal banyak di suka orang. Contohnya, cerpen lo bisa jadi tiga besar, dua-duanya malah.” tambahnya ngasih motivasi ama Maghdalena.

“Amin...amin.... Semoga aja Tuhan ngabulin semua impian kita, semua do’a dan harapan kita. Biar ada orang Hamburgas yang ngetop dan sukses lewat musik.” sambut Maghdalena bahagia.

“Apa kalian bikin video clips untuk album kelak?” tanya Sheila lagi.

“Secara pribadi, gue pengen banget. Bahkan skenarionya udah gue coba-coba nulisnya. Kalau gue bisa sekalian jadi sutradaranya. Khusus lagu Untuk Sepasang Kekasih gue bakal jadi bintangnya dan kalau sanggup, sekalian jadi sutradara. Kalau gak sanggup, kita minta bantuan Mas Bakir. Urusan copy mengcopy Mr.Daniel. trus lokasinya mungkin di kampung Jadul.” jelas Maghdalena.

“Kalau udah segitunya rencana lo, ada harapan 75% ada harapan.” sambut Sheila.

“Mudah-mudahan begitu.” celoteh Prasetyo. “Ada hikmahnya juga, ya, Maghdalena minggat. Setelah dari sana dia kelihatan kreatif banget.”

“Itu artinya dia udah nemuin jati dirinya, setelah sekian lama dikungkung rasa ketidakmengertian. Hingga di sana ia dapatin sedikit kebebasan buat berekspresi. Apalagi setelah tinggal di rumah Pak Han yang kebetulan istri Pak Han adalah sepupu almarhum tante Rahayu. Ditambah lagi, beliau udah lama ngerinduin almarhum, tapi yang datang adalah Maghdalena, putri orang yang dinantikan. Gak terkira gimana rasanya bahagia, sedih, haru, kasihan dan semua itu ngelahirin rasa kasih sayang yang tulus.” kata Bayu.

“Betul, Yu. Keliatannya sobat kita ini semakin cantik, gemuk dan energik, mungkin makanannya serba bergizi.” tambah Melani.

“Sepertinya kehadiran Maghdalena membawa keberuntungan bagi keluarga Pak Han. Usaha keluarga mereka makin berkembang pesat setelah dapat sentuhan Maghdalena.” tambah Aida pula.

“Hubungan kamu ama dokter Fian, gimana?” tanya Lucky.

“Makin baik. Tapi, istri dan anaknya makin jauh. Pak Han dan Bu De minta gue untuk gak dendam sama keluarga itu. Sebulan yang lalu, Papa Fian datang dan nawarin untuk nanggung semua biaya kehidupan gue. Gue nolak. Tapi papa malah memohon agar gue nerimanya dan Pak Han dan Bu De nyerahin semua ke gue. Akhirnya gue terima dengan pertimbangan, siapa tau kita butuh biaya mendesak dan kalau dia ngasih uangnya, gue bakal nyimpan ke rekening The Parlement. Mendengar itu, Papa Fian bersedia menjadi donatur kita dan mentransfer uang ke rekening kita setiap bulan, cuman jumlahnya gue gak nanya. Dia banyak bercerita, kalau darah seni yang gue punya ini adalah warisan dari opa yang juga dimiliki ayahanda. Dia cerita banyak soal opa yang selalu ciptain lagu buat band lokal yang dibinanya di sebuah pelosok di Italia sana. Semua dikerjakan di saat senggangnya di kota ini. Ceritanya gue rekam dan gue siapin buat novel kehidupan dengan judul Di Sebuah Gang Kecil Di Kotaku.” jelas Maghdalena.

“Hebat, dong, kalau gitu.” kata Aida.

“Enak gak tinggal di situ?” tanya Sheila.

“Kalau gue rasa gak ada bedanya ama tinggal ama orang tua sendiri.”

“Kamu mau nggak nanyain sama Pak Han, dia nerima anak kost gak di situ. Ibu kost yang sekarang cerewet banget. Semua salah di mata dia.”

“Boleh. Emang, sih, masih ada kamar kosong di atas. Lagian, ponakan Pak Han masuk SMA tahun depan dan rencananya mo ke SMA sini.”

“Kalo gitu tanyain, ya!”

“Boleh...!”

“Gimana kita?”

“Kalau udah gak ada, kita balik aja.” ajak Prasetyo bangkit dari duduknya. Yang lain ngikuti Prasetyo. Lucky memutuskan hubungan listrik dari hubungan induk.

* * *

SAMPAI di rumah, Bayu lihat Mbak Sapta di teras lagi ngobrol sama mbak Yanti. Ia gak liat kak Aris ada di sana, mungkin dalam kamar. Ia hanya berjalan di depan keduanya tanpa negor.

“Dari mana, Yu?” tanya mbak Sapta.

“Latihan!” jawab Bayu singkat sambil terus berlalu dengan hanya menoleh sedikit.

“Lho, Bayu kenapa, Yan? Kok, jadi gitu?”

“Itu Mbak, lagi gak enakan ama Kak Aris. Udah hampir lima bulan, sikapnya dingin aja. Malah semua kena imbasnya. Cecilia aja yang paling kompak ama dia, kena imbasnya juga.”

“Emang gara-gara apa? Kok, separah itu?”

“Gara-gara sepele, Mbak. Ceritanya, Bayu pacaran ama Mbak May, gurunya. Kebetulan lagi ntah gimana, Mbak May curhat ama Kak Aris dan minta bujuk Bayu untuk nemuinya atau nerima panggilan darinya. Bayu malah salah tanggap dan balasnya kasar. Kak Aris gak terima dan terjadilah perkelahian di tengah malam itu dan sampai sekarang masih belum selesai kayaknya. Kak Aris udah coba memperbaiki keadaan, namun Bayu gak ngegubrisnya.”

“Bayu kok, jadi pendendam gitu?”

“Ya, gitulah, Mbak. Kami juga gak tau kenapa dia jadi kek gitu. Kami udah selidiki kek gimana dia di bandnya. Semua baik-baik aja, malah dia sebagai presiden keseringan ngalah sama sobat-sobatnya. Lagian penasihat mereka Pak Han. Kita tau siapa Pak Han, kan?”

“Ya.” balas Sapta. “Lantas, gimana hubungannya ama May sekarang?”

“Ntahlah. Ditegor aja gak nyahut. Gimana mo nanya  soal itu.”

“Aris udah coba bicara empat mata?”

“Kayaknya udah. Tapi, cueknya Bayu itu selangit. Bikin bete.” balas Yanti. “Papa udah marahi dia, tapi tetap dicueki. Kesabaran papa udah habis dan wanti-wanti, kalo gak berubah dalam waktu seminggu, dia bakal diusir. Anehnya, saat itu juga dia ngumpul semua pakaiannya. Untunglah Yudhi ngasih tau mama dan segera nyegah dia sambil nangis. Melihat itu Kak Aris ngalah dan bersedia pergi, tapi mama gak ngizinin juga. Hingga semua berjalan gitu aja.”

“Ah, Bayu, kok, ampe separah itu. Kalau kalian ngizinin, biar gue yang coba ngomong ke Bayu.”

“Dengan senang hati, Mbak.” balas Yanti senang.

“Yok, Sap!” ajak Aris yang nongol di depan pintu.

“Eh, udah kelar?”

“Udah!”

“Yan, pamit dulu, ya!”

“Ya, Mbak. Hati-hati, ya!”

“Ma kasih, Yan!”

“Moga sukses ngikuti seminar KP3 Tanah Air Abad 21-nya!”

“Do’ain, Yan, moga karangan kita menang dan dijadiin film.”

“Pasti, dong. Asal 25% dari hadiahnya bagian Yanti, Mbak.”

“Beres, deh!” balasnya sambil jinjing tas yang disiapkannya.

“Hati-hati, ya! Jangan ngelakuin hal-hal yang gak diridhoi agama!”

“Hush..., jangan ngomong gitu, dong. Ini jelek-jelek masih punya iman.”

“Asal benar aja.”

“Iya.” balas calon kakak iparnya. “Pamit, ya!” katanya ketika Aris nekan gas dan motor pun melaju.

Yanti masuk ketika calon suami istri itu menghilang dari pandangannya. Dilihatnya Bayu sedang nonton televisi di ruang keluarga sambil tiduran. Bayu menoleh, namun berpaling lagi ke televisi yang sedang nyiarin siaran langsung Indonesia Super League tanpa ngeluarin suara.

Yanti cuma menoleh ke televisi tanpa menoleh Bayu, apalagi negor, toh, bakal dicuekin. Yanti akhirnya ikut nonton karena liat Markus Horison, kiper nomor satu Indonesia.

Malamnya, saat selesai makan malam, ia nerima panggilan di ponselnya. Tapi ia cuek. Karena yang nongol nomor Bu May. Setelah beberapa kali dihubungi, akhirnya Bayu nerima panggilan itu.

“Halo...!”

“Bayu, lagi di mana, neh?” balas Bu May.

“Di alam ghaib!”

“Kok, alam ghaib?”

“Bengak...!” umpat Bayu. “Setan adanya di alam ghaib.”

“Yu, udah, deh, mojokin Mbak kek gitu. Mbak ngaku salah. Mbak emang gak pantas sekasar itu cuman gara-gara SMS itu, doang.” kata May memelas. “Sebagai permintaan maaf, Mbak ngundang kamu malam ini ke rumah Mbak. Kamu lagi gak ada acara, kan?”

“Kalau acara bisa aja dibuat-buat. Kalau Bayu mau, saat ini Bayu bisa buat acara seribu macam sekaligus. Mbak ngundang Bayu, sementara gak ada bau menyan, kembang tujuh rupa dan darah perawan.”

“Buat apa?” tanya May heran.

“Sebagai sesajen buat setan yang dipanggil. Di televisi kan itu?”

“Yu, plis, deh, maafin May, dong! Jangan siksa May dengan kek gini, plis.” pinta May dengan terisak. “Apa yang bisa May lakukan, biar bisa kamu maafin?”

“Boleh. Kalau May memang bersedia, gue bakal bilang. Tapi, apa May bersedia ngelakuinnya?” tanya Bayu mulai bersikap kurang ajar. Namun May gak protes.

“Sangat siap. Katakanlah!”

“Benar?”

“Dengan  sepenuh hati. Katakanlah!”

“Okey. Naiklah ke puncak monas, bawa mikerofone yang bisa di dengar oleh seluruh rakyat Indonesia tapi pastikan gak didengar ke luar. Kemudian melompatlah dari sana sambil neriakin permohonan maaf itu.” kata Bayu mempermainkan May yang sebenarnya adalah gurunya.

“kalau itu emang maunya kamu, May siap ngelakuinnya demi kamu. Demi hubungan kamu ama Aris.”

“Gak usah nyinggung masalah itu!” kata Bayu pura-pura marah. “Besok, gue udah baca beritanya di harian BERITA.” kata Bayu dengan sinis. Tapi sebenarnya ia nyesal mempermainkan gurunya itu. Di hatinya kembali muncul sebuah harapan, tapi ia pengen ngasih sureprice sekaligus pelajaran.

“Apa?” tanya May kaget. “Jadi malam ini juga?”

“Gak. Satu hari sebelum kiamat tiba.” kata Bayu. “Ya, iyalah!” sambung Bayu sambil mutusin hubungan.

Ia bangkit dari ranjangnya dan berjalan mendekati cermin. Di cermin, ia menatap wajahnya, hatinya kembali bimbang. Akankah ia benar-benar akan jadi pengkhianat atas isi Konferensi The Parlement I. Ia merasa gak pantas jadi bagian dari The Parlement, apalagi jadi presiden The Parlement.

Sesaat dimantapkannya kebimbangannya ama sebuah keyakinan yang gak bakal menomor duakan The Parlement hanya karena hubungannya dengan Bu May. Tapi ia ragu lagi, sanggupkah ia menomor satukan The Parlement.

‘Mudah-mudahan bisa!’ katanya bergumam dalam hati memantapkan keyakinannya.

Ia segera beranjak dengan sebuah keyakinan yang dibulatkan di hatinya. Ia tersenyum sendiri mengingat gimana lucunya nanti hubungannya dengan gurunya. Sampai kapan ia bisa menutupi pengkhianatannya dari sobat-sobatnya? Apa yang terjadi besok, kalau sobat-sobatnya tau kalau ia sudah berkhianat. Sementara ia sebagai presiden The Parlement. Mungkin keluar dari The Parlement adalah jalan terbaik, meski itu berat baginya.

Di depan rumah Bu May, Bayu masuk ke dalam pekarangan karena pagar terbuka. Bayu mengetok pintu dengan perlahan. Dari dalam terdengar suara langkah yang diseret dengan malas.

Betapa kagetnya May ketika melihat Bayu ada di hadapannya. Hampir saja ia menghambur ke pelukan Bayu. Untunglah Bayu menolaknya.

Bayu ke sini cuman dengar kalo Mbak mo ke Jakarta trus terjun dari Monas. Apa benar gitu?” tanya Bayu manas-manasi Bu May.

“Yu, plis, deh, maafin Mbak. Tolong, maafin, Mbak!” pinta May.

“Gak segampang itulah, Mbak. Ada satu hal yang buat Bayu sulit memaafkannya. Mama yang udah mati-matian ngelahirin, ngerawat dan ngebesarin Bayu gak pernah ngomong kek gitu ama Bayu meskipun kesalahan Bayu seribu kali lipat dari sekedar ngirim SMS kek gitu.”                 kata Bayu serius meski dalam hatinya hanya sekedar manas-manasi May.

Mendengar perkataan Bayu, May merasa dipojokkan. Dia ngerasa di skak mati.

“Tapi, gak apalah....” kata Bayu segera ketika lihat ekspresi wajah May yang keruh.

“Jadi, kamu...?”

“Ya, tapi dengan satu syarat. Mabak harus nyeritain  soal Mochtar ama Bayu.”

“Tapi....”

“Gak masalah. Tapi, dengan terpaksa Bayu gak bakal maafin mbak sampai kapan pun. Karena, Mama adalah segalanya bagi Bayu dan ngatain Bayu setan, bagi Bayu itu adalah pelecehan ama Mama.” kata berbalik pengen ninggalin  May.

“Baiklah, Yu!” kata May mencegah Bayu dan segera mempersilakan Bayu masuk dan duduk di sofa yang ada di ruang tamu.

“Mau minum apa, Yu?” tanya May.

“Gak usah basa-basi. Langsung aja!” pinta Bayu.

“Baiklah! Mochtar itu mantan mbak. Di mata mbak  dia orang baik, meski orang-orang bilang dia itu gak seperti apa yang ada di benak mbak. Tapi mbak gak mau tau sebelum lihat sendiri.”

“Itu namanya cinta buta!”

“Bukan. Cinta tutup mata, tepatnya. Soalnya, seperti apapun orang ngasih bukti soal Mochtar, mbak gak mau tau. Bahkan mbak udah ngelawan orang tua cuman gara-gara dia. Mbak ngebantah semuanya, karena mbak ngerasa nyaman di sampingnya. Akhirnya mbak tau, kalau ia hanya pengen uang untuk biaya pernikahannya dengan Nita tunangannya. Meskipun kecewa, mbak berusaha tegar, karena semua salah mbak.”

“Lantas sekarang?”

“Empat tahun berlalu, mbak ngejalaninya sendiri sambil introspeksi diri, karena mbak gak mau ngalaminya sampai dua kali. Mbak ngejaga agar gak dekat ama cowok. Karena cowok itu semua sama, gak tulus.”

“Gak semuanya, dong.” protes Bayu. “Fivety-fivety.”

“Ya dan untuk nyeleksi yang lima puluh ini, kan gak gampang.”

“Kejujuran dan ketulusan adalah ukurannya, cuman banyak cewek lebih mau dibohongi dari pada dijujuri. Bayu rasa nentuinnya mudah, cuman harus jeli. Bayu juga gak pernah nganggap cinta, kek semisal bakmi atau wafer. Buat Bayu cinta itu kek hakikat secangkir kopi, tapi bukan untuk ukuran bisnis: pesan, nikmati, bayar dan tinggalin sisanya. Tapi dari sisi lain, kopi itu simbol cinta sejati yang gak melihat kopi dari sisi luarnya, tapi langsung teguk dan terasa begitu nikmatnya kopi. Bayu nyadar, Mbak, apa ini konyol atau nggak, mbak nilai dari lensa kaca mata hati nurani mbak. Tindakan Bayu selama ini hanyalah sebuah bentuk keraguan yang ada antara dua pilihan, yang dua-duanya harus tetap ada.”

“Maksudnya?”

“Jujur, Bayu gak bisa ngelupain mbak gitu aja tapi itu artinya Bayu berkhianat pada fondasi di mana The Parlement berdiri.”

“Apa, sih, maksudnya?” tanya May gak ngerti.

“Kami: Bayu, Lucky, Maghdalena, Aida dan Melani ngediriin The Parlement dari nol dengan kesepakatan ngejomblo selama SMA dan dengan sebuah impian, kami pengen ngebuktiin kalau The Parlement bisa kek Dewa 19, Ungu, Peterpan, Nidji, Letto dan yang lain. Jika ada yang pacaran, silakan hengkang.”

“Jadi...?” tanya May menatap Bayu penuh arti.

“Bayu ragu. Di satu sisi, Bayu ngaku sangat mencintai Mbak dan sisi lain Bayu gak pengen hengkang karena kami bakal perjuangkan The Parlement sedaya mampu kami dengan segala upaya yang ada. Tahun depan adalah langkah awal bagi kami dengan tampil di festival dan setelah itu kami bakal tentukan akan ke mana kami bawa The Parlement kelak dan festival itu adalah awal yang gak boleh gagal.”

“Gimana kamu ngatasi keraguan kamu?” tanya May masih menatap Bayu.

“Awalnya Bayu nyoba ngelakuin sesuatu yang bisa buat mbak benci ama Bayu. Tapi Bayu ngerasa berdosa ngelakuinnya. Bayu ngerasa terus-terusan diteror oleh perasaan bersalah. Sekarang Bayu masih punya satu cara lagi, tapi itu mustahil.

“Kenapa?”

“Cara ini akan semakin neror Bayu, hingga apapun alasannya bakal ngancurin semuanya yang hasilnya buat Bayu semakin diteror perasaan sendiri.”

May hanya diam dengan tetap menatap Bayu kek tadi. Tatapan penuh arti, meski Bayu gak menyadarinya.

“Cara apa itu, Yu?”

“Bayu gak mungkin ngasih tau mbak. Bayu takut kecewa kalau mbak membenci cara itu, karena siapa pun orangnya gak bakal suka cara itu, kalo gak pengen dibilang sinting. Lebih-lebih mbak gak usah nanyain itu.” kata Bayu terus terang, karena nurutnya itulah yang terbaik.

“Katakanlah, Yu. Semoga mbak dapat memakluminya. Lupakan dulu soal yang lain! Kamu itu cowok. Cowok harus bisa ngambil resiko, apapun alasannya.” pinta May.

“Tapi, gak mungkin Bayu ngasih taunya. Cowok emang harus berani ngambil resiko, tapi gak mesti ngorbanin orang apalagi ngorbanin cewek. Mbak orang yang berpendidikan, normal dan orang yang punya hati nurani. Perasaan cewek itu lebih peka dari pada perasaan cowok, Bayu tau itu. Jadi, nggak mungkin mbak bisa nerima  hal itu. Jangankan mbak, orang awam aja gak bakal terima. Jadilah, kalau awal-awalnya terima, tapi lama-lama pasti gak terima juga.” jelas Bayu. “Bayu cuman berharap cinta Bayu bertepuk sebelah tangan agar gak begitu ngecewain Bayu dan Mbak, sebab cinta bertepuk sebelah tangan gampang sembuhnya.”

“Tapi mbak berharap kamu tetap ngasih tau. Kamu pengen lihat mbak bahagia kan? Liat mbak tersenyum manis kan? Lihat mata mbak, Yu! Kamu gak pengen kan, binar-binar kebahagiaan ini meredup, suram dan mati kan? Satu hal yang perlu kamu tau, Yu, kamu gak bertepuk sebelah tangan. Kehadiran kamu udah ngerubah semua mimpi buruk yang dulu di berikan Mochtar, yang sekian lama mbak nikmati dengan air mata.”

“Itu artinya Bayu harus menyimpannya, karena Bayu gak bertepuk sebelah tangan.” kata Bayu membalas tatapan May.

“Katakanlah, Yu!” balas May sambil meraih tangan Bayu dan menggenggamnya penuh harap.

Bayu diam dengan tetap membiarkan tangannya digenggam May. Ia gak membalas genggaman itu.

“Katakanlah, Yu!” pinta May sekali lagi dengan lebih berharap.

“Baiklah!” kata Bayu sambil menghembuskan nafasnya dengan berat. “Tapi, jika mbak gak terima, jangan ngatain Bayu setan lagi!” kata Bayu sambil melirik dan senyum. “Bayu harus ngutamain The Parlement dan menomor duakan mbak.” katanya dengan berat.

“Yu, mbak ngedukung kamu aktif di band. Mencintai seseorang bukan berarti merobah kepribadian orang yang kita cintai menjadi kepribadian yang kita sukai kan? Mbak ngerti gimana posisi kamu di band itu, apalagi kalian mau ngikuti festival. Udah pasti kalian harus latihan semaksimal mungkin. Apalagi kalian ngediriinnya dari nol. Mbak harap ama kamu, buktiin kalo band kalian bisa setara ama Dewa 19, Letto, Nidji dan yang lain.” kata May ngasih motivasi dan ngeyakinin Bayu.

“Ma kasih, Mbak.” balas Bayu sambil menatap Bayu. Tangan gurunya segera digenggamnya sehangat mungkin.

Lama mereka saling menatap, hingga tanpa sadar, wajah mereka hampir beradu. Bayu segera sadar dan narik wajahnya dengan ngumpat dalam hati, memaki dirinya sendiri.

Bayu segera memilih pamit dari situ dengan alasan malam udah terlalu larut. Padahal ia takut gak bisa ngontrol dirinya yang hampir ngecup May, gurunya.

Sebelum berpisah, disugingkannya sebuah senyum pada May. Gurunya membalas dengan senyum dan kerlingan mata yang begitu genit, yang membuat jantungnya bagai genderang mau perang.

Di depan pintu pagar, Bayu ngeraih kedua tangan May dan menggenggam jemari May dengan hangat. Tanpa dapat ditahannya lagi, jemari May dikecupnya dengan lembut. May membiarkan Bayu mengecup jemarinya.

* * *

Komentar

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler