Skip to Content

Sastra Indonesia di Titik Nadir

La Galigo bersemayam di perpustaan Universitas Leiden, Belanda. 12 jilid naskah karya sastra kuno itu disimpan di sebuah ruangan bersuhu 18 derajat celcius.

Hari Sastra Indonesia Ditetapkan 3 Juli

Indonesia akhirnya memiliki Hari Sastra Indonesia yang ditetapkan setiap tanggal 3 Juli. Penentuan Hari Sastra Indonesia ini mengacu pada hari lahir sastrawan terkemuka Abdoel Moeis pada 3 Juli 1883 di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Malam Ini, Para Penyair Deklarasikan Hari Puisi Indonesia

Seba­nyak 32 penyair se Indonesia, Kamis (22/11) berkumpul di Gedung Teater Tertutup An­jung Seni Idrus Tintin. Para penyair tersebut akan men­deklarasikan Hari Puisi Indonesia dalam helat Temu Pe­nyair se-Indonesia yang dipra­karsai Dewan Kesenian Riau (DKR) dan Yayasan Sa­gang.

PENGUMUMAN

Bagi pengguna Jendela Sastra yang mempostingkan berita kegiatan lomba

kami berharap agar Anda terus monitoring kegiatan tersebut sampai akhir (diketahui hasil lomba tersebut)

dan

Anda berkewajiban untuk mempublikasikannya di Jendela Sastra.

indraSastra Indonesia di ...indraHari Sastra Indonesia ...
HikmatMalam Ini, Para Penyair ...adminPENGUMUMAN

Berita

Sambut Hari Sastra Indonesia, Balai Pustaka Resmikan Istana Peradaban Balai Pustaka

Dalam rangka memperingati Hari Sastra Indonesia yang jatuh pada tanggal 3 Juli 2018, PT Balai Pustaka (Persero) meresmikan Istana Peradaban Balai Pustaka di kantor pusat Balai Pustaka di Jakarta, Selasa.

Kala Monolog Kembali Menghias Dunia Teater

Festival Kala Monolog kembali digelar ditahun 2018 ini dan telah menginjak tahun ke-10 Kala teater dalam mengadakan kala monolog sebagai program tahunannya sejak tahun 2009. Sedangkan tahun ini Festival Kala Monolog mengangkat tema “Pelestarian Budaya dan Kearifan Lokal”.

Iwan Soekri Sang Penyair Selamat Jalan

Iwan Soekri dan karyanya Sutan Iwan Soekri Munaf alias drs Sutan Roedy Irawan Syafrullah, lahir di Medan, 4 Desember 1957. Tulisan perdananya dimuat di ruang anak Harian Kompas edisi 3 Juli 1971, bertepatan dengan PEMILU ke 2 di republik ini. Kemudian sajaknya dipublikasikan di Koran Bandung, Pikiran Rakyat, Harian Mandala, Harian Gala dan Harian Bandung Pos.

Teater Sunda Kiwari Gelar Festival Drama Bahasa Sunda, Populer Sejak 1999

Teater Sunda Kiwari kembali menggelar festival drama bahasa Sunda yang mulai digelar hari ini, Senin (9/4/2018) di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jalan Baranang Siang No 1.

Festival drama bahasa Sunda ini akan menampilkan 51 grup teater yang berasal dari Jawa Barat.

Inilah Peraih Penghargaan Sastera Rancagé 2018

Memasuki tahun ke 28 Yayasan Kebudayaan Rancage kembali memberikan hadiah kepada para penulis sastra berbahasa ibu (bahasa daerah). Hadiah Sastera Rancagé 2018 untuk Sastera Sunda diraih Nazarudin Azhar untuk karyanya “Miang “ dan Hadiah Samsudi diraih Tetti Hodijah untuk karyanya “Ulin ka Monumen”.

Majalah Sastra Horison Naik Cetak Lagi

Majalah sastra Horison kembali naik cetak setelah hampir satu tahun lamanya permisi dari dunia penerbitan. Hal ini dibenarkan redaktur senior media tersebut, Taufiq Ismail.

"Horison kertas akan terbit triwulan (sekali 3 bulan), mulai Januari ini," kata penyair tersebut dalam pesan singkatnya kepada Republika, Kamis (25/1).

Pembaca Sastra Indonesia Hanya 6,2%, Kurikulum Sekolah Harus Dorong Siswa Membaca

Pembaca sastra cenderung lebih bisa berempati kepada publik luas. Pembaca sastra juga lebih cenderung berderma. Data menunjukkan, mereka yang membaca sastra cenderung lebih ingin terlibat dalam kegiatan sosial dibanding yang tak membaca sastra (65,7 persen versus 48,5 persen).

Ubud Writers and Readers 2017 Hidupkan Ekonomi Ubud Bali

Gelaran Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2017 bukan cuma mendongkrak sektor pariwisata. Event sastra berskala internasional ini sekaligus memutar roda ekonomi di Ubud selama 4 hari event ini berlangsung.

Taufiq Ismail Luncurkan Kumpulan Puisinya dalam Bahasa Korea

Luar biasa. Sastrawan senja Angkatan 66 meluncurkan kumpulan karyanya yang diterjemahkan dalam bahasa Korea berjudul “Meonji Wiui Meonji” atau “Debu di atas Debu”. Puisinya telah menginspirasi anak-anak muda Korea Selatan.

Hajatan Peminat Sastra Dunia, Ubud Writers and Readers Festival 2017

Desa Ubud akan menggelar acara tahunan internasional yaitu ‘Ubud Writers and Readers Festival 2017’ yang akan digelar tanggal 25 hingga 29 Oktober 2017. Acara ini adalah hajatan tahunan mereka ke 14 kalinya sejak berdiri tahun 2004 lalu.

Sindikasi materi


Terpopuler Hari Ini

Sebulan Terakhir

Terpopuler