Skip to Content

Tips Agar Tulisan Kita Banyak Dikunjungi/Dibaca Orang

Foto admin
files/user/1/tombol-share.png
Tombol Share untuk mempermudah sharing tulisan ke berbagai situs web.

Kita akan merasa senang jika tulisan yang kita buat banyak dikunjungi orang bukan? Banyak faktor yang mempengaruhi mau tidaknya orang membaca tulisan kita, misalnya kualitas tulisan, topik tulisan, dan minat pembaca. Tapi, di dunia internet, selain isi tulisan, kita harus memperhatikan jalan & peta menuju tulisan kita, serta promosi tulisan kita. Ibarat sebuah tempat wisata atau hotel yang bagus, walaupun tempat tersebut sangat indah/bagus, kalau tidak ada jalan menuju tempat itu, mungkin tidak akan ada orang yang datang ke sana. Selain jalan yang bagus, peta dan iklan juga akan diperlukan.

Jadi bagaimana cara membuat jalan, peta, dan promosi menuju tulisan kita?

  1. Membuka jalan dari mesin pencari (search engine).
    Saat ini, lebih dari 80% pengunjung Jendela Sastra berasal dari search engine, oleh karena itu, tulisan yang "disukai" search engine akan mendatangkan banyak pengunjung. Kita dapat menggunakan teknik-teknik Search Engine Optimization (SEO) agar tulisan kita "disukai" search engine. Teknik SEO tidak akan dibahas di sini, silahkan cari artikel-artikel SEO di search engine dan menerapkannya pada tulisan kita.

  2. Membuka jalan dari situs web lain (Referrer).
    Jalan menuju tulisan kita adalah link tulisan kita. Jadi, semakin banyak situs web yang mencantumkan link tulisan kita, semakin mudah orang menemukan dan mengakses tulisan kita. Share tulisan kita di jejaring sosial (Facebook, Twiter, dan lain-lain), di situs-situs social bookmarking (LintasBerita.com, InfoGue.com, Digg.com, dan lain-lain), atau share melalui komentar di situs/blog lain. Di setiap tulisan (di bawah tulisan) sudah disediakan tombol Share untuk mempermudah sharing tulisan ke berbagai situs web.

  3. Membuka jalan di Jendela Sastra sendiri.
    Ini yang paling mudah dilaksanakan karena terkait cara kita membuat tulisan di Jendela Sastra.

    • Membuat banyak jalan dan peta menuju tulisan kita.

      • Buat "Label" yang konsisten dan umum digunakan, dan tentu saja harus sesuai dengan isi tulisan.
        Misalnya Puisi Cinta, Puisi Religi, Naskah Drama Remaja, atau boleh juga menggunakan nama kita sendiri, misalnya Puisi Edi SST, Puisi Susan Sutarjo, atau cukup nama saja seperti Last Cocaine.
        Di Jendela Sastra, label akan menjadi bahan untuk membuat "Tulisan Terkait" di "Rekomendasi Bacaan", ini adalah salah satu "peta" menuju tulisan kita. Jadi, dengan menggunakan label yang konsisten dan umum digunakan (banyak digunakan), link tulisan kita akan muncul di semua tulisan berlabel sama. Misalnya, label Puisi Cinta memiliki kurang lebih 60 puisi, berarti setidaknya ada 60 jalan menuju puisi kita.

        Bandingkan dengan puisi yang tanpa menggunakan label, mungkin link-nya hanya muncul di halaman depan, di indeks Karya Sastra, dan di indeks Puisi, yang semakin lama akan semakin tenggelam terseret tulisan-tulisan baru, sehingga semakin sulit ditemukan oleh pengunjung. Atau puisi-puisi yang labelnya tidak konsisten, misalnya di satu puisi kita tulis Puisi Religi, tapi di puisi lain dengan tema sama ditulis Puisi Religius, walau maksudnya sama, tapi tidak akan menghasilkan "Tulisan Terkait".

        Tapi, jika label tidak sesuai dengan isi tulisan, tetap saja akan diabaikan orang atau akan dihapus oleh tim Redaksi.

      • Membuat komentar pada tulisan anggota lain.
        Di Jendela Sastra, semakin banyak komentar tulisan, semakin banyak link menuju tulisan tersebut (link akan ada di blok dan halaman Komentar Terbaru). Komentar juga akan membuat tulisan naik kembali ke halaman pertama indeks Berita, Karya Sastra, Wawasan, atau Bookmark.
        Mudah-mudahan orang yang tulisannya kita komentari juga akan membalas mengomentari tulisan kita, tapi setidaknya ada link nama kita di banyak tulisan, dan jika komentar kita menarik, mungkin pengunjung akan mengunjungi halaman profile dan tulisan-tulisan kita.

    • Promosi tulisan kita.
      Judul & teaser yang jelas dan menarik, serta banyaknya komentar akan menarik minat pengunjung untuk membaca tulisan kita. Teaser adalah potongan paragraf atau kalimat pertama tulisan kita (versi terpotong tulisan kita) yang muncul di halaman indeks Berita, Karya Sastra, dan lain-lain. Dengan adanya teaser, calon pembaca dapat mengira-ngira isi tulisan, jadi, teaser adalah sarana promosi tulisan kita. Jika tidak ada teaser, kita hanya bisa mengandalkan judul untuk menarik minat pengunjung agar mau membaca tulisan kita.
      Oleh karena itu, jangan biarkan teaser tulisan kosong!

      Teaser dikontrol secara otomatis oleh sistem, dan kadang-kadang sistem gagal membuat teaser. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sistem tidak gagal membuat teaser, yaitu:

      • Jangan ada baris kosong di baris pertama.
      • Judul tidak perlu ditulis ulang di isi tulisan, kecuali jika diperlukan.
      • Tidak ada gambar atau link di paragraf pertama, kecuali jika diperlukan.
        Dengan tiga hal ini kita memberikan kesempatan kepada sistem untuk membuat sebanyak mungkin kalimat-kalimat teaser.
      • Sebaiknya tidak menggunakan format heading di semua badan/isi tulisan (Heading 2, Heading 3, dan seterusnya), gunakan heading hanya untuk sub judul.
        Format heading akan menyebabkan baris-baris menjadi satu baris dalam teaser sehingga teaser kita sulit dibaca (terutama dalam puisi).
      • Jika teaser tetap tidak muncul, gunakan tombol "break" di akhir paragraf pertama. Tapi jangan membuat teaser terlalu panjang karena akan mengganggu estetika dan juga calon pembaca jadi mengetahui terlalu banyak isi tulisan hanya dari halaman indeks sehingga mengurangi minat membuka tulisan kita.

 

Sebetulnya, sharing di web lain (langkah 2), membuat label yang bagus, membuat komentar, dan tidak membiarkan teaser kosong (langkah-langkah 3) adalah bagian dari SEO, jadi jika langkah 2 & 3 dilaksanakan, kita telah "merayu" search engine agar "menyukai" tulisan kita. Dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah sabar, karena kadang-kadang perlu waktu bagi search engine, sebagai sumber pengunjung terbesar, "jatuh cinta" pada tulisan kita.

Selamat berkarya!

Pilihan tampilan komentar

Pilih cara kesukaan Anda untuk menampilkan komentar dan klik "Simpan pengaturan" untuk mengaktifkan perubahan.
Foto ombi

Terimakasih

Terima kasih Admin.

Foto aan hidayat

tanya

mf untuk mencantumkan foto n tulisan bagaimana?

Foto admin

re: tanya

Foto profile (avatar) diunggah dari menu "Profile saya", kemudian klik "Sunting", nanti di sana ada kolom "Unggah Foto", tinggal browse dan pilih foto yang akan diunggah.

pada tulisan, foto diunggah lewat kolom "Lampiran".

Foto Pringadi Abdi Sury

Dicoba

Sepertinya memang patut dicoba nih :D

Makasih

Makasih atas postingan ini
menyimak...

Foto Mardiana Kappara

Berguna sekali

Berguna sekali

Foto Nyimas Rosse

cantumin foto

cara cantumin foto bagaimana ?

Foto admin

re: cantumin foto

foto profile udah bisa ya? :)
kalau foto per tulisan lewat "Lampiran" saat membuat tulisan.

Foto aera

ganti foto profil

aq ksulitan mengganti foto profil. udah di hapus dan d upload foto baru tapi selalu muncul foto yg lama... mohon bimbingan'x... mksh admin yg baik

Foto admin

re: ganti foto profile

itu biasanya akibat cache internet browser-nya. coba tekan tombol keyboard CTRL dan F5 bersamaan...
sebetulnya fotonya sudah berubah, tapi kadang-kadang pada kondisi tertentu cache browser-nya ga mau hilang jadi seolah-olah gagal.

Foto Pringadi Abdi Sury

Sangat membantu

Makasih atas sharingnya bro...

Foto Pringadi Abdi Sury

ngebantu banget, thank's

ngebantu banget, thank's yaa
kunungi ini juga yaaaa...,,,

Foto dinda_lativah

Terima ksih

semoga sy secepatnya berkarya...
terima kasih admin^^

Foto ugi yasmin sastrais

mantap

Jadi tambah semangat berkarya.thanks mantabz sekali

Foto Dezi Nusa Putri

hallo salam kenal semua :D

hallo salam kenal semua :D Aku mau tanya doong gimana caranya karya kita bisa diterbitin di jendela sastra?

Foto admin

re: hallo salam kenal semua :D

sudah terbit kok :)
nanti saat membuat tulisan, pilih "Terbitkan" pada bagian "Pilihan penerbitan"

Foto Annisa Tiara

Terimakasih

Hai salam kenal. Saya penulis baru, silahkan baca ya. Terimakasih juga tipsnya admin :)

Foto Pringadi Abdi Sury

terima kasih

terima kasih

Foto Andi Kata

Terimakasih

Terimakasih Bung Admin. Ini "peta" terbaik di seluruh pelosok "atlas" Jendela Sastra. Salam.

Foto Nair

WOW

Saya harus bilang WOW dan thanks

Foto Endrow Noeh

i wawww

i wawww aja mas brow

Zymbolyz 1

Foto Endrow Noeh

( saya ) anak bawang atau anak kemarin sore

slam kenal buat smua peminat, penikmat, dan sang pencipta2 karya..
mohon apresiasinya.

Zymbolyz 1

Foto Beni Guntarman

Petunjuk yang baik!

Terima kasih admin atas petunjuk/bimbingannya, semoga berguna bagi anggota baru seperti saya. Sukses selalu untuk anda.

Beni Guntarman

Foto Arga Rama Dhany

makasih infonya.....

makasih infonya.....

Foto happy wahyunani

happy wahyunani

Salam kenal, terima kasih tuk ilmunya.

Foto Wildanhabb

Siap

Ok, perlu dicoba itu

Foto Royhanatul Fauziah

Mau nyoba..

aku mau nyoba ah :D

Foto SaNG PeNCiNTa

SaLaM SeLaKSa aKSaRa

THaNKS aDMiN...LaNGSuNG DiCoBa Ni

Foto SIHALOHOLISTICK

SEEP!!!!

Semoga dengan share-nya karya aku banyak dikunjungi.

Apakah orang yang bukan anggota bisa memberikan komentar di situs ini?
Terima kasih admin.....

=@Sihaloholistick=

Foto Beni Guntarman

Saya terkejut....

Saya terkejut, ketika melakukan penelusuran di google saya temukan beberapa judul puisi saya tersebar di blog-blog. Hampir semuanya mencantumkan sumber pengutipan naskah puisi itu yakni, dari jendela sastra. Nama saya sebagai penulis juga tercantum. Namun ada juga blogger yang mengutip mentah-mentah puisi saya namun tidak mencantumkan sumber dan nama penulisnya.

Beni Guntarman

Foto LuckyOktaf

Ingin bertanya

Kenapa sih, tulisanku gak ada satupun yang diterbitkan???
padahal saya sudah mengikuti segala prosedurnya.
kasih saran donk. Makasih

follow my IG @lucky_oktaf

Foto Mutia Latief

penerbitan

kenapa karya saya tidak diterbitkan?
bagaimana cara menerbitkanya?

Foto admin

re: penerbitan

Lucky_Oktaf & Mutia Latief, maaf baru dibalas, tapi tulisan2 anda berdua sudah diterbitkan jauh-jauh hari sebelumnya :)

jadi begini, berhubung sering adanya spam, tulisan baru dari penulis baru tidak langsung terbit, setelah tulisan dan keanggotaan anda kami verifikasi dan terbukti bukan spam, fitur penerbitan otomatis akan kami aktifkan dan tulisan anda selanjutnya akan langsung terbit.

keanggotaan anda berdua sudah kami verifikasi, jadi tulisan anda selanjutnya akan langsung terbit.

demikian Lucky_Oktaf & Mutia Latief...

Foto Yunianto Agus

tanya

min, tulisan yang ada di akun saya, saya edit? kalo bisa, bagaimana caranya? makasih

Foto admin

re: tanya

bisa, silahkan bukac tulisan anda, di bawah judul tulisan klik link "Sunting". Setelah selesai, klik tombol "Simpan".

atau bisa juga dari menu "Tulisan terbaru" -> "Tulisan terbaru saya", klik link "Sunting".

Foto SANG PENGEMBARA

susah upload photo profil

susah upload photo profil, apakah kendalanya di browser?

Foto admin

re: susah upload photo profil

pakai browser apa? kalau firefox dan chrome biasanya lancar.

Foto mida fachriani

Salam perkenalan

Hi ..... salam kenal buat semuanya dan terima kasih atas tipsnya dan sebagai penulis baru jangan bosan ya....memberi masukan pada tulisan saya biar saya menulisnya lebih mahir terima kasih.

Foto mida fachriani

pertanyaan

Dalam penulisan saya sering mendengar essay kalau boleh saya tahu essay itu seperti apa ya ?

Foto kata kata

Salam semua pemula baru saya

Salam semua pemula baru saya gimana ya cara share ke facebook

Foto Nathaniel

Ok

Terimakasih

Foto Pulau Seribu

salam newbie

salam kenal semua,,,saya baru bergabung di sini,, mohon bimbinagnnya,, makasih

Wisata pulau seribu yang sering di kunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal, seperti : pulau ayer, pulau bidadari, pulau sepa, pulau putri, pulau pantara, pulau pramuka, pulau tidung, pulau kotok, pulau pelangi, pulau macan.

Foto Pringadi Abdi Sury

terimakasih

Terimakasih. Info bagus. saya lagi belajar nulis, mendapatkan info ini jadi tambah semangat. akan saya coba

Foto Noviyanti Tjondro Wibowo

Terimakasih

Saya dalam taraf belajar menulis. Ingin berbagi dalam jagad sastra bersama anda.

Foto AG Andoyo Sulyantoro

comment

makasih, guys. termotivasi utk berkarya kreatif terus, menghasilkan karya2 yg monumental, bermanfaat bagi pembaca/sesama. menginspirasi. terus belajar, mkasih admin.

Foto Pringadi Abdi Sury

Makasi gann :)

Makasi gann :)

Foto Mashudi Jr

Terimakasih bos

Terimakasih bos

Tulis komentar baru

Materi isian ini bersifat rahasia dan tidak ditampilkan ke publik.


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler