Skip to Content

Hikayat pengajaran bagi raja-raja

Foto Anna Windri

Hikayat pengajaran bagi raja-raja

Isma yatim mengarang beberapa hikayat lagi dengan memberi kegemaran dan menambahi akal serta membahagiakan hati semua orang yang membacanya dan yang mendengarkan hikayatnya. Karena didalam hikayatnya memberi banyak faedah kepada mereka yang membenarkan adanya pesan didalam hikayatnya. Dengan membuat hikayat itulah yang menjadikannya murah rejeki serta makmur bagi kedua ibu bapaknya, dikaruniai Allah SWT dengan anugrah yang diberikan setiap hari.

Maka setelah membuat hikayat-hikayat itu terkenallah namanya di segala daerah negeri karena kepandaian kebijaksanaan Isma Yatim dan berbondong-bondonglah pemuda-pemuda untuk belajar ilmu padanya. Dengan takdir Alloh SWT, datanglah ide pada pikirannya untuk mengarang suatu hikayat yang ditujukan untuk semua raja-raja.lalu dia berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam membuat hikayat agar sesuai dengan yang diharapkannya.

Tidak beberapa lama hikayat itu sudah sempurna. Dibawalah hikayat tersebut kepada para datuk, perdana menteri. Setelah para perdana menteri membaca hikayat dan dirasa memberi banyak faedah maka para pendana menteri bersukacita mendengarkan hikayat tersebut. Beberapa memberi akal kebajikan untuk memerinthkan majelis, raja-raja, dan menteri, hulubalang, biduanda, sida-sida.

Karena hikayat yang disampaikan Isma Yatim memberi manfaat banyak bagi para petinggi negeri itu maka merekapun memberi emas dan perak serta harta benda kepadanya. Ada perdana menteri mengaja Isma Yatim menghadiri pertemuan untuk memberikan hikayatnya. Diajaklah Isma Yatim menemui Baginda Syah Alam dan memberikan hikayatnya. Dibacakanlah hikayat tersebut oleh perdana menteri. Setelah mendengarkan hikayat tersebut, baginda bersuka cita lalu memanggil Isma Yatim untuk mendekat ke baginda. Baginda memberikan hadiah kepada Isma Yatim berupa pakaian yang bagus-bagus dan baginda meminta Isma Yatim untuk tetap tinggal di istana Baginda Syah Alam dan Isma Yatim menyetujuinya.

Komentar

Foto Anonymous

Unsur intrinsikny

Unsur intrinsikny

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler